40 Manfaat Lemon Untuk Mengatasi Kesehatan dan Kecantikan Ampuh Terbukti Efektif

Posted on

Lemon adalah salah satu jenis buah citrus yang memiliki rasa asam banyak digunakan di dunia baik untuk keperluan konsumsi atau non konsumsi. Buah lemon dikenal memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan. Lemon tinggi akan vitamin C bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk nipis. Selain vitamin C, lemon juga memiliki kandungan nutrisi lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan.

Buah lemon mengandung senyawa fitokimia seperti polifenol, terpenes, naringin, naringenin, hesperidin, diosmin, eriositrin, dan d-limonene. Selain senyawa tersebut, lemon juga mengandung vitamin dan mineral penting lain seperti vitamin B6, potasium, zat besi, magnesium, kalsium, dan serat pangan.

Manfaat Lemon

Seperti pada buah-buahan citrus lainnya, buah lemon juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan serta kecantikan. Beberapa manfaat yang didapatkan dari buah lemon antara lain:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Buah lemon tinggi akan vitamin C yang bermanfaat baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai serangan bakteri, parasit, jamur dan antivirus.

2. Menyembuhkan cacingan
Penyakit cacingan disebabkan karena infeksi dari cacing parasit. Konsumsi perasan lemon akan membantu mengatasi dan menyembuhkan cacingan.

3. Mencegah flu
Lemon tinggi kandungan vitamin C dan flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah flu atau pilek.

4. Menjaga keseimbangan pH tubuh
Tubuh yang memiliki sifat asam (pH) rendah akan mengakibatkan tubuh beresiko terserang penyakit seperti asam lambung. Lemon yang dikonsumsi akan berubag menjadi basa yang bermanfaat sebagai alkalize darah. Sifat alkalize tersebut yang bermanfaat untuk menyeimbangkan pH internal didalam tubuh.

5. Menjaga pencernaan
Konsumsi jus lemon berfungsi untuk melancarkan proses pembuangan sisa-sisa dipencernaan. Jus lemon akan membantu hati dalam memproduksi empedu, membantu menjaga makanan bergerak melalui tubuh dan melancarkan saluran pencernaan. Konsumsi perasana air lemon dengan air hangat untuk mengatasi masalah pencernaan.

6. Memutihkan gigi
Kandungan kalsium pada air lemon dapat dimanfaatkan sebagai cairan pemutih gigi. Caranya dengan mencampurkan perasan air lemon dengan baking soda lalu oleskan pada gigi sekitar satu menit dan bilas hingga bersih. Namun jangan terlalu sering menggunakan cara ini karena kandungan asam yang tinggi dapat merusak email gigi.

7. Membersihkan usus
Buah lemon memiliki manfaat untuk meningkatkan kontraksi otot di usus yang membuat gerakan usus menjadi lancar dan teratur, sehingga sangat berguna untun membantu mengeluarkan berbagai racun yang ada didalam usus.

8. Menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke
Kandungan vitaminC pada lemon bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. vitamin C juga berperan dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan tekanan darah. Lemon juga membantu mencukupi kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Mengkonsumsi lemon sama saja dengan menjaga kesehatan jantung.

9. Menjaga Kesehatan otak
Kulit lemon mengandung zat phytonutrient atau tangeretin, yang bermanfaat untuk meminimalisir masalah pada otak seperti penyakit Parkinson serta melindungi sel-sel otak.

10. Mengatasi kanker
Berdasarkan penelitian menunjukkan, bahwa ekstrak lemon memiliki manfaat mampu menghancurkan sel-sel ganas pada penyakit kanker seperti pada kanker usus, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

11. Menjaga kesehatan hati
Kandungan asam sitrat pada lemon memiliki manfaat untuk memaksimalkan fungsi enzim yang merangsang kinerja fungsi hati, yang bermanfaat untuk memaksimalkan proses detoksifikasi pada tubuh secara keseluruhan melalui air kencing.

