Manfaat Lidah Buaya untuk Menurunkan Kadar Gula atau Diabetes

Posted on

Manfaat Lidah Buaya untuk Menurunkan Kadar Gula atau Diabetes –┬áLidah buaya atau Aloe Vera adalah jenis tanaman yang sejak dulu sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dipercaya ampuh untuk menyuburkan rambut, mengobati luka, dan mengatasi konstipasi, lidah buaya juga memiliki manfaat lain yaitu untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Lidah buaya mengandung aloin, aleonin, aleosin dan barbaloin, kandungan tersebut yang membuat lidah buaya dapat digunakan sebagai herbal menurunkan kadar gula. Selain keempat zat tersebut, lidah buaya juga mengandung anti-inflamasi yang dapat digunakan sebagai pencahar bagi penderita sembelit.

Hasil studi baru mengamati efek anti diabetes dari lidah buaya. Sebuah lembaga di Afrika menemukan mengurangi kadar gula darah dapat dilakukan oleh pasien penderita diabetes tipe 2. Dengan cara mengonsumsi lidah buaya secara teratur. Demi itu, mereka memiliki alasan untuk menanam lidah buaya.

Sejak 6.000 tahun lalu, penduduk asli Afrika dan pulau-pulau di Samudra Hindia telah menggunakan tanaman lidah buaya untuk phytotherapy, dermatologi, dan kosmetik dalam bentuk gel dan krim, dilansir laman Hindustantimes, Jumat (1/7/2016).

Dari penelitian Amerika menjelaskan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine telah mengeksplorasi manfaat tanaman untuk pasien diabetes tipe 2. Menurut berbagai data, mengambil lidah buaya sebagai suplemen secara signifikan mengurangi tingkat glukosa dalam darah (46,6 mg/dl). Serta mengurangi HbA1c (1,05 persen), maupun hemoglobin terglikasi selama tiga bulan sebelumnya.

Para peneliti menemukannya, Mengkonsumsi lidah buaya secara teratur dapat merangsang keluarnya insulin, dan itu sangat berguna bagi diabetesi. Pasien dengan kadar gula darah 200 mg/dl diuntungkan dari efek tanaman tajam ini.

Diagnosis diabetes ketika puasa tingkat gula darah pasien lebih besar atau sama dengan 130 mg/dl. Jus lidah buaya dapat dikonsumsi sebanyak maksimum 50 ml, sedangkan dosis dalam kapsul adalah 200-300 mg per hari.

Manfaat Lidah Buaya Lainnya

Selain bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, lidah buaya memiliki banyak manfaat lainnya, antara lain:

  1. Mendukung kesehatan sistem pencernaan
  2. Mengobati sembelit
  3. Mengobati peradangan
  4. Mencegah bekas luka pasca operasi
  5. Membantu menurunkan kolesterol
  6. Menjaga alkalisasi tubuh / keasaman dalam tubuh
  7. Menjaga sistem imunitas tubuh
  8. Mengeluarkan racun dalam tubuh / detoksifikasi
  9. Menurunkan berat badan
  10. Memiliki sumber vitamin dan mineral
  11. Menyuburkan rambut
  12. Anti-pruritus
  13. Mengurangi ketombe
  14. Mencegah kerontokan rambut
  15. Meredakan Kulit Kepala Gatal
  16. Mengurangi Scalp Kemerahan & Peradangan
  17. Menambahkan Kekuatan & Luster Rambut
  18. Menyeimbangkan pH
  19. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
  20. Menyembuhkan Kulit Kepala yang Terkena Psoriasis & Seborrhea
  21. Mudah meresap pada rambut & Kulit Kepala sebagai nutrisi
  22. Anti jamur properites meredakan Ketombe
  23. Membantu Rambut Mempertahankan kelembaban & Mositure
  24. Mengurangi stretch mark
  25. Mencegah Penuaan dini

Terimakasih, semoga bermanfaat.