Manfaat Minuman Probiotik untuk Anak yang Penting diketahui Orang Tua

Posted on

Manfaat Minuman Probiotik untuk Anak  – Probiotik adalah jenis bakteri baik yang hidup untuk kesehatan saluran pencernaan. Probiotik akan secara alami ada dalam usus anda. Probiotik bekerja dengan menyeimbangkan jumlah bakteri yang hidup dalam saluran pencernaan. Jumlah bakteri baik dalam usus ditingkatkan, sedangkan jumlah bakteri jahat akan ditekan pertumbuhannya sehingga jumlahnya tidak berlebihan.

Untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak probiotik. Umumnya jenis makanan yang mengandung probiotik mengalami proses fermentasi seperti yogurt dan beberapa jenis keju.

Minuman probiotik adalah jenis minuman yang mengandung mikroorganisme seperti bakteri dari kelompok Laktobasilus dan Bifidobakterium yang sengaja ditambahkan ke dalam minuman. Untuk orang dewasa, minuman probiotik terbukti baik untuk membantu menyeimbangkan jumlah bakteri dalam usus. Namun bagaimana jika minuman probiotik dikonsumsi oleh anak-anak?

Manfaat Probiotik untuk Anak

Umumnya, memberikan minuman probiotik pada anak tidak berbahaya, namun efek yang diberikan tidak terlalu bermanfaat bagi anak dengan kondisi kesehatan yang baik. Minuman probiotik akan lebih bermanfaat bagi anak yang menderita diare akut. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah manfaat minuman probiotik bagi anak, antara lain:

Umumnya, jenis probiotik yang paling banyak digunakan dalam komposisi minuman probiotik adalah Lactobacillus dan Bifidobacterium. Berikut ini beberapa manfaat probiotik untuk anak:

  1. Minuman probiotik dapat membantu mengurangi durasi diare selama satu haru pada anak dan bayi yang mengalami diare akibat virus.
  2. Minuman probiotik dapat memperbaiki gejala akibat intoleransi laktosa.
  3. Minuman probiotik dapat mengurangi kejadian dan durasi infeksi saluran pernapasan.
  4. Mengkonsumsi probiotik bermanfaat untuk mencegah diare.
  5. Minuman probiotik dapat mengurangi gejala dan mencegah kolik pada bayi.
  6. Minuman probiotik dapat mencegah necrotizing enterocolitis atau kematian jaringan usus pada bayi dengan berat lahir lebih dari seribu gram
  7. Minuman probiotik dapat mengatasi penyakit radang usus, irritable bowel syndrome (IBS), penyakit Crohn.
  8. Minuman probiotik dapat mengurangi risiko munculnya alergi dan eksim pada bayi jika diberikan saat ibu hamil dan menyusui.

Sedangkan menurut pendapat American Academi of Pediatrics (AAP) menyatakan bahwa minuman probiotik juga memberikan manfaat pada bayi sehat. Meskipun masih dibutuhkan lebih banyak penelitian tentang statment tersebut.

Namun, hal yang penting diketahui bahwa minuman probiotik bukanlah terapi utama gangguan kesehatan tersebut. Minuman probiotik dibutuhkan sebagai tambahan dari pengobatan utama yang diberikan oleh dokter.

Selain itu, probiotik juga tidak dianjurkan dikonsumsi pada anak dengan sakit berat seperti immunocompromised (imunitas lemah), menggunakan alat bantu kesehatan seperti kateter atau alat bantu lain di dalam tubuhnya, serta bayi prematur.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Minuman Probiotik untuk Anak  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.