34 Manfaat Luar Biasa Daun Seledri Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu diketahui

Posted on

Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan – Daun seledri atau Apium Graveolens adalah jenis sayuran dari keluarga tanaman jenis apiaceae yang memiliki kandungan manfaat bagi kesehatan. Hal ini juga didukung dengan adanya pernyataan dokter yang menyatakan ada banyak manfaat yang luar biasa dari daun seledri, seperti sebagai herbal pembersih ginjal.

Di Eropa sendiri, seluruh bagian daun seledri digunakan dan dimanfaatkan untuk kesehatan, seperti pada akar, batang dan daunnya. Sedangkan di Indonesia, yang sering diambil manfaatnya hanya daunnya. Pemanfaatan ini terkait dengan adanya kandungan nutrisi yang ada pada seledri.

Kandungan Nutrisi Daun Seledri

Seluruh herba seledri mengandung glikosida apiin (glikosida flavon), isoquersetin, dan umbelliferon. Seledri juga mengandung mannite, inosite, asparagine, glutamine, choline, linamarose, pro vitamin A, vitamin C, dan B. Selain itu, seledri juga memiliki kadnungan asam-asam minyak atsiri pada bijinya seperti asam-asam resin, asam-asam lemak terutama palmitat, oleat, linoleat, dan petroselinat. Senyawa kumarin lain ditemukan dalam biji, yaitu bergapten, seselin, isomperatorin, osthenol, dan isopimpinelin.

Banyaknya kandungan senyawa pada tanaman seledri tersebut dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan

1. Menurunkan Hipertensi
Manfaat seledri yang paling banyak dikenal adalah mampu membantu menurunkan darah tinggi, hal ini terkait adanya kandungan zat flavonoid dan nutrisi tinggi didalamnya yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Cara menurunkan hipertensi dengan seledri adalah dengan Siapkan 20 tangkai daun seledri dan cuci bersih, haluskan dan beri sedikit tambahan air, peras dan saling seledri. Minum air perasan daun seledri 3 kali sehari dengan takaran minum 2 sdm.

2. Menurunkan Kolesterol Jahat
Daun seledri tinggi kandungan nutrisi yang bermanfaat ampuh untuk memecah kolesterol sehingga mencegah penyumbatan aliran darah yang disebabkan karena timbunan kolesterol jahat serta mencegah penumpukan kolesterol dalam jumlah banyak.

3. Mencegah Kanker
Manfaat paling luar biasa dari seledri selanjutnya yaitu dapat mengatasi kanker. Adanya kandungan senyawa kumarin fitokimia dan asam fenolat dalam seledri diklaim dapat mencegah dan menghancurkan aktivitas sel abnormal yang memicu munculnya sel kanker dalam tubuh.

4. Mengatasi Rematik
Daun seledri memiliki kandungan anti radang, anti bakterim vitamin dan mineral lengkap sehingga mampu meredakan nyeri pada penderita rematik. Selain itu, kandungan tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi zat purin dalam persendian yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

5. Mengatasi Anemia
Daun seledri memiliki kandungan zat besi tinggi yang bermanfaat baik untuk mencegah dan menyembuhkan anemia. Manfaat ini sangat baik untuk wanita pada masa menstruasi dan wanita hamil.

6. Mengatasi Mata Kering
Adanya kandungan vitamin A pada daun seledri sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, seperti mengatasi mata kering, dan menyehatkan jaringan retina serta kornea mata. Hal tersebut sangat baik untuk mempertahankan penglihatan mata dan mencegah serangan radikal bebas.

7. Mengatasi obesitas
Seluruh bagian seledri memiliki kandungan nutrisi yang mampu menekan rasa lapar. Hal ini sangat baik untuk mengontrol nafsu makan berlebihan sehingga dapat membantu seseorang terhindar dari masalah obesitas.

8. Mengobati Batuk
Manfaat selanjutnya daun seledri yaitu untuk mengatasi batuk berdahak. Mengkonsumsi air rebusan daun seledri bermanfaat untuk meringankan dan mengobati batuk berdahak.

9. Memperbaiki fungsi Ginjal
Kandungan nutrisi pada seledri dapat bermanfaat untuk memperbaiki kerja ginjal yaitu membuat ginjal lebih mudah untuk menyaring, mengendalikan, dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

10. Menormalkan suhu tubuh
Suhu tubuh yang tidak stabil dapat menyebabkan ketidakeimbangan hormon dan metabolisme tubuh yang dapat membuat tubuh rentan terhadap serangan penyakit. Untuk menjaga suhu tubuh, anda dapat mengkonsumsi jus seledri untuk menormalkan suhu tubuh.

11. Menyehatkan jaringan empedu
Seledri dapat bertindak sebagai antioksidan dan bersifa diuretik yang dapat membantu membersihkan empedu dari serangan bakteri dan racun yang dihasilkan dari sisa makanan.

12. Mengontrol dan mengatur volume darah
Daun seledri juga memiliki manfaat yang baik untuk mengatur dan mengontrol jumlah darah yang mengalir pada pembuluh darah dan saraf dalam jaringan tubuh sehingga tubuh akan terhindari dari gangguan penyakit seperti penyumbatan aliran darah.

13. Mencegah Dehidrasi
Kandungan nutrisi pada seledri juga dapat bergabung menjadi cairan elektrolit yang dibutuhan tubuh ketika kelelahan dan kehilangan cairan tubuh. Karena itulah, mengkonsumsi rebusan seledri mampu mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga tubuh terhindari dari dehidrasi berat.

14. Melindungi Jantung
Kandungan asam amino esensial pada seledri baik untuk menjaga kesehatan jantung terutama pada pembuluh arteri sehingga akan menjaga jantung terhindar dari serangan kolesterol, serangan stroke dan membuuat jantung lebih sehat serta lancar dalam memompa darah.

Manfaat Daun Seledri Lainnya: …

  1. Menstabilkan gula darah
  2. Menyehatkan dinding lambung
  3. Menguatkan tulang
  4. Melindungi jaringan otak
  5. Melindungi kesehatan otot
  6. Menyehatkan saluran usus
  7. Mencegah peradangan
  8. Mempercepat penyerapan kalsium
  9. Sebagai antibiotik

Manfaat Daun Seledri untuk Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, Vitamin E, Serat dan senyawa lainnya juga bermanfaat untuk merawat kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat daun seledri untuk kecantikan, antara lain:

  1. Mengatasi produksi minyak berlebih di wajah
  2. Mencegah penuaan dini
  3. Mencerahkan wajah
  4. Mengatasi wajah berjerawat
  5. Menutrisi kulit wajah
  6. Meningkatkan produksi kolagen
  7. Mengatasi bau mulut
  8. Menghitamkan rambut
  9. Menyuburkan rambut
  10. Meluruskan rambut
  11. Menghilangkan ketombe

Selain dari daunnya, manfaat seledri juga didapat dari batang, biji , maupun akarnya. Untuk mendapatkan manfaatnya, dapat diperoleh dengan membuat jus seledri atau direbus dan minum sarinya. Sedangkan untuk perawatan dapat dilakukan sebagai masker wajah atau masker rambut yang dilakukan secara rutin.

Itulah penjelasan tentang Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan Tubuh Serta Efek Samping. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.