47 Manfaat Konsumsi Madu Bagi Ibu Hamil dan Kesehatan Janin Serta Bahayanya Yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Konsumsi Madu Bagi Ibu Hamil – Madu memiliki banyak sekali nutrisi dan senyawa yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Madu kaya akan kandungan gizi mulai dari asam amino, zat gula glukosa dan fruktosa, vitamin, riboflavin, thiamin, asam pantotenat, niasin, asam askorbat, piridoksin, dan kandungan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, phosphor, zat besi, sulfut, dan mangan. Selain itu, madu juga memiliki banyak keunggulan lain seperti kandungan antibiotiknya yang ada pada setiap tetesnya.

Banyaknya kandungan nutrisi pada madu sudah pasti bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu beberapa kandungan nutrisi didalamnya juga bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Namun, ada catatan yang harus diperahatikan yaitu dengan mengkonsumsi madu sesuai dengan porsinya dan tidak berlebihan. Menurut pakar dan ahli kesehatan madu merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Beberapa manfaat madu untuk ibu hamil antara lain:

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

1. Meringankan mual pada ibu hamil
Salah satu gangguan kehamilan yang wajar terjadi pada kehamilan adalah rasa mulas pada perut. Pada masa kehamilan, bayi akan mendorong semua organ tubuh kebagian atas, hal tersebutlah yang menyebabkan perut merasa mulas. Untuk mengurangi rasa mulas tersebut anda dapat mengkonsumsi susu yang dicampur dengan madu. Kedua campuran tersebut dapat menteralisir kelebihan asam lambung. Anda dapat mengkonsumsi segelas susu dengan madu setiap malam sebelum tidur untuk mengatasi mulas.

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Pada masa kehamilan, biasanya ibu hamil sering mengalami flu akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh. Saat mengalami flu, biasanya ibu hamil mengalami dimana selapur lendir mengalami pembengkakan sehingga menyebabkan sulit bernafas. Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap stabil, ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan atau minuman sehat seperti buah-buahan atau dengan mengkonsumsi teh hangat dengan diberi tambahan madu.

3. Mengatasi Morning Sickness
Ada sekitar 70% wanita hamil mengalami morning sicnkness. Biasanya morning sicness terjadi pada masa awal kehamilan atau pada trimester pertama. Selain mual dan muntah, morning sickness juga dapat menyebabkan penurunan berat badan, malnutrisi atau komplikasi kesehatan yang serius, sehingga dapat memengaruhi perkembangan janin. Untuk meringankan masalah morning sicness, anda dapat mengkonsumsi madu dan jahe. Jahe yang efektif terhadap sistem reproduksi dan pencernaan, sehingga dapat merangsang sirkulasi dan menyuplai darah sehat untuk organ-organ pencernaan.

4. Meningkatkan Hemoglobin pada Ibu Hamil
Masa kehamilan biasanya ibu hamil akan sering mengalami anemia. Madu memiliki kandungan zat besi yang memeiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah eritrosit dalam tubuh dan meningkatkan sel darah merah sehingga mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

5. Mengurangi Insomnia
Selain bermanfaat secara khusus untuk membantu meningkatkan nafsu makan. Madu akasia juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu ibu hamil terhindar dari insomnia.

6. Menguatkan Kandungan
Selain mengatasi rasa mual yang sering dialami ibu hamil, mengkonsumsi madu apel juga bermanfaat untuk memperkuat kandungan ibu hamil. Mengkonsumsi madu apel juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga membantu dalam mempersiapkan persalinan.

7. Mengatasi Maagh
Untuk mengatasi maagh pada masa kehamilan, anda dapat menggunakan kunyit segar dan temu putih lalu rebus kedua bahan tersebut dengan 500cc air hingga berubah menjadi setengahnya. Ambil air rebusan tersebut dan minum selagi hangat dengan menambahkan madu.

8. Madu Sebagai Sumber Kalori
Rasa manis madu berasal dari kandungan sukrosa yang menjadi salah satu jenis gula yang aman dikonsumsi dibandingkan dengan glukosa. Selain itu, madu juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks, vitamin B kompleks, serta kandungan zat besi yang mana mampu memenuhi kebutuhan nutrisi para ibu hamil.

9. Mengurangi Stress
Madu memiliki kandungan senyawa bernama tryptophan yang bekerja memicu kondisi tubuh memproduksi hormon serotonin. Senyawa tersebut bermanfaat memberikan efek menenangkan dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

Manfaat Madu Lainnya

  1. Madu yang dikonsumsi pada ibu hamil dapat dijadikan sebagai suplemen penambah tenaga dan ketahanan diri selama masa kehamilan dan menjelang masa kelahiran.
  2. Madu juga bermanfaat bagi ibu hamil untuk mencegah berbagai penyakit seperti kelelahan, darah tinggi, kencing manis, kencing kotor, hingga penyakit batuk, selesema, dan bermacam jenis penyakit lainnya.
  3. Madu memiliki kandungan antibiotik yang ampuh untuk membunuh kuman atau bakteri jahat dalam tubuh, hal inilah yang membuat madu dapat mencegah berbagai penyakit dalam tubuh ibu hamil.
  4. Madu memiliki kandungan zat galian yang bermanfaat baik untuk menguatkan janin dalam kandungan.
  5. Kandungan vitamin C pada madu bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit ibu hamil dan janin.
  6. Manfaat khusus dari mengkonsumsi madu bagi ibu hamil yaitu untuk membantu pertumbuhan fisik dan metal janin.
  7. Manfaat madu selanjutnya untuk ibu hamil adalah baik untuk membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan.
  8. Mengkonsumsi madu pada masa kehamilan juga bermanfaat untuk mencegah penyakit hepatitis B bagi janin.
  9. Madu juga memiliki peranan untuk membantu mengeluarkan cairan yang mungkin terminum bayi pada proses persalinan.
  10. Madu juga bermanfaat untuk membersihkan perut bayi dari berbagai macam kotoran yang menyebabkan penyakit perut.
  11. Ramuan madu dan telur bermanfaat baik untuk membantu membersihkan darah pasca melahirkan.
  12. Mengkonsumsi madu juga bermanfaat untuk mengatasi masalah sembelit pada ibu hamil maupun pasa melahirkan.

