10 Manfaat Menakjubkan Merendam Kaki dengan Air Hangat dan Garam untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat dan Garam – Kaki adalah organ tubuh paling penting yang dipenuhi oleh ribuan ujung saraf, seperti pada telapak kaki. Karena itulah, bagian telapak kaki digunakan sebagai titik pengobatan tradisional cina seperti akunpuntur. Telapak kaki berkaitan dengan berbagai organ penting dalam tubuh seperti Hati, Limpa, Ginjal, Jantung, Kandung kemih, lambung dan kandung empedu karena itu dapat dikatakan kaki menjadi indikator pertama saat tubuh mengalami gangguan.

Selain dengan melakukan pengobatan akunpuntur, merendam kaki di air hangat dengan campuran garam juga bermanfaat bagi tubuh. Merendam kaki dengan air garam hangat adalah perawatan sederhana yang efektif untuk mengatasi masalah bau kaki, pegal kaki, tumit pecah dan tumit kasar serta mengatasi infeksi jamur kaki dan berbagai macam manfaat lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda dianjurkan untuk berendam dengan garam yang mengandung magnesium sulfat karena kandungan tersebut dapat membantu meredakan nyeri otot atau memar. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan dengan merendam kaki dengan air hangat, antara lain:

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat dan Garam

1. Menghilangkan Bau Kaki
Kondisi kaki yang lembab dapat menimbulkan perkembangbiakan bakteri yang menyebabkan munculnya bau tidak sedap pada kaki. Salah satu cara untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kaki adalah dengan merendam kaki kedalam air garam selama 10-20 menit. Cara ini dapat membantu mengurangi kelembaban pada kaki sehingga perkembangan bakteri penyebab bau dapat berkurang.

2. Merawat Kebersihan dan Kesehatan Kuku
Manfaat lainnya dari merendam kaki dengan air garam hangat adalah untuk menjaga kesehatan kuku kaki. Cara ini sebaiknya dilakukan sebelum anda menggunting kuku kaki karena proses ini dapat membantu kuku menjadi lebih lunak sehingga akan lebih mudah dipotong dan dirapikan. Namun, cara ini juga harus diimbangi dengan melakukan perawatan lain seperti menjaga kebersihan kuku, memotong kuku secara rutin dan menggunakan sepatu dengan ukuran yang benar.

3. Mengurangi Nyeri Pembengkakan Pada Kuku
Kuku kaki yang tumbuh kedalam atau disebut dengan cantengan biasanya akan menimbulkan pembengkakan dan rasa nyeri menyakitkan. Untuk mengurangi infeksi tersebut anda dapat melakukan perawatan sendiri dengan merendam kaki kedalam air garam hangat agar pembengkakan dan rasa nyeri dapat hilang serta mereda.

4. Mengatasi Masalah Kaki Pecah-pecah
Manfaat selanjutnya dari merendam kaki dengan air garam hangat adalah untuk membantu mengatasi masalah kaki kering dan tumit pecah-pecah. Selain itu, cara ini juga bermanfaat baik untuk membuat kaki menjadi lebih rileks.

5. Mengurangi Nyeri pada Kaki
Ada lebih dari 51% wanita yang menghabiskan waktu sehariannya untuk berdiri, padahal kita ketahui jika terlalu lama berdiri akan berdampak kurang baik untuk kesehatan dan menyebabkan kaki terasa nyeri. Untuk membantu mengurangi masalah nyeri kaki, anda dapat merendam kaki dengan air garam hangat selama 20 menit ketika kaki merasa nyeri dan anda akan mendapatkan kembali kondisi kaki menjadi leih rileks dan juga menenangkan sistem saraf.

6. Mengatasi Infeksi Jamur
Masalah infeksi jamur pada kaki biasanya disebabkan karena kebiasaan tidak menggunakan alas kaki saat berada di kamar mandi, toilet umum atau pinggir kolam renang, yang biasanya dapat menyebabkan kaki menjadi gatal, perih, lecet, kulit mengelupas, melepuh hingga rasa terbakar pada bagian kulit kaki yang merupakan tanda infeksi jamur kaki. Untuk membantu mengurangi masalah infeksi jamur kaki, anda dapat merendam kaki dengan air garam hangat selama 20 menit.

7. Mengatasi Flu, Batuk dan Demam
Merendam kaki dengan air garam hangat juga bermanfaat untuk meredakan masalah flu, batuk dan demam. Hal ini dikarenakan keringat yang dihasilkan pada proses perendaman dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan sakit menjadi berkurang.

8. Melancarkan Sirkulasi Darah
Merendam kaki dengan air garam hangat juga bermanfaat baik untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh akan terasa lebih rileks dan menenangkan otak.

9. Meningkatkan Energi Tubuh
Kekurangan energi dalam tubuh bisa menyebabkan aktivitas menjadi terhambat. Salah satu cara untuk meningkatkan energi dalam tubuh adalah dengan merendam kaki di air garam hangat. Selain meningkatkan energi tubuh, berendam pada air garam hangat juga mampu meningkatkan kinerja sistem endokrin, dan membantu perbaikan jaringan sistem saraf.

10. Meningkatkan Kualitas Tidur
Memiliki kualitas tidur yang baik dapat membuat tubuh menjadi lebih semangat menjalankan aktivitas sehari-hari. Karena terganggunya kualitas tidur dapat berdampak buruk ketika menjalankan aktivitas harian seperti cenderung merasa lemas, malas dan tidak semangat. Cara untuk meningkatkan kualitas tidur dapat dilakukan dengan merendam kaki dengan air garam hangat. Berendam dengan air garam hangat dapat merelaksasi tubuh dan melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh akan menjadi lebih nyaman dan kualitas tidur meningkat.

Manfaat ini diperoleh karena air garam memiliki sifat ionik yang dapat mengeluarkan racun melalui kaki. Air garam hangat akan menghasilkan ion positif dan negatif di dalam air. Ion detoks adalah pengion air asin hangat dengan bolak polaritas.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Menakjubkan Merendam Kaki dengan Air Hangat dan Garam . Terimakasih semoga bermanfaat.