Manfaat Konsumsi