27 Manfaat Minyak Jarak Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Minyak Jarak Untuk Kesehatan dan Kecantikan –¬†Minyak jarak atau minyak castor adalah minyak yang terbuat dari ekstrak biji tanaman jarak yang sering tumbuh liar pada daerah-daerah tropis. Namun saat ini tanaman ini banyak dibudidayakan dalam skala besar untuk pembuatan biodiesel.

Namun, memang sudah sejak lama jika minyak jarak sering digunakan sebagai herbal untuk mengatasi masalah kesehatan. Minyak jarak telah lama digunakan sebagai herbal untuk kesehatan seperti di China dan Mesir, sedangkan di Indonesia, minyak jarak sering digunakan sebagai obat anti-inflamasi, seperti untuk mengatasi peradangan, luka dan lainnya.

Minyak jarak memiliki ciri khas berwarna kuning pucat dan kental. Beberapa kandungan minyak jarak yang baik untuk tubuh adalah asam lemak, risinoleat, oleat, linoleat dan jenis asam lainnya. Berikut adalah manfaat dan khasiat minyak jarak untuk kesehatan.

Manfaat Minyak Jarak

1. Salah satu manfaat minyak jarak yang telah dikenal sejak dulu adalah untuk mengatasi sembelit. Hal ini karena minyak jarak memiliki sifat pencahar yang efektif untuk mengurangi sembelit dan pendarahan wasir. Minyak jarak mendorong gerakan usus yang teratur dan karena sifat anti-inflamasi, dapat memberikan bantuan pada gangguan inflamasi usus.

2. Minyak jarak memiliki senyawa asam risinoleat yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri, ragi dan virus. Hal ini dapat meringankan rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan infeksi.

3. Kandungan asam lemak seperti asam risinoleat, asam oleat dan linoleat ditemukan dalam minyak jarak bisa meredakan dalam rematik, radang sendi dan asam urat. Gosokkan minyak jarak pada bagian sendi yang sakit untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Minyak jarak memiliki manfaat sebagai minyak esensial yang bisa digunakan untuk memijat, dengan ditambahkan dengan beberapa tetes minyak chamomile atau minyak peppermint.

5. Minyak jarak dapat digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah yang biasanya terjadi akibat tubuh mengalami dehidrasi. Untuk mengatasi bibir pecah-pecah anda dapat mengoleskan minyak jarak pada bibir untuk membantu mengembalikan kelembaban bibir.

6. Selain untuk mengatasi bibir pecah-pecah, minyak jarak juga bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah tumit pecah-pecah. Cara mengatasi masalah tumit pecah-pecah yaitu dengan rutin mengoleskan minyak jarak pada tumit kaki, untuk mengembalikan kulit tumit sehat.

7. Seorang pekerja keras biasanya cenderung memiliki telapak tangan yang kasar yang biasanya membuat penderita merasa tidak percaya diri. Untuk mengatasi masalah telapak tangan kasar anda dapat menggunakan minyak jarak sebagai lotion untuk membantu menghaluskan telapak tangan.

8. Minyak jarak juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan kutil yang muncul di kulit. Caranya dengan rutin mengoleskan minyak jarak pada bagian kutil setiap hari dengan diberi sedikit pijatan lembut.

9. Manfaat minyak jarak selanjutnya adalah untuk membantu mengatasi rambut rontok berlebihan. Hal ini karena minyak jarak mampu melindungi kulit kepala dan rambut akibat infeksi dari jamur dan mikroba. Caranya adalah dengan rutin mengoleskan minyak jarak pada kulit kepala dengan berikan sedikit pijatan lembut.

10. Minyak jarak juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit kering. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi borok di kulit, jamur maupun infeksi di kuku.

11. Selain untuk mencegah kerontokkan, minyak jarak juga dimanfaatkan untuk memperkua warna rambut dan mmbuat rambut lebih tebal. Menggunakan minyak jarak sebagai masker untuk rambut dapat mempertahankan kelembapan di batang rambut dan membuat helaian rambut lebih tebal dan lebih gelap.

12. Mengoleskan minyak jarak secara rutin pada malam hari pada bulu mata dapat memberikan ketebalan pada bulu mata.

13. Selain menebalkan bulu mata, minyak jarak juga bermanfaat untuk menebalkan alis mata. Caranya sama yaitu rutin mengoleskan minyak jarak pada alis mata sebelum tidur dan bilas ketika bangun pagi.

14. Manfaat selanjutya dari minyak jarak adalah untuk membantu mengembalikan kelembapan pada kulit wajah. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak jarak pada malam hari sebelum tidur dan bilas pada pagi harinya.

15. Minyak jarak juga dapat membantu menghilangkan masalah kantung mata yang dapat membuat penampilan menjadi tidak percaya diri.

16. Minyak jarak juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai toner untuk membantu menghilangkan make-up diwajah.

17. Manfaat selanjutnya minyak jarak untuk wajah yaitu membantu menyamarkan noda bekas jerawat.

18. Mengoleskan minyak jarak pada kulit rambut bermanfaat untuk membantu menghilangkan ketombe dirambut, mengurangi rasa gatal dikulit, sehingga kulit mengelupas dapat diminimalisir.

19. Sebagai kondisioner untuk rambut
20. Mengatasi jerawat
21. Mengatasi noda kulit
22. Mengatasi pigmentasi kulit
23. Menginduksi persalinan wanita hamil
24. Meringankan gejala wasir
25. Menghilangkan tahi lalat
26. Mencegah kerusakan pada rambut
27. Menyamarkan stretchmark sehingga warna kulit menjadi lebih merata

Meskipun minyak jarak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, hal penting yang perlu diketahui yaitu sebelum menggunakan minyak jarak sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Karena penggunaan overdosis dapat menyebabkan efek samping seperti kram, diare, mual, denyut jantung tidak teratur dan letih.

Itulah pembahasan singkat tentang Manfaat Minyak Jarak Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..