Manfaat Menakjubkan Buah Plum Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Menakjubkan Buah Plum – Plum adalah salah satu jenis buah yang berasal dari China, sehingga digolongkan sebagai buah import. Karena itulah plum dibanderol dengan harga yang cukup mahal dan jarang ditemui oleh banyak orang, bahkan sebagian orang banyak yang asing dengan jenis buah ini.

Plum masih memiliki subgenus dengan persik dan ceri, dan terbagi menjadi tiga kelompok yaitu Eropa-Asia, Jepang dan juga Damson. China adalah penghasil plum yang utama dan pertama, setelah itu disusul negara Amerika Serikat, Serbia dan juga Rumania.

Harganya yang cukup mahal tidak kalah dengan kandungan gizi yang ada didalamnya. Plum memiliki banyak sekali kandungan senyawa yang menyehatkan dan menyegarkan tubuh. Beberapa kandungan gizi yang ada pada buah plum antara lain:

  • Vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin K, vitamin E dan juga vitamin B-6.
  • Asam Askorbat dan Asam Folat
  • Mengandung mineral seperti fluor, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium dan juga seng.
  • Tinggi serat, rendah kalori, daan tanpa lemak jenuh
  • Tinggi antioksidan

Buah plum adalah salah satu makanan superfood yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat dari buah plum antara lain:

Manfaat Buah Plum

Sumber Antioksidan
Plum memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic dan asam klorogenat dapat menjadikan buah plum memiliki fungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas, termasuk radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh seperti radikal oksigen atau radikal anion superoksida.

Mencegah Kanker
Khususnya pada jenis plum hitam mengandung zat antosianin dan fitonutrien yang bermanfaat menghentikan perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh tanpa membunuh sel-sel sehat dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung
Buah plum hitam mengandung vitamin K yang berfungsi baik untuk mengendalikan, mengatur denyut jantung dan melancarkan aliran darah, yang bermanfaat baik untuk mencegah pembekuan darah dalam tubuh.

Meningkatkan Sistem Imunitas
Buah plum tinggi vitamin C yang terbukti baik untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga tubuh akan terhindari dari berbagai infeksi dan radang.

Melancarkan Pencernaan
Selain banyak mengandung vitamin, plum juga tinggi serat yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan serta memperbaiki sistem pencernaan sehingga dapat mengeluarakan racun dalam tubuh atau melancarkan proses detoksifikasi.

Menjaga Kesehatan Mata
Buah plum memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga, melindungi dan meningkatkan kesehatan mata.

Mengurangi Resiko Diabetes
Plum hitam mengandung sifat anti-hiperglikemik yang mampu mengontrol kadar gula darah. Dari sebuah penelitian menyebutkan jika buah plum mampu mengurangi kadar glukosa darah dan trigliserida dalam tubuh. Dengan begitu, buah plum dapat membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Mencegah Radikal Bebas
Radikal bebas sangatlah berbahaya, karena menjadi salah satu penyebab kanker. Buah plum memiliki kandungan senyawa yang efektif untuk menangkal radikal bebas. Senyawa tersebut meliputi Vitamin C dan fitonutrisi, Cryptoxanthin, zea-xanthin, Asam neochlorogenic, dan Klorogenat.

Menghentikan Luka akibat Radikal Bebas
Jika tubuh sudah terlanjur terpapar oleh radikal bebas, anda dapat menghentikannya dengan rutin mengkonsumsi buah plum. Buah plum mengandung fenol yang berfungsi melindungi lemak bersifat essensial dalam neuron sehingga membran luka pun bisa berhenti dan mengecil.

Menghindari Komplikasi Obesitas
Umumnya, obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit komplikasi seperti penyakit jantung, diabetes, stroke dan lainnya. Buah plum memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menyerang sindrom metabolik dengan adanya kandungan zat biokaktif dalam buah plum. Selain itu plum juga mengandung Senyawa fenolix ( anthocyanin, asam klorogenat, quercetin dan cathechindalam plum ) berfungsi untuk menghindarkan seseorang dari efek buruk obesitas dan juga bermanfaat sebagai anti inflamasi.