12. Menangkal radikal bebas
Radikal bebas sangat berbahaya karena merusak sel-sel dalam tubuh. Vitamin C pada lemon bermanfaat untuk menangkal dan menetralisir radikal bebas sehingga tubuh terlindungi dari munculnya penyebab kanker.

13. Menurunkan berat badan
Lemon sering dikonsumsi sebagai minuman untuk membantu menurunkan berat badan. Lemon juga bermanfaat untuk memperlancar metabolisme tubuh. Mengkonsumsi perasan air lemon juga mampu untuk menekan nafsu makan sehingga mampu menurunkan berat badan.

14. Mencegah sesak nafas
Mengkonsumsi vitamin C secara rutin akan membantu menurunkan resiko terkena serangan asma atau penyakit pernafasan. Untuk mengcegah asma konsumsi perasan air lemon sebnayak 1 gram setiap harinya.

15. Mengatasi inflamasi
Kandungan yang ada pada buah lemon memiliki manfaat untuk melawan asam urat secara alami sehingga akan membantu mengurangi kehadiran kristal yang mengakibatkan rasa nyeri pada tubuh akibat asam urat.

16. Menstabilkan tekanan darah
Lemon memiliki kandungan kalium yang berfungsi untuk membantu kontrol tekanan darah tinggi, mengatasi mual dan pusing. Selain itu, lemon juga bermanfaat untuk menenangkan pikiran hingga dapat mengurangi depresi.

17. Mempercepat proses penyembuhan
Kandungan vitamin C pada lemon yang tinggi berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka dan membantu mempercepat proses pemulihan, karena vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi.

18. Meningkatkan mood
Pemberian suplemen vitamin C sebanyak 500 mg dua kali sehari berkhasiat untuk meningkatkan suasana hati (mood).

19. Mencegah batu ginjal
Kandungan asam sitrat pada buah lemon memiliki manfaat untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Hal ini dikarenakan asam sitrat pada lemon akan mengencerkan urin dan meningkatkan jumlah urin yang keluar.

20. Mencegah Anemia
Salah satu penyebab anemia adalah defisiensi zat besi. Lemon mengandung zat besi dan kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.

Manfaat Lemon untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, jeruk lemon juga berfungsi untuk perawatan kecantikan. Jeruk lemon efektif untuk perawatan wajah, hal tersebut terbukti dari banyaknya produk kecantikan yang menggunakan jeruk lemon sebagai bahan dasarnya. Lemon mengandung antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat untuk kesehatan wajah. Cara melakukan perawatan menggunakan lemon yaitu dengan mengoleskan masker perasan lemon pada wajah yang terbukti untuk merawat wajah seperti :

  1. Membantu mencerahkan wajah
  2. Membantu menghilangkan flek hitam pada wajah
  3. Membantu mengontrol minyak di kulit
  4. Membantu menghilangkan komedo
  5. Membantu mengecilkan pori-pori pada wajah
  6. Membantu melembabkan wajah
  7. Membantu mengatasi kerutan pada wajah
  8. Membantu mengangkat sel kulit mati
  9. Membantu melembabkan bibir kering
  10. Sebagai anti aging mengurangi penuaan dini
  11. Membantu menghilangkan jerawat
  12. Digunakan sebagai facial foam
  13. Membantu menyegarkan kulit
  14. Menghaluskan permukaan kulit
  15. Mengencangkan kulit wajah
  16. Menangkal radikal bebas
  17. Menutrisi kulit wajah
  18. Mengurangi pigmentasi pada kulit
  19. Mengeluarkan kotoran penyebab jerawat
  20. Mengeringkan bekas jerawat lebih cepat

Sebagai catatan, penggunaan masker lemon pada wajah yang berlebihan akan membuat kulit menjadi lebih kering dan membuatnya menjadi pecah-pecah, untuk melakukan perawatan mengunakan lemon sebaiknya lakukan satu minggu 2 kali.

Itulah penjelasan tentangĀ  Manfaat Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.