35 Manfaat Mengkonsumsi Buah Jeruk Setiap Hari untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan – Buah jeruk memiliki nama latin Citrus Sinensis adalah salah satu jenis buah dari suku Rutaceae yang berasal dari kawasan Asia. Buah yang memiliki rasa asam, manis dan segar ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang berkahsiat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan wajah.

Buah jeruk memiliki banyak sekali jenis dan varian akibat dari persilangan seperti ada jeruk purut, jeruk bali, jeruk jawa, dan masih banyak lagi. Uniknya, masing-masing jeruk tersebut memiliki rasa yang berbeda-beda.

Sebagian besar masyarakat telah mengetahui bahwa buah jeruk memiliki kandungan vitamin C tinggi yang bermanfaat untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Dalam setiap 100 gram buah jeruk terdapat kandungan vitamin C sebesar 53,2 mg jumlah tersebut bisa mencukupi 90% kebutuhan vitamin C pada tubuh anda. Namun, selain vitamin C, kandungan nutrisi lain dalam buah jeruk diantarnya adalah vitamin A, vitamin B1, folat, serat pangan pektin, lutein, zeaxanthin, beta cryptoxanthin, antioksidan flavanoid beta karoten, serta kalsium, tembaga, potasium, dan asam pantotenik dalam jumlah yang tinggi. Selain itu , buah jeruk juga mengandung fitonutrien dalam banyak pilihan seperti anthocyanins, citrus flavanones, naringin, hesperidin, naringenin, dan berbagai polifenol yang lain.

Manfaat buah Jeruk

Dari banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin pada bauh jeruk, tidak diragukan lagi jika buah jeruk sangat bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan

1. Mencegah Kolesterol jahat
Buah jeruk memiliki kandungan rendah kalori namun memiliki serat pangan pektin yang bisa mengikat kolesterol dengan asam empedu didalam usus besar yang memiliki efek menekan penyerapan ulang kolesterol sehingga kadar kolesterol jahat dalam darah menjadi berkurang.

2. Menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular
Kandungan vitamin C pada buah jeruk mampu mencegah oksidasi kolesterol yang diakibatkan oleh radikal bebas. Buah jeruk juga mengandung folat yang diyakini bisa membantu menurunkan kadar homosistein, salah satu faktor penyebab penyakit kardiovaskular.

3. Mencegah Stroke
Kandungan palins utama dari buah jeruk adalam mineral alami seperti zinc, magnesium dan kalsium pada buah jeruk memiliki manfaat bisa menurunkan resiko terkena penyakit stroke.

4. Menurunkan Hipertensi
Untuk membantu menurunkan kadar tekanan darah tinggi, anda dapat mengkonsumsi buah jeruk setiap hari. Karena buah jeruk memiliki mineral alami seperti kalium yang sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Mencegah kanker
Buah jeruk tinggi akan kandungan vitamin C yang terdir dari senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan bermanfaat untuk membantu meningkatkan ketahanan tubuh serta mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Kerusakan sel dalam tubuh akan berlanjut dengan munculnya pertumbuhan sel-sel kanker, untuk mencegahnya anda dapat mengkonsumsi buah jeruk setiap hari.

6. Mencegah penyakit jantung
Kandungan mineral alami yang ada pada buah jeruk bermanfaat bagi banyak sekali masalah kesehatan, salah satunya yaitu mencegah penyakit jantung. Dalma satu buah jeruk mengandung 4070 mg kalium. Kalium memberikan efek sehat pada jantung dan jantung akan terhindar dari penyakit.

7. Manjaga keseimbangan pH tubuh
Tubuh memiliki kandungan alkali yaitu asam tubuh yang diproses agar tetap seimbang. Buah keruk memiliki kandungan keasaman yang cukup banyak sehingga berfungsi membantu proses penyeimbangan asam dalam tubuh.

8. Kandungan kalori dan karbohidrat
Selain vitamin dan mineral alami, buah jeruk juga mengandung kalori dan karbohidrat. Untuk anda yang ingin melakukan diet, mengkonsumsi buah jeruk dapat menjadi pilihan anda karena asupan kalori dan karbohidrat didalamnya dapat menjadi pengganti dari nasi.

9. Meningkatkan sistem imunitas
Manfaat selanjutnya dari kandungan vitamin C dari buah jeruk adalah untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

10. Meningkatkan kerja otak
Konsumsi buah keruk sangat diperlukan untuk anda yang sering bekerja dengan menggunakan pemikiran dan analisis tinggi, karena buat jeruk dapat membantu meningkatkan kinerja otak agar selalu segar dan fresh.

11. Mencegah Diabetes gestasional
Diabetes gestasional adalah jenis diabetes yang terjadi pada ibu hamil. Buah jeruk memiliki kandungan gula alami dengan tingkat rendah sehingga sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

12. Menjaga kesehatan ginjal
Buah jeruk memiliki kandungan kalium yang tinggi dan dipercaya mampu melarutkan berbagai macam kotoran yang ada pada tubuh dan ginjal. Terlarutnya kotoran tersbut maka ginjal secara otomatis akan lebih sehat dan optimal dalam menyaring darah atau kotoran.