Menjaga Kesehatan tulang
Plum juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari masalah osteoporosis. Beberapa kandungan yang baik untuk tulang seperti Zat anabolik dan juga anti resorptive bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang, asam caffeic bermanfaat dalam penghambatan kerusakan jaringan yang ada di dalam tulang, sehingga wanita dalam pasca menopause akan terhindar dari osteoporosis. Sedangkan Polifenol bersama dengan kalium bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang, menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang.

Melindungi Tubuh dari Penurunan Kognitif
Penurunan kognitif dalam tubuh akan membuat tubuh mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit parkinson, alzheimer dan stroke. Plum bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh dari penurunan kognitif karena plum mengandung zat seperti Zat flavonoid merupakan zat yang paling dominan untuk melindungi tubuh dari penurunan kognitif, zat Fitonutrisi plum bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari peradangan akibat proses neurologis, serta meningkatkan memori otak sehingga terhindar dari kepikukan serta alzheimer.

Mengandung Kolesterol Baik
Plum memiliki kandungan kolesterol baik dan sehat yang memang diperlukan tubuh untuk terhindar dari berbagai gangguan kesehatan seperti mencegah hiperkolesterolemia dan juga hiperlipidemia. Selain itu, plum juga dapat mempertahankan plasma yang sehat dan juga mempertahankan kolesterol sehat dalam hati.

Melancarkan Sistem Saraf
Plum memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat untuk melancarkan sistem saraf. Seperti kandungan vitamin B6 yang bermanfaat untuk membantu fungsi dari kelancaran sistem saraf. Triptofan dan asam amino bermanfaat untuk memproduksi neurotransmitter serotonin dimana zat itu berperan penting dalam membantu tidur menjadi nyenyak, meningkatkan konsentrasi dan juga menambah nafsu makan.

Menyehatkan Sel dalam Tubuh
Plum memiliki kandungan tembaga yang berfungsi sebagai antioksidan, menjaga kesehatan saraf dan membentuk kolagen, serta mencegah penyakit anemia karena adanya kanudngan zat besi dalam buah plum.

Mengatasi Depresi
Kombinasi antar kandungan dalam buah plum seperti anxiolytic, asam chlorogenic dan antioksidan bermanfaat untuk menghilangkan depresi. Untuk menghindari kecemasan berlebihan anda dapat mengkonsumsi buah plum.

Mengatasi Flu
Plum memiliki kandungan lektin yang bermanfaat untuk menghambat dan mengobati infeksi akibat virus influenza.

Cemilan Sehat Ibu Hamil
Mengkonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Seperti buah plum yang memiliki banyak akndungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan janin dalam kandungan seperti untuk menguatkan tulang janin dan pembentukan sel janin.

Mempercepat Proses Pembentukan Darah
Plum memiliki kandungan vitamin K yang bermanfaat dalam proses pembentukan darah dalam tubuh.

Mencegah Degenerasi Makula
Buah plum juga mengandung vitamin A dan beta-karoten yang tentunya sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia. Selain itu, plum juga mengandung karotenoid (lutein dan zeaxanthin) yang sangat berguna untuk melindungi makula retina dari kerusakan oksidatif akibat radiasi sinar ultraviolet (UV).

Merawat Kesehatan Kulit
Plum tinggi vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit bercahaya. Selain itu, plum juga mengandung nutrisi anti-aging yang tentu saja akan membuat kulit Anda selalu terlihat awet muda dan sekaligus membantu mengurangi bintik hitam dan keriput di wajah.

Menjaga Keseimbangan Asam-Basa dalam Tubuh
Plum tinggi kandungan kalium yang penting bagi saraf dan otot yang berpengaruh dalam membantu mengatur kontraksi otot dan mengatur keseimbangan asam-basa tubuh.

Mengatasi Anemia
Plum memiliki kandungan zat besi dan tembaga yang dapat membantu pembentukan sel darah merah dan memfasilitasi pemurnian darah dan sirkulasi yang sehat. Tembaga yang terkandung dalam buah plum juga mampu berperan sebagai antioksidan dan sangat penting bagi kesehatan saraf serta membantu pembentukan kolagen.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Menakjubkan Buah Plum Bagi Kesehatan  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.