Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit yang Harus Diketahui Sebelum Membuangnya

Posted on

Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit  – Pisang adalah salah satu jenis buah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan karena beragam kandungan senyawa didalamnya. Buah dengan rasa manis dan lembut ini tinggi karbohidrat sehingga dapat mengeyangkan tubuh anda. Namun, tidak hanya dagingnya yang bermanfaat, kulit pisang juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Karena itulah ketahui manfaatnya dibawah ini sebelum sembarangan membuang kulitnya.

Selain dagingnya, kulit pisang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan serta kecantikan. Hal ini dikarenakan kulit pisang mengandunga senyawa alami yang menyehatkan tubuh. Dalam kulit pisang mengandung karbohidrat, vitamin B kompleks, vitamin B6, air, vitamin C, minyak nabati, dan serat serotonin. Kandungan senyawa tersebut memiliki beragam khasiat untuk tubuh khususnya untuk masalah kesehatan kulit. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kulit pisang.

Manfaat Kulit Pisang

Mengatasi Jerawat
Selain mengandung vitamin C dan vitamin E, kulit pisang juga memiliki kandungan kalium, seng, besi dan mangan. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat baik untuk mengatasi peradangan akibat jerawat. Cara mengatasi jerawat dengan kulit pisang adalah dengan mengusapkan bagian dalam kulit pisang pada kulit dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu cuci hingga bersih dan lakukan secara rutin 2x sehari.

Mengurangi Kerutan di Wajah
Kerutan diwajah terjadi akibat kehilangan keelastisan dan kekencangannya. Kandungan antioksidan dan vitamin C pada kulit pisang dapat membantu mengurangi kerutan di wajah. Cara mengatasi kerutan dengan kulit pisang yaitu dengan gosokkan bagian dalam kulit pisang pada wajah sebelum tidur, diamkan semalaman atau 30 menit. Kemudian cuci bersih dan beri pelembab. Lakukan perawatan ini seminggu 3kali dengan rutin untuk mencegah kerutan diwajah.

Memutihkan Gigi
Kulit pisang memiliki kandungan tinggi potasium yang bisa digunakan untuk mengurangi noda kuning pada gigi. Munculnya noda kuning pada gigi diakibatkan karena sering mengkonsumsi minuman mengandung kafein seperti kopi, dan teh, akibat merokok dan lainnya. Cara menghilangkan noda kuning pada gigi dengan kulit pisang yaitu dengan gosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi dan bersihkan dengan menyikat gigi seperti biasa.

Mengatasi Migrain dan Sakit Kepala
Kulit pisang juga bermanfaat untuk membantu mengatasi migrain dan sakit kepala. Caranya dengan letakkan kulit pisang yang telah dimasukkan ke frezer selama satu jam lalu letakkan kulit pisang pada dahu atau leher untuk mengatasi sakit kepala atau migrain. Biarkan kulit menempel di kedua bagian tersebut sampai terasa hangat. Ulangi langkah-langkah tersebut dengan mengambil kulit pisang yang dingin.

Menyamarkan Bekas Luka dan Jerawat
Selain untuk mengatasi jerawat, kulit pisang juga bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat. Hal ini dikarenakan kulit pisang juga dapat mengurangi iritasu kulit seperti pembengkakan, kemerahan dan luka parut. Selain itu, kulit pisang juga memiliki kandungan asam lemak teresterifikasi yang mampu menyamarkan bekas luka. Cara mengatasi bekas luka jerawat dengan kulit pisang adalah dengan tempelkan dan gosokkan bagian dalam kulit pisang pada wajah dan biarkan selama 1 jam atau semalaman, bilas dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Mengangkat Sel Kulit Mati
Kulit pisang juga bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati, hal ini dikarenakan kulit pisang juga mengandung antioksidan. Cara mengangkat sel kulit mati dengan pisang adalah dengan membuat masker kulit pisang. Caranya haluskan bagian dalam kulit pisang hingga lmebut lalu balurkan secara merata pada kulit wajah lalu diamkan semala 10-15 menit, dan bilas dengan air bersih.

Menghilangkan Mata Panda
Manfaat selanjutnya dari kulit pisang yaitu untuk menghilangkan mata panda. Cara yang digunakan untuk mengatasi mata panda adalah dengan haluskan bagian dalam kulit pisang dengan gel lidah buaya lalu oleskan pada bagian kantung mata, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Meringankan Rasa Gatal
Kulit pisang memiliki senyawa alami yang mempu mengurangi rasa gatal akibat gigitan dari serangga seperti semut atau nyamuk. Caranya dengan tempelkan secara langsung kulit pisang pada area gigitan yang terasa gatal dan secara perlahan rasa gatal itu akan menghilang.

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.