80 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Berbagai Macam Masalah Penyakit dan Cara Pengolahan Kulit Manggis dengan Benar

Posted on

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan –  Manggis adalah tanaman buah asli Indonesia yang tumbuh subur didaerah tropis ini disebut sebagai “Queen of Fruits” . Tanaman buah yang memiliki nama latin “Gracinia Mangostana” ini disebut sebagai queen of fruits karena buah manggis memiliki banyak sekali manfaat yang bukan berasal dari buahnya saja, melainkan dari kulit dan akarnya.

Karena banyaknya nutrisi yang ada pada buah manggis, saat ini masyarakat banyak mencari dan menggunakan manggis untuk dijadikan obat alternatif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Penggunaan manggis sebagai alternatif pengobatan herbal telah dilakukan sejak abad ke-18. Kandungan apasajakah yang ada pada buah manggis hingga disebut sebagai queen of fruit?

Kandungan dalam Buah Manggis

Manggis mengandung lebih dari 40 senyawa kimia alami yang bernama Xhanthones, yang diantaranya Alpha mangostin, gamma-mangostin, dan garcinone E. Xhanthones disebut sebagai antioksidan paling aktif yang pernah ditemukan dalam tanaman. Manggis juga mengandung senyawa yang bermanfaat lainnya seperti catechin, polisakarida, kuinon, stilbene, dan polifenol. Manggis juga kaya akan karbohidrat dan serat. Beberapa sifat dari kulit manggis yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah penyakit dalam tubuh, diantaranya :

  1. Tanin memiliki aktifitas antioksidan yang mampu menghambat enzim seperti DNA topoisomerase, anti-diare, hemostatik, anti-hemoroid, dan juga menghambat pertumbuhan tumor.
  2. Antosianin memiliki kemampuan sebagai anti-oksidan yang baik dan memiliki peranan yang cukup penting dalam mencegah beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, kardiovaskuler, dan neuronal.
  3. Anti-Inflamasi (Peradangan) , kulit manggis memiliki sifat anti-inflamasi yang ampuh untuk mengatasi peradangan.
  4. Anti-Kanker, kulit buah Manggis memiliki sifat antiproliferasi untuk bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, selain juga mampu menghancurkan sel kanker.
  5. Anti-Mikroba. Kulit buah Manggis juga dikenal memiliki daya anti-mikroba terhadap beberapa bakteri seperti Staphylococcus aureus. Bakteri ini sangat resisten terhadap anti-biotik metisilin.

Beberapa kandungan penting lainnya dari buah manggis dapat anda lihat dari tabel dibawah ini :

Manfaat Manggis untuk Kesehatan

Dari banyaknya senyawa dan nutrisi yang ada dalam manggis sudah pasti banyak pula manfaat yang diberikan buah manggis untuk tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat yang didapatkan dari buah manggis, diantaranya meliputi :

1. Melawan radikal bebas
Lebih dari 40 senyawa Xhanthones pada manggis, masing-masing senyawa tersebut memiliki komposisi dan fungsi yang spesifik. Seperti senyawa alpha-mangostin yang berfungsi sebagai antioksidan dan Garcinone E sebagai agen anti tumor yang kuat. Catechin pada manggis memiliki lima kali lebih kuat dari vitamin C. Senyawa Polisakarida memiliki potensi sebagai senyawa anti kanker dan anti bakteri. Senyawa tersebut bekerja dengan menghambat kemampuan sel termutasi untuk menempel disel sehat agar kanker tidak tersebar.

Manggis juga mengandung quinon dan stilbene yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Polifenol di dalam manggis pun diketahui lebih kuat daripada vitamin E. Hasil tes laboratorium ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) bahkan menunjukkan bahwa jus manggis memiliki kemampuan 20 hingga 30 kali lebih banyak untuk menahan radikal bebas dibandingkan buah dan sayuran lain dalam jumlah sama.

2. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh
Manggis kaya akan vitamin C yang mencukupi sekitar 12% kebutuhan harian tubuh per 100gr. Vitamin C bekerja sebagai antioksidan alami larut air yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kuman penyakit seperti flu, hingga radikal bebeas yang menjadi penyebab kanker.

3. Senyawa Anti-inflamasi dan anti jamur
Manggis mengandung gamma-mangostin yang merupakan anti inflamasi kuat. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengobati infeksi, mengurangi rasa sakit, menurunkan demam, dan penyakit tropis lainnya. Mengkonsumsi jus manggis dua kali sehari juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan seperti rasa sakit pada gusi atau periodontitis. Pasta dari kulit manggis juga ampuh untuk mengatasi iritasi akibat jamur seperti eksim dan penyakit kulit lain. Sedangkan akar kulit manggis bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit menjelang menstruasi.

4. Meningkatkan Metabolisme tubuh
Manggis mengandung berbagai vitamin yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh untuk mengolah karbohidrat, lemak dan protein. Vitamin tersebut meliputi vitamin B kompleks termasuk tiamin, folat, dan niacin.

Kandungan kalori pada buah manggis sangat rendah yaitu hanya 63 kalori per 100 gram dan bebas lemak jenuh hingga kolesterol. Manggis kaya serat panganyaitu sekitar 13% kebutuhan harian per 100 gram.

5. Menjaga tekanan darah dan detak jantung normal
Kandungan potasium dan magnesium pada kulit manggis berfungsi untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Senyawa dalam manggis juga mampu melancarkan tekanan darah sehingga ampuh menurunkan risiko terkena atherosclerosis, penyumbatan jantung, dan sakit di bagian dada. Magnesium juga diyakini dapat mengatur fungsi elektrik pada jantung agar detak jantung dan tekanan darah terjaga.