Kandungan Nutrisi Madu yang Baik Untuk Ibu Hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil juga dapat dirasakan berdasarkan kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Hal ini karena madu mengandung beberapa komponen mineral penting bagi tubuh. Berikut ini beberapa komponen nutrisi dalam madu yang bermanfaat bagi ibu hamil, antara lain:

  1. Natrium berguna untuk menjaga tekanan osmosis dalam sel tubuh manusia
  2. Kalsium Komponen ini penting dalam pembentukkan dan menjaga tulang dan gigi.
  3. Magnesium sekitar 1,2-3,5 mg dalam 100 gram madu. Sangat berguna dalam membentuk sel-sel yang baru.
  4. Zat Besi sekitar 0,06-1,5 mg dalam 100 gram madu. Fungsinya sebagai pengaturan hemoglobin didalam tubuh.
  5. Fosfor sekitar 1,9 – 6,3 mg dalam 100 gram madu. Fosfor berfungsi untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh.
  6. Mangan sekitar ,02-0,4 mg dalam 100 gram madu. Mangan berfungsi dalam mengontrol gula darah dan membantu metabolisme energi.
  7. Kalium, b Bermanfaat untuk mengatur keseimbangan muatan eletrolit dalam tubuh.
  8. Vitamin B1 atau Thiamin sekitar 0,1 mg dalam 100 gram madu. Vitamin B membantu dalam oksidasi untuk mendapatkan energi didalam tubuh.
  9. Vitamin B2 atau Riboflavin sekitar 0,02 mg dalam 100 gram madu. Vitamin ini sanagat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  10. Vitamin C atau Asam askorbat, Sebagai anti oksidan dan penangkal radikal bebas pada tubuh.
  11. Vitamin B6 atau piridoksin Kekurangan vitamin B6 menyebabkan keram pada otot dan insomnia.
  12. Niasin, sekitar 0,2 mg dalam 100 gram madu Asam pantotenat. Berfungsi dalam menurunkan kadar kolesterol.
  13. Vitamin B7 atau Biotin Berguna dalam memperlancar metabolisme tubuh dan menjaga kadar gula darah
  14. Vitamin B9 atau Asam folat Vitamin ini sangat diperlukan oleh bayi dalam pembentukkan sel-sel darah merah, jaringan, rambut dan perbaikan DNA
  15. Vitamin K atau Koagulasi Berfungsi untuk mencegah keguguran
  16. Enzim diastase Merupakan enzim untuk mengubah polisakarida menjadi monosakarida. Dari kompleks menjadi sederhana.
  17. Enzim invertase Merupakan enzim memecah gula sukrosa menjadi gula glukosa dan gula fruktosa
  18. Enzim glukosa oksidae Merupakan enzim yang membantu oksidasi glukosa mejadi asam peroksida
  19. Enzim peroksidae Melakukan proses oksidasi metabolisme.
  20. Enzim lipase Membantu dalam pemecahan struktur makanan yang akan dicerna.

Bahaya Madu Untuk Ibu Hamil

Selain memang bermanfaat untuk ibu hamil, mengkonsumsi madu secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping tersebut seperti:

  • Mengkonsumsi madu secara berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan akibat tingginya kandungan kalori pada madu.
  • Tingginya kandungan gula pada madu dapat menyebabkan kerusakan pada gigi seperti menyebabkan gigi berlubang dan erosi gigi.
  • Mengkonsumsi madu secara berlebihan juga dapat menyebabkan tubuh menjadi asam dan mempengaruhi pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan kram perut, diare, sembelit, dan kembung.
  • Madu juga dapat meningkatkan kadar gula darah serta memperburuk resistensi insulin, karena tubuh yang kelebihan fruktosa melebihi 25gram sehari tidak aman selama kehamilan.
  • Jumlah Madu Dikonsumsi
  • Ibu hamil hanya diperbolehkan mengkonsumsi 3 hingga 5 sendok makan madu yang berkisar 180 hingga 200 kalori. Dalam satu sendok madu mengandung sekitar 60kalori.

Saat mengkonsumsi madu, ibu hamil harus memperhatikan beberapa hal ketika mengkonsumsi madu. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Pilihlah jenis madu yang asli karena saat ini banyak jenis madu campuran dengan gula pasir.
  • Pilih jenis madu organik karena sudah pasti diproses dengan baik.
  • Jangan tambahkan madu dalam air panas karena dapat menghilangkan enzim yang sehat. Jadi lebih baik gunakan air hangat.
  • Jangan tambahkan madu dengan jenis makanan tinggi vitamin C atau vitamin D karena dapat merusak manfaat dari vitamin pada madu.
  • Hindari mencampurkan madu dengan dadih kacang karena dapat merusak manfaat dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Konsumsi Madu Bagi Ibu Hamil dan Kesehatan Janin  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.