13. Menjaga kesehatan mata
Mengkonsumsi buah jeruk dapat mencegah degenerasi makula pada organ mata. Hal tersebut karena buah jeruk mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. selain antioksidan, kandungan vitamin A pada buah jeruk juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

14. Mengobati sariawan
Manfaat jeruk yang banyak dikenal oleh masyarakat adalah ampun untuk mengatasi sariawan. Buah jeruk mengandung vitamin C dan antibakterial yang cukup tinggi sehingga efektif untuk mengatasi sariawan.

15. Menjaga kesehatan tulang
Kandungan mineral kalsium pada buah jeruk bermanfaat untuk merawat kesehatan tulang, menjaga tulang tetap kuat hingga mencegah pengeroposan tulang. Mengkonsumsi buah jeruk setiap hari akan membuat pertumbuhan tulang menjadi optimal.

16. Melancarkan sistem pencernaan
Khasiat selanjutnya dari buah jeruk adalah untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Buah jeruk memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan seperti mengatasi sembelit, dan diare.

17. Mencegah iritasi pada mata
Iritasi pada mata sering disebabkan karena lingkungan yang tidak sehat seperti debu dan polusi. Iritasi dapat menyebabkan mata menjadi kemerahan. Mengkonsumsi buah jeruk secara rutin bermanfaat untuk mengatasi mata iritasi karena buah jeruk memiliki kandunganan antiseptik dan antibakterial yang tinggi.

18. Mencegah kram dan kesemutan
Berlebihan melakukan aktivitas menyebabkan otot mengalami kram dan kesemutan. Selain karena aktivitas berlebihan munculnya kram dan kesemutan juga akibat kekurangan asupan potassium dalan tubuh. Buah jeruk memiliki banyak kandungan potasium yang dapat mencegah terjadinya kram dan kesemutan pada otot.

19. Menjaga Sistem Saraf
Sistem saraf akan bekerja secara optimal jika kesehatannya terjaga dengan baik. Buah jeruk memiliki banyak kandungan magnesium yang tinggi yang jika dikonsumsi secara rutin akan membantu menjaga kinerja dan kesehatan sistem saraf.

20. Menjaga sistem pernapasan
Buah jeruk termasuk jenis buah yang memiliki kandungan beta cryptoxanthin tinggi selain pepaya, labu, peach, dan jagung. Makanan yang mengandung kaya cryptoxanthin seperti buah jeruk mempunyai resiko yang lebih rendah untuk terkena kanker paru sebesar 27% jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Manfaat Buah Jeruk untuk Kecantikkan

Selain memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan, jeruk juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit dan kesehatan rambut. Beberapa manfaat dari buah jeruk untuk kecantikan antara lain :

1. Mencegah kerusakan kulit
Kerusakan kulit dapat dipicu dari radikal bebas seperti sinar matahari, polusi udara, kebisingan dan lainnya. Untuk mencegah kulit mengalami kerusakan, konsumsi buah jeruk secara rutin setiap harinya. Vitamin C pada jeruk bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

2. Menghaluskan kulit wajah
Buah jeruk memiliki kandungan asam abrasif yang dapat menghaluskan kulit secara alami. Gosokkan bagian jeruk yang kasar secara perlahan pada wajah untuk membantu menghaluskan kulit wajah.

3. Mengatasi Jerawat
Untuk mengatasi jerawat, anda dapat menggunakan jeruk nipis atau jeruk lemon, karena keduanya memiliki kandungan antibaterial yang dapat membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat. Gunakan air perasan dari lemon dan jeruk nipis untuk masker pada wajah.

4. Menghilangkan bekas jerawat
Noda bekas jerawat biasanya akan sanagt menganggu penampilan wajah anda. Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan perasan air lemon atau jeruk nipis sebagai masker untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

5. Mengangkat sel-sel kulit mati
Gunakan masker dari kulit jeruk sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah dan membantu menghilangkan komedo pada wajah.

6. Mengatasi Bau Mulut
Saat mengalami masalah bau mulut, Anda bisa mengunyah kulit jeruk seperti halnya permen karet.

7. Menurunkan berat badan
Kulit jeruk juga kaya akan serat sehingga mampu mengendalikan berat badan. Ketika menjalankan program diet, kamu bisa memadukannya sebagai teh atau bumbu makanan.

8. Sebagai toner wajah
Masukan kulit jeruk ke dalam air mendidih dan biarkan selama semalam. Kemudian saring airnya dan simpan di lemari es untuk menggunakannya sebagai toner wajah. Penggunaan rutin akan meningkatkan kesehatan kulit dan membuat kulit Anda tampak lebih bersinar.

9. Mengecilkan pori-pori pada wajah
Pori-pori wajah yang terbuka akan membuat wajah tampak kusam dan memicu terjadinya infeksi. Cara mudah untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah yaitu dengan menggunakan perasan air jeruk lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Lakukan secara rutin untuk membantu mengecilkan pori-pori pada wajah.

10. Merawat kesehatan rambut
Manfaat selanjutnya dari buah jeruk adalah untuk menjaga kesehatan rambut. Gunakan perasan air jeruk untuk membantu menyehatkan rambut seperti :

  1. Mengatasi kerontokan rambut
  2. Melebatkan rambut secara alami
  3. Mengusir kutu
  4. Membuat kulit menjadi lebih cerah dan bersinar
  5. Menyegarkan kulit kepala

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.