Manfaat Minyak Essensial Lavender untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Minyak Essensial Lavender – Minyak lavender adalah minyak esensial yang diambil dari ekstraksi tanaman lavender, dan telah lama digunakan untuk pengobatan dan kosmetik. Minyak lavender adalah jenis minyak esensial yang paling banyak digunakan di dunia. Teks-teks kuno menyebutkan lavender essential oil telah digunakan untuk tujuan pengobatan dan upacara agama selama lebih dari 2.500 tahun. Orang-orang Mesir menggunakan minyak lavender untuk membuat mumi dan parfum, sedangkan bangsa Romawi menggunakan minyak lavender untuk mandi, masak dan pengharum ruangan.

Senyawa utama minyak lavender adalah linalool sebanyak 51%, linalyl asetat sebanyak 35% dan kandungan lainnya seperti alfa pinene, limonene, 1.8 cineole, cis-trans-ocimene, 3 octanone, kamper, caryophyllene terpinen-4-ol dan lavendulyl asetat. Minyak lavender ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari minyak esensial lavender.

Manfaat Minyak Esensial Lavender

1. Mencegah Rasa Gelisah
Sebuah studi National Institute for Environmental Studies di Jepang, menyatakan hasil menunjukkan bahwa senyawa linalool pada minyak lavender memiliki manfaat untuk mencegah rasa kecemasan dan kegelisahan.

2. Menjaga Kesehatan Kulit
Senyawa linalool pada minyak lavender juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Mengoleskan minyak lavender dapay membantu meringankan iritasi kulit, membersihkan jerawat, menyembuhkan luka bakar, memar, dan luka.

3. Meringankan Migrain
Minyak lavender juga dikenal sebagai analgesil yang efektif untuk membantu mengatasi masalah migrain. Anda dapat memijat pelipis, tengkuk leher atau dahi dengan menggunakan minyak lavender untuk membantu meringankan migrain.

4. Sebagai Minyak Pijat
Karena memiliki aroma yang dapat membuat rileks, minyak lavender juga sering digunakan sebagai minyak pijat. Hal ini karena kandungan dalam minyak avender sangat baik dan bermanfaat untuk mengendurkan otot dan meredakan ketegangan. Salah satu senyawanya adalah ester yaitu senyawa yang membantu mencegah kram otot.

5. Mengatasi Insomnia
Minyak lavender dikenal memiliki aroma wangi yang menenangkan sehingga sangat baik dimanfaatkan untuk anda yang memiliki gangguan tidur. Gunakan beberapa tetes minyak lavender untuk membantu menenangkan pikiran sehingga dapat membuat tidur lebih nyenyak. Caranya dengan percikkan minyak lavender pada bantal atau guling yang anda gunakan untuk tidur atau hirup minyak lavender dari botol untuk menangkan pikiran anda.

6. Mengobati Jerawat
Minyak lavender juga bermanfaat untuk membantu mengatasi jerawat. Cara yang digunakan adalah dengan mengoleskan setetes minyak lavender murni pada jerawat, gunakan secara rutin agar jerawat cepat hilang.

7. Mengatasi Bibir Kering
Untuk pemilik bibir, minyak lavender juga dapat membantu melembabkan bibir. Caranya dengan campurkan minyak lavender dengan minyak carrier lalu oleskan pada bibi yang kering.

8. Mencegah Rambut Rontok
Selain mencegah rasa gelisah, minyak lavender juga memiliki kandungan esensial yang efektif untuk mencegah kerontokan rambut. Dengan mencampur 15 tetes minyak esensial lavender dengan 2 sendok makan minyak almond atau minyak zaitun, Anda sudah dapat memulai perawatan rambut Anda sendiri.

9. Membasmi kutu rambut
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan bahwa minyak lavender dapat membantu mencegah perkembangan kutu rambut sekaligus membunuh kutu rambut. Caranya adalah dengan mencampukan minyak lavender dengan tea tree oil lalu gosokkan pada rambut.

10. Menghilangkan Ketombe
Minyak lavender juga memiliki antibakteri yang bermanfaat baik untuk mengatasi masalah ketombe. Cara yang digunakan untuk mengatasi ketombe adalah dengan larutkan minyak lavender dengan cuka apel lalu gunakan sebagai soothing rinse, diamkan hingga beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

Manfaat Lain Minyak Lavender

  1. Mengatasi nyeri dan luka
  2. Mengatasi kulit iritasi
  3. Meredakan mabuk perjalanan
  4. Mengusir bau kamar mandi
  5. Mengatasi pendarahan pada hidung
  6. Mengatasi eksim maupun dermatitis
  7. Merelaksasi tubuh
  8. Meredakan stress
  9. Mengusir serangga
  10. Antibacterial spray
  11. Pengganti pewangi pakaian
  12. Mengobati luka pada kulit
  13. Mengobati luka bakar

Ada beberapa efek samping yang mungkin dapat ditimbulkan dari penggunaan minyak lavender. Pemberian minyak lavender pada anak-anak dapat menyebabkan ganguan hormonal yang mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada payudara. Sedangkan pada orang dewasa yang memiliki aleergi dapat menimbulkan mual, mengigil, muntah dan sakit kepala. Selain itu, hindari menggunakan minyak lavender ketika anda ingin melakukan operasi karena dapat memperlambat kinerja sistem saraf pusat, dan dapat meningkatkan efek anestesi.

Itulah pembahasan singkat tentang Manfaat Minyak Essensial Lavender untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..