Manfaat Lemon untuk Rambut yang Belum Banyak Diketahui Banyak Orang

Posted on

Manfaat Lemon untuk Rambut –¬†Lemon memang dipercaya memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehan dan kecantikan. Kandungan vitamin C nya yang mencapai 88% dari setiap buahnya bermanfaat baik untuk kesehatan. Selain itu lemon juga mengandung klasium, sodium, protein, serat, antioksidan, vitamin B6 dan magnesium.

Selain untuk kesehatan tubuh, nutrisi pada lemon juga bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Karena itulah anda pasti sering menemukan berbagai macam produk kecantikan yang berbahan lemon, seperti pada sabun, sampo, body lotion dan banyak lainnya. Selain dengan produk-produk kecantikan tersebut, anda juga dapat mengaplikasikan lemon secara langsung untuk kesehatan rambut.

Manfaat Lemon untuk Rambut

Berikut adalah beberapa manfaat dan langkah perawatan rambut menggunakan lemon, antara lain:

1. Mengurangi Ketombe
Bahan alami terbaik yang bermanfaat baik untuk mengurangi ketombe adalah perasan jeruk lemon. Cara menggunakan perasan lemon untuk mengurangi ketombe adalah dengan oleskan perasan jeruk lemon pada kulit kepala berketombe. Karena itulah, banyak sekali produk perawatan rambut berketombe yang berbahan dasar lemon.

2. Mengatasi Rambut Berketombe
Perasan jeruk lemon juga bermanfaat untuk mengatasi lepek dan berminyak. Hal ini karena lemon dapat memberikan nutrisi pada kulit sehingga menjadikan rambut tidak berminyak dan lebih bervolume.

3. Membantu Rambut Kemilau
Manfaat selanjutnya dari jeruk lemon adalah untuk membuat rambut menjadi berkilau. Caranya yaitu dengan campurkan perasan lemon dengan madu lalu oleskan secara merata di kulit kepala dan bagian rambut, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan bersih. Jika dilakukan secara rutin, perawatan ini akan memberikan rambut menjadi berkilau setelah mencucinya.

4. Membuat Rambut Menjadi Lebih Ringan
Melakukan perawatan rambut dengan rutin mengoleskan lemon pada helaian rambut bermanfaat baik untuk meringankan volume rambut. Dengan demikian, anda akan terhindar dari masalah rambut berminyak atau rambut lepek.

5. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
Lemon juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, caranya dengan meneteskan beberapa perasan lemon dalam minyak kelapa lalu oleskan secara merata pada kulit kepala. Lakukan perawatan ini secara rutin dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

6. Sebagai Pembersih Alami
Lemon juga bermanfaat untuk membersihkan rambut dari berbagai kotoran seperti debu atau polusi yang menyebabkan rambut lepek atau kering. Caranya dengan campurkan jus lemon dengan baking soda lalu gunakan sebagai sampo pada rambut anda. Diamkan hingga meresap lalu bilas hingga bersih dan lihat hasilnya.

7. Mengatasi Gatal di Kulit Kepala
Manfaat lemon lainnya adalah efektif untuk mengatasi rasa gatal dikulit kepala. Caranya dengan teteskan perasan lemon, beri pijatan lembut dan biarkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini setiap hari.

8. Meluruskan Rambut
Perasan lemon juga bermanfaat untuk meluruskan rambut. Caranya dengan, siapkan seperempat cangkir perasan lemon dan beri 10 sendok minyak kelapa. Setelah itu, aplikasikan sebagai masker pada setiap helai rambut dan sisir kebawah menggunakan sisir bergigi lebar. Bilas dengan air hangat.

9. Mengatasi Rambut Bercabang
Manfaat selanjutnya dari perasan lemon adalah untuk mengatasi rambut bercabang. Cara melakukan perawatan rambut bercabang dengan lemon adalah terlebih dahulu potong bagian rambut yang bercabang lalu gunakan campuran perasan lemon dan minyak zaitun pada rambut.

10. Mengatasi Rambut Rontok
Anda juga dapat melakukan perawatan rambut rontok dengan perasan jeruk lemon. Cara yang digunakan adalah dengan campurkan beberapa jus lemon dan tambahkan biji jintan serta lada hitam. Setelah itu, gunakan campuran tersebut untuk masker rambut anda, lalu cuci dengan air hangat.

11. Eksfoliasi Kulit Kepala
Jus lemon memiliki kandungan sifat exfoliating yang membantu mengeluarkan racun dan kotoran di kulit kepala. Beri perasan jeruk lemon secara merata pada kulit kepala untuk menjaga kesehatan rambut anda.

12. Menguatkan Akar Rambut
Lemon memiliki berbagai nutrisi serta zat aktif yang berkhasiat untuk menguatkan akar rambut. Hal ini bermanfaat baik untuk membuat rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

13. Melebatkan Rambut
Memiliki rambut lebat adalah keinginan dari semua orang terutama pada wanita. Rambut yang lebat menunjukkan bahwa anda memiliki rambut yang terawat dengan baik. Lemon berkhasiat baik untuk melebatkan rambut. Lakukan perawatan menggunakan lemon untuk melebatkan rambut.

14. Menghilangkan Bau Rambut
Biasanya rambut yang jarang mendapatkan perawatan akan menyebabkan rambut menjadi bau dan lepek. Perasan air lemon memiliki aroma khas dan fresh yang bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah rambut bau.

15. Mengatasi Kulit Rambut Mati
Meletakkan irisan lemon pada kulit kepala selama lima menit dapat dilakukan sebagai cara untuk menghilangkan kulit mati dikepala. Cara ini dapat membantu rambut dan kepala menjadi lebih nyaman karena kulit mati dikepala dapat menyebabkan rambut menjadi gatal dan berketombe.

16. Digunakan untuk Bleaching
Bleaching adalah metode yang digunakan untuk membantu mewarnai rambut. Proses belaching dilakukan untuk menghilangkan pigmen warna alami rambut. Dan lemon dapat digunakan sebagai salah satu cara alami yang bisa dilakukan pada proses bleaching.

17. Sebagai Kodisioner Alami
Biasanya setelah berkeramas dengan sampo, kita akan menggunakan kondisioner agar rambut menjadi lebih lembut dan halus. Lemon dapat dijadikan sebagai kondisioner alami yang akan membuat rambut anda menjadi lembut dan halus. Cara menggunakan kondisioner alami lemon adalah dengan mencampurkan perasan lemon dan air kelapa. Gunakan campuran ini sebagai kondisioner rambut dan bilas hingga bersih.

Berbagai khasiat lemon bagi rambut tersebut dapat menjadi salah satu pilihan bahan alami yang apabila digunakan dengan benar dapat membantu menyehatkan rambut dan kulit kepala.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Lemon untuk Rambut  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.