Manfaat Minyak Esensial Daun Basil untuk Kesehatan dan Cara Aman Penggunaan Basil Essential Oil

Posted on

Manfaat Minyak Esensial Daun Basil untuk Kesehatan – Basil essential oil atau minyak daun basi berasal dari jenis tanaman Ocimum Basilicum yang umumnya digunakan untuk meningkatkan rasa dari beragam resep masakan. Basil essential oil diperoleh dari proses penyulingan uap daun, batang dan bunga basil segar yang mengandung tinggi antioksidan serta fitokimia bermanfaat lainnya. Selain untuk meningkatkan beragam jenis masakan, minyak esensial basil juga memiliki kandungan manfaat untuk membantu meringankan beberapa masalah kesehatan.

Minyak basil atau sering disebut dengan sweet basil oil dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan berbagai jenis luka dan infeksi sekaligus berfungsi untuk agen penenang serta memerangi peradangan, mengurangi kelelahan adrenal dan mengobati masalah ketengangan saraf dan otot.

Sweet basil oil memiliki sifat anti-inflamasi, antiviral. antibiotik dan diureti alami yang ternyata manfaatnya telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional di India dan Asia selama ratusan tahun sebelumnya.

Sweet basil oil memiliki kandungan utama yaitu monoterpene dan phenylpropanoid. Serta unsur aktif yang paling menonjol adalah methyl eugenol (39,3 persen) dan methyl chavicol (38,3 persen). Beberapa manfaat dari basil oil antara lain:

Manfaat Minyak Esensial Daun Basil

Mengatasi Demam dan Flu
Minyak basil efektif untuk detoksifikasi bakteri dan virus dalam tubuh, melawan peradangan nyeri dan kelelahan. Cara mengobati masalah demam dan flu dengan minyak basil adalah dengan tambahkan 1-2 tetes untuk mandi uap, atau buat vapor rub sendiri menggunakan eucalyptus oil dan basil oil yang dipijatkan ke dada untuk membuka saluran pernapasan dan meringankan flu.

Melemaskan Otot
Manfaat selanjutnya minyak basil adalah untuk membantu melemaskan otot atau sendi yang sedang nyeri atau bengkak. Cara untuk melemaskan otot dengan minyak basil adalah dengan gosokkan beberapa tetes minyak basil yang telah dicampurkan dengan minyak kelapa. Atau anda dapat berendam dengan air hangat yang sebelumnya telah di beri beberapa tetes minyak basil, minyak lavender dan garam epsom untuk melemaskan otot dengan cepat.

Mengatasi Infeksi Telinga
Dalam tradisi Ayurvedic selama berabad-abad lamanya menggunakan minyak basil untuk mengotasi masalah infeksi secara alami. Caranya dengan kombinasikan minyak basil dengan coconut oil lalu gosokkan pada bagian belakang telinga dan kaki bagian bawah untuk mempercepat penyembuhan infeksi sekaligus mengurangi nyeri dan pembengkakan.

Mengatasi Bakteri Bau Mulut
Minyak basil juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan bakteri dan bau mulut dengan cara tambahkan beberapa tetes minyak basil pada obat kumur atau pasta gigi. Selain bau mulut, cara tersebut juga dapat membantu melindungi gigi dan gusi dari sakit gigi, bisul, luka dan gangguan virus.

Mengobati Saluran Infeksi Kemih
Karena memiliki sifat antibakteri, antivirus dan desinfektan, maka minyak basil juga dapat membantu proses detoksifikasi kemih dan saluran pencernaan serta mampu mempercepat proses penyembuhan infeksi.

Meringankan Jerawat
Penyebab utama munculnya jerawat karena banyaknya penumpukkan bakteri, minyak berlebih dan infeksi, minyak basil memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengobati masalah jerawat. Cara mengatasi jerawat dengan minyak basil adalah dengan gunakan beberapa tetes minyak basil dengan campuran minyak kelapa lalu oleskan pada jerawat.

Melancarkan Pencernaan
Minyak basil juga dapat bersifat diuretik yang dapat membantu meningkatkan produksi urine yang dapat mengurangi retensi air, kembung dan masalah pencernaan. Selain itu, minyak basil juga merupakan antispasmodic yang efektif mengurangi kram yang terkait dengan penyakit, sensitivitas makanan atau PMS. Cara mengatasi masalah pencernaan dengan minyak basil adalah dengan tambahkan 1-2 tetes minyak basil pada minuman seperti teh, atau dengan cara hirup minyak basil atau memijatkan langsung kedaerah yang bermasalah.

Mencegah stress
Minyak basil dikenal dapat meningkatkan semangat sehingga dapat membantu menurunkan gejala kecemasan, rasa takut dan kegelisahan. Caranya dengan usapkan basil oil sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran dan perasaan tertekan. Beri pijatan lembut ke kaki dan daerah perut setiap malam agar mendapatkan hasil maksimal.

Merawat Kesehatan Rambut
Tambahkan 1-2 tetes minyak basil pada shampo untuk membantu mengurangi kelebihan minyak serta membuat rambut menjadi tampak lebih berkilau. Selain itu, anda dapat mencampurkan minyak basil dengan baking soda dan cuka apel untuk membantu menghilangkan bakteri, minyak dan residu berlebih dari rambut secara alami.

Catatan Penggunaan Basil Essential Oil

Basil Essential Oil termasuk kategori generally recognized as safe (GRAS). Meskipun tidak memiliki efek samping, namun minyak basil dapat menimbulkan reaksi kulit pada beberapa orang yang peka terhadap methyl chavicol.

Dalam penggunaan minyak basil sebaiknya encerkan minyak basil terlebih dahulu menggunakan carrier oil sebelum diaplikasikan secara optikal. Agar terhindari dari reaksi alergi sebaiknya oleskan terlebih dahulu sedikit minyak basil pada punggung tangan untuk melihat adanya reaksi alergi dari penggunaan minyak basil.

Selain itu, untuk wanita hamil dan ibu menyusui disarankan untuk tidak menggunakan minyak basil karena senyawa estragole dalam minyak basik dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan. Dan untuk penderita penyakit kornis, sebaiknya melakukan konsultasu dengan ahli terapi atau dokter sebelum menggunakan minyak basil.

Itulah pembahasan singkat tentang Manfaat Basill Esensial Oil untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..