6. Mengobati Tuberculosis (TB)
Berdasarkan penelitian di Thailand menunjukkan bahwa manggis mengandung alfa mangostin, beta mangostin, dan garcinone B dapat menghambat infeksi mycobacterium tuberculosis yang menyebabkan penyakit TB (dulu disebut TBC). Manggis juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubh yang diperlukan oleh penderita TB/TBC.

7. Mengobati Diabetes
Kulit manggis rendah kangungan kalori yang sangat coock untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. kandungan seratnya juga baik untuk membantu kontrol kadar gula darah pada penderita diabetes agar tetap normal.

8. Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan pada kulit manggis bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Antioksidan bekerja membuang sel-sel kulit mati pada wajah dan meregenerasi kulit yang baru.

9. Mencegah Stroke
Kulit manggis mengandung antioksidan yang baik untuk melindungi pembuluh darah dari kekakuan. Antioksidan pada kulit manggis dapat mempertahankan dinding pembuluh darah tetap elastis dan tidak mengalami pengerasan. Fungsi tersebutlah yang dapat mencegah penyakit stroke dan penyumbatan pembuluh darah yang lain.

10. Membersihkan Racun atau Detoksifikasi
Antioksidan pada kulit manggis bekerja mengikat senyawa kimia dan zat racun yang masuk dalam tubuh baik melalui asap, makanan atau efek radiasi. Kulit manggis bekerja untuk mengeluarkan zat-zat berbahaya dalam tubuh dengan cepat melalui urin.

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Umum

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  2. Menyembuhkan peradangan
  3. Memperbaiki komunikasi antar sel
  4. Mencegah kerusakan DNA
  5. Sebagai alat bantu sistem getah bening
  6. Mengurangi resistensi insulin
  7. Menurunkan berat badan
  8. Menyembuhkan sistem kelenjar endokrin
  9. Sebagai alat bantu sinergi tubuh
  10. Membantu meringankan wasir
  11. Menurunkan kadar gula darah dalam tubuh
  12. Mencegah penyakit jantung
  13. Memperkuat pembuluh darah
  14. Menurunkan kadar kolesterol jahat
  15. Menurunkan hipertensi
  16. Mencegah arteriosclorosis
  17. Menyehatkan mata
  18. Mencegah alzheimer
  19. Mencegah batu ginjal
  20. mengatasi keracunan makanan
  21. Mengurangi sakit gigi
  22. mencegah penyakit sistem syaraf
  23. Mempertahankan kepadatan tulang
  24. Menjaga stamina dan kebugaran tubuh
  25. Menurunkan demam
  26. Mencegah infeksi pernafasan
  27. Mengatasi sakit gigi
  28. Mengurangi nyeri persendian
  29. Menghambat disentri
  30. Mengobati penyakit lupus
  31. Mencegah gusi bengkak
  32. Membantu menyembuhkan HIV/AIDS
  33. Mengobati Kardiovaskuler seperti jantung koroner
  34. Mengobati tumor
  35. Mngurangi nyeri arhiritis

Manfaat Kulit Manggis pada Pria

  1. Membantu mencegah kemandulan
  2. Mencegah pembesaran Prostat
  3. Meningkatkan vitalitas tubuh

Manfaat Kulit Manggis pada Wanita

  1. Melancarkan buang air kecil
  2. Sebagai obat pencuci perut
  3. Mengurangi gejala pra menstruasi
  4. Meringankan gejala menopause
  5. Mengurangi pembengkakan saat menstruasi
  6. Meringankan sakit pada otot, ligamen dan tendon (fibromyalgia).
  7. Meringankan sakit akibat penyakit menurunnya kepadatan tulang/pengapuran tulang (osteoporosis).

Manfaat Kulit Manggis untuk Anak-anak

  1. Meringankan penyakit asma
  2. Mencegah gangguan hyperaktif dan kurang perhatian (AHHD)
  3. Mencegeh alergi makanan
  4. Membentuk gigi dan tulang lebih kuat
  5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak
  6. Menurunkan kadar gula dalam darah pada anak
  7. Menyembuhkan luka pada kulit anak

Manfaat Kulit Manggis untuk Pencernaan

  1. Mengatasi penyakit kronik yang ditandai dengan mengalirnya asam lambung kedalam kerongkongan.
  2. Membantu menghentikan diare
  3. Meringankan peradangan usus
  4. Mencegah penyakit radang tenggorokan

Manfaat Kulit Manggis untuk Kulit

  1. Membantu menyembuhkan borok/bisul
  2. Memperlambat penuaan dini
  3. Menghilangkan jerawat
  4. Menghilangkan bekas gigitan serangga atau cacat pada kulit
  5. Meringankan rasa sakit keseleo , otot tegang atau nyeri persendian
  6. Menghilangkan merah-merah pada kulit
  7. Membantu menyembuhkan luka pada kulit
  8. Mengurangi kulit kering dengan melembabkan kulit sehingga tidak terlihat bersisik
  9. Menghilangkan ruam-ruam pada kulit

Cara Mengolah Kulit Manggis yang Benar

Meskipun saat ini banyak sekali produk ekstrak kulit manggis yang dijual dipasaran, tak jarang kita meragukan tentang proses dan cara pengolahannya. Cara mengolah kulit buah manggis yang tepat yaitu dengan cara sebagai berikut :

  • Siapkan 2 atau 3 buah kulit manggis
  • Ambil bagian dalam dari kulit buah manggis, dan buang bagian kulit kerasnya
  • Lalu blender kulit bagian dalam kulit manggis dengan susu, alpukat atau buah lainnya
  • Nikmati jus kulit manggis secara rutin untuk mengatasi berbagai macam masalah penyakit.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.