33 Manfaat Magnesium Untuk Kesehatan Dan Jenis Makanan Sumber Magnesium Terbaik

Posted on

Manfaat Magnesium Untuk Kesehatan – Magnesium adalah jenis mineral yang penting untuk kesehatan, terutama untuk menjaga kesehatan tulang, saraf, dan otot. Selain itu magnesium juga berperan dalam lebih 300 proses biologis yang terjadi dalam tubuh, termasuk pada pencernaan, komunikasi antar sel saraf, hingga gerakan otot-otot.

Magnesium adalah salah satu mineral yang ada dalam tubuh dalam jumlah banyak. Pada tulang terdapat sekitar 50% magnesium dari total yang terdapat dalam tubuh, sedangkan 50% lainnya terdapat dalam sel-sel jaringan dan organ tubuh lainnya.

Kadar Normal Magnesium dalam Tubuh

Kekurangan magnesium dalam tubuh dapat berakibat fatal untuk kesehatan. Kebutuhan magnesium dalam tubuh setiap orang berbeda-beda tergantung usia dan kondisi tubuh. Pada tubuh yang mengalami infeksi membutuhkan lebih banyak asupan magnesium dibandingkan dengan kondisi normal.

Anak-anak
0-6 bulan: 300 mg
7-11 bulan: 55 mg
1-3 tahun: 60 mg
4-6 tahun: 95 mg
7-9 tahun: 120 mg

Laki-laki
10-12 tahun: 150 mg
13-15 tahun: 200 mg
16-18 tahun: 250 mg
Lebih dari 19 tahun: 350 mg

Perempuan
10-12 tahun: 155 mg
13-15 tahun: 200 mg
16-18 tahun: 220 mg
Lebih dari 19 tahun: 320 mg

Sumber Magnesium

Beberapa makanan sumber magnesium, antara lain:

Sumber MagnesiumMilligram (mg) per porsi% harian
Almond, panggang dan kering  sebanyak 1 ons8020
Bayam, rebus, sebanyak ½ cangkir7820
Kacang mete, panggang kering, sebanyak 1 ons7419
Kacang, panggang minyak, sebanyak ¼ cangkir6316
Sereal, gandum diparut, 2 biskuit besar6115
Susu kedelai, polos atau vanili, sebanyak 1 cangkir6115
Kacang hitam, dimasak, sebanyak ½ cangkir6015
Edamame, dikupas, dimasak, sebanyak ½ cangkir5013
Selai kacang, halus, sebanyak  2 sendok makan4912
Roti, gandum, 2 iris4612
Alpukat, potong dadu, sebanyak 1 cangkir4411
Kentang, dipanggang dengan kulit, sebanyak 3,5 ons4311
Beras, coklat, dimasak, sebanyak ½ cangkir4211
Sarapan sereal4011
Oatmeal, instan, 1 paket369
Kacang merah, kaleng, ½ cangkir359
Pisang, 1 sedang328
Salmon, Atlantic, bertani, dimasak, 3 ons267
Susu, 1 cup246
Kismis, ½ cangkir236
Dada ayam, panggang, 3 ons226
Daging sapi panggang, 3 ons205
Brokoli, cincang dan dimasak, ½ cangkir123
Beras, putih, dimasak, ½ cangkir103
Apel92
Wortel72

Manfaat Magnesium

1. Menjaga Kesehatan Tulang
Magnesium memiliki peran yang penting untuk pertumbuhan dan membentuk tulang. Magnesium membantu proses aktivasi vitamin D dalam ginjal yang kemudian akan diserap sebagai proses penguatan tulang, magnesium bekerja sebagai perekat antar molekull dalam tulang sehingga tulang menjadi lebih kokoh.

2. Mencegah Diabetes
Peran besar magnesium dalam tubuh selanjutnya yaitu memproses metabolisme terhadap glukosa dan karbohidrat. Diet dengan menambahkan lebih banyak magnesium bermanfaat membantu menurunkan glukosa dan menstabilkan kondisinya dalam tubuh, hal ini karena magnesium dapat mencegah resitensi insulin.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Magnesium juga berpean dalam membantu berbagai kelenjar enzim dalam pencernaan untuk memproduksi lebih dari 300 enzim penting dalam tubuh. Hal tersebut berfungsi untuk memaksimalkan kinerja dan proses penyerapan sari makanan. Selain itu, magnesium juga berperan dalam membantu menjaga stabilitas produksi asam lambung, menekan produksi gas, membantu mengatasi efek perut panas, perih, serta nyeri akibat serangan iritasi lambung.

4. Mengatasi Migrain
Mengkonsumsi lebih banyak magnesium dapat membantu menekan ketegangan pada otot dan saraf bagian kepala, menekan pembuluh darah yang menyebabkan sirkulasi darah menuju otak terhambat. Hal ini berperan untuk membantu mengatasi rasa sakit hebat pada kepala seperti migrain, menurunkan rasa sakit kepala hebat. Magnesium juga membantu otak lebih toleran terhadap stress, tekanan kerja dan lelah akibat beban pikiran.

5. Mengatasi Keluhan pada Otot
Magnesium memiliki peran untuk menekan terjadinya keluhan pada otot seperti masalah nyeri, keram, kesemutan, dan kadang disertai gejala menyerupai karpal sindrom.

6. Meringankan Gejala Pre Menstruasi
Manfaat selanjutnya dari magnesium adalah mampu meredakan gejala pre menstruasi syndrom (PMS). Magnesium bekerja untuk membantu meredakan ketegangan otot pada daerah pinggang dan panggul serta membantu menstabilkan fungsi peristaltik dinding rahim yang membantu meredakan nyeri haid.

7. Menyembuhkan ASMA
Dalam metode kesehatan modern, ada prosedur pemberian infus magnesium pada penderita asma berat, yang secara seketika memberikan efek rileks pada otot leher dan sistem pernafasan sehingga dapat membuka sumbatan dan melonggarkan penebalan dinding tenggorokan yang menjadi penyebab ASMA.

Secara umum magnesium ada pada hampir semua jenis sayuran dan buah tinggi serat.  Itulah penjelasan tentang Manfaat Magnesium Untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.