35 Manfaat Kurma untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Dan Ibu Hamil Terbukti Efektif

Posted on

Manfaat Kurma untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Dan Ibu Hamil –¬†Kurma adalah tanaman dari jenis tumbuhan palma dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Tanaman ini hanya tumbuh subur didaerah padang pasir. Pohon kurma miliki tinggi pohon sekitar 15 hingga 15 Meter dan buah yang dihasilkan memiliki panjang diameter sekitar 3-7 Meter dengan buah berbiji utnggal. Buah yang diduga berasal dari daratan Teluk Persia diyakini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan.

Kandungan Senyawa Kurma

Kurma memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan karena memiliki banyak kandungan didalamnya, berikut ini beberapa kandungan yang ada pada 100 gram buah kurma antara lain:

Zat giziJumlah/100 gram
Air18.27
Energi251 kkal
Protein2.81 g
Karbohidrat66.78 g
Serat7.1 g
Gula56.38 g
Total lemak0.35 g
Lemak jenuh0.0028 g
MUFA0.0032 g
PUFA0.017 g
kolesterol0 mg
Mineral:
Kalsium35 mg
Zat Besi0.91 mg
Magnesium38 mg
Fosfor55 mg
Kalium484 mg
Sodium2 mg
Seng0.26 mg
Vitamin
Vitamin A9 IU
Vitamin B1 (tiamin)0.046 mg
Vitamin B2 (riboflavin)0.059 mg
Vitamin B3 (niasin)1.134 mg
Vitamin B5 (asam pantotenat)0.525 mg
Vitamin B6 (piridoxin)0.147 mg
Vitamin B9 (folat)17 mcg
Vitamin B120 mcg
Vitamin C0.4 mg
Vitamin E0.04 mg
Vitamin K2.4 mcg
Fitonutrisi
Beta karoten5 mcg
Beta kriptoxantin0 mcg
Lutein dan zeaxantin67 mcg
Likopen0 mcg

Manfaat Buah Kurma

Banyaknya kandungan senyawa yang dimiliki oleh kurma, sudah pasti banyak sekali manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsinya. Bahkan beberapa ahli kesehatan berkata bahwa mengkonsumsi satu buah kurma per hari diperlukan untuk pola makan yang seimbang dan sehat. Beberapa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi kurma adalah sebagai berikut :

1. Menstabilkan kolesterol
Kolesterol adalah lemak didalam darah yang berfungsi untuk pembentukan dinding sel serta bahan baku pada beberapa hormon. Namun jika jumlah kolesterol berlebih maka dapat membahayakan tubuh hingga memicu munculnya berbagai macam penyakit bahaya lainnya. Untuk menstabilkan kolesterol dalam darah rutin mengkonsumsi buah kurma dapat menjadi alternatif anda agar terhindar dari kolesterol tinggi.

2. Menjaga jantung
Jantung memiliki peranna yang sangat penting bagi tubuh. Memiliki jantung yang sehat akan membuat tubuh terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan. Untuk tetap menjaga kesehatan jantung, konsumsi buah kurma secara rutin setiap hari dapat anda lakukan untuk selalu menjaga jantung tetap sehat.

3. Mengatasi Insomnia
Untuk anda yang kesulitan dalam tidur solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan rutin mengkonsumsi buah kurma. Buah kurma memiliki kandungan Vitamin B3 yang terbukti ampuh untuk mengatasi permasalahan susah tidur atau insomnia.

4. Menjaga kesehatan kulit
Buah kurma memiliki kandungan tinggi akan serat yang berfungsi untuk mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan. Konsumsi buah kurma secara rutin untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan.

5. Sebagai Sumber Energi
Untuk meningkatkan energi dalam tubuh cobalah untuk mengkonsumsi buah kurma. Buah kurma dipercaya memiliki kandungan dan nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan energi dalm tubuh seperti kandungan fruktosa, glukosa dan sukrosa nya.

6. Membantu pertumbuhan otot
Kandungan Lysine pada buah kurma efektif untuk membantu pertumbuhan pada otot kita. Hal itu karena buah kurma memiliki tinggi akan kandungan protein yang memang baik untuk kesehatan dan regenerasi sel otot.

7. Menyembuhkan Anemia
Anemia adalah penyakit berkurangnya sel darah merah dalam tubuh yang dapat membuat tubuh terlihat lesu, lemas dan tidak bertenaga. Untuk mengatasinya, anda dapat mengkonsumsi buah kurma secara rutin karena kurma mengandung zat besi yang efektif utnuk mengatasi tubuh yang kekurangan zat besi.

8. Menjaga kesehatan tulang
Tulang yang tidak sehat sangat rentan terkena berbagai jenis penyakit salah satunya adalah osteoporosis. Sementara, buah kurma memiliki manfaat untuk membantu mengatasi hal tersebut karena buah kurma mengandung magnesium, manganese, dan selenium.

9. Mengurangi gejala PMS
Para wanita setiap bulan mengalami proses PMS yang membuat wanita mudah tersinggung karena adanya perubahan hormon didalam tubuhnya. Mengkonsumsi buah kurma bermanfaat untuk membantu menstabilkan hormon dalam tubuh, karena buah kurma mengandung mangan yang berperan baik untuk menjaga gangguan emosi, mood, sakit kepala, dan gejala lain yang sering muncul akibat PMS.

10. Meningkatkan Kemampuan Otak
Kurma memiliki kandungan kandungan kalium yang berperan penting bagi otak. Kandungan kalium bisa membuat saraf-saraf otak bekerja dengan baik. Penting bagi kita untuk meningkatkan kemampuan otak serta kecerdasannya dengan mengkonsumsi buah kurma.

11. Menjaga kesehatan mata
Menjaga kesehatan mata penting dilakukan untuk menghindari dan mencegah terjadinya berbagai macam masalah penglihatan. Untuk menjaga kesehatan mata, anda dapat mengkonsumsi buah kurma secara rutin. Buah kurma mengandung vitamin A dan vitamin C yang sangat bermanfaat menjaga kesehatan mata.

12. Menaikkan berat badan
Buah kurma terbukti dapat membantu menaikkan berat badan. Buah kurma mengandung protein, gula, dan Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan membantu menaikkan berat badan. Konsumsi buah kurma secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

13. Menjaga kesehatan usus
kandungan serat pada buah kurma bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus agar tetap bersih dan sehat.

14. Mengatasi Migrain
Migran menyebabkan penderita merasa sangat tidak nyaman karena rasa sakit yang diderita. Untuk meredakan migrain anda dapat mengkonsumsi buah kurma. Buah kurma mengandung magnesium yang dapat meredakan migrain dan meredakan depresi.

15. Menangkal radikal bebas
Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat meningkatkan tubuh terserang berbagai jenis penyakit seperti penyebab munculnya kanker. Kandungan karbohidrat yang tinggi pada buah kurma dapat meningkatkan fitonutrien dalam tubuh yang berfungsi sebagai antioksidan alami.

16. Menghindari rematik
Buah kurma mengandung mineral yang cukup tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang sehingga dapat mencegah tubuh terkena serangan rematik.

17. Melancarkan peredaran darah
Peredaran darah yang lancar akan membuat anda terhindar dari berbagai maslash kesehatan seperti kolesterol tinggi, serangan jantung dan stroke. Kandungan asam salisilat pada buah kurma efektif untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

18. Menjaga kesehatan gigi
Buah kurma memiliki kandungan flour yang bermanfaat untuk menjaga gigi agar tetap sehat dan terhindari dari berbagai masalah penyakit pada gigi.

19. Mencegah kanker mulut dan kanker paru-paru
Kadnungan vitamin A pada buah kurma memiliki peran yang bermanfaat untuk mencegah kanker mulut dan mencegah kanker paru-paru serta menjaga kesehatan mata dan kulit.

20. Mencegah stroke
Kandungan kalium pada buah kurma bermanfaat untuk menjaga tubuh terhindar dari stroke. Kurma mampu menjaga denyut jantung dan peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan normal sehingga akan mencegah serangan stroke.

21. Menyembuhkan demam berdarah
Untuk membantu menyembuhkan demam berdarah, buah kurma bermanfaat untuk membantu meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh. Jadi untuk penderita demam berdarah konsumsi buah kurma secara rutin.

22. Mencegah kanker otak
Kandungan zat mineral pada buah kurma bermanfaat untuk membantu menjaga tubuh terhindari dari penyakit kanker otak. Cara mudah untuk menghindari kanker otak salah satunya dengan mengkonsumsi buah kurma secara rutin.

23. Mengatasi Alergi
Buah kurma memiliki belerang organik yang bermanfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman yang terjadi pada tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah kurma secara rutin anda akan terhindari dari berbagai macam alergi.

24. Menjaga kesehatan sistem saraf
Buah kurma memiliki beberapa vitamin B yang memang sanagt baik untuk kesehatan dan fungsi saraf. Selain itu, kalium pada buah kurma menjadi salah satu bahan utama dalam mempromosikan sistem saraf yang sehat dan responsif. Kedua kandungan tersebut juga bermanfaat meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan aktivitas otak.

25. Meningkatkan stamina seksual
Kadar komponen estradiol dan flavonoid yang tinggi pada buah kurma dapat meningkatkan jumlah sperma dan motilitas, serta meningkatkan ukuran dan berat testis. Cara meningkatkan stamina yaitu dengan rendam satu genggam kurma dalam satu gelas susu kambing selama satu malam, lalu tambahkan madu. Campuran ini bermanfaat sebagai tonikum yang berguna untuk meningkatkan daya tahan seksual dan mengurangi kemandulan yang disebabkan oleh beberapa kelainan seksual.

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Kurma adalah salah satu bahan makanan yang banyak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Apasajakah manfaat yang didapatkan oleh ibu hamil dan ibu menyusui dari mengkonsumsi buah kurma?

1. Kandungan potasium pada kurma bermanfaat untuk membantu mempertahankan tekanan darah pada ibu hamil, menjaga keseimbangan air didalam tubuh, menjaga kesehatan pada ibu hamil, dan mencegah terjadinya kram perut pada saat kehamilan.

2. Kandungan magnesium pada buah kurma bermanfaat dalam membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin yang dikandung, baik untuk perkembangan bayi dan menjaga tekanan darah pada ibu agar tetap normal dan stabil.

3. Kandungan kalsium pada buah kurma penting untuk memicu pembentukan tulang dan gigi dan baik untuk janin yang dikandung ibu.

4. Kandungan zat besi pada buah kurma memiliki peran untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil dan memperkuat sistem kekebalan tubuh pada ibu sehingga membuat janin menjadi kuat.

5. Kandungan Vitamin K pada kurma sangat penting untuk menghentikan pendarahan pada ibu hamil saat persalinan dan membantu pembentukan dan perkembangan tulang bayi.

6. Kandungan Asam folat pada kurma sangat penting bagi ibu hamil karena folat akan mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat.

7. Kandungan fruktosa pada kurma bermanfaat untuk memberikan energi pada ibu hamil, tanpa perlu menaikkan kadar gula darahnya.

8. Kandungan serat pada buah kurma bermanfaat baik untuk tubuh seperti melancarakan pencernaan pada ibu hamil, mencegah kontipasi dan menurunkan kolesterol jahat, serta memberikan sensasi kenyang lebih lama.

9. Protein pada kurma bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang janin dan membangun tubuh janin menjadi lebih kuat.

10. Manfaat kurma untuk ibu hamil lainnya adalah sebagai makanan sumber mangan, fosfor, sulfur, tembaga, dan berbagai nutrisi penting lainnya yang saling mendukung satu sama lain. Semua nutrisi bertugas untuk memperlancar masa kehamilan dan persalinan.

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Kurma untuk Kesehatan dan Ibu Hamil . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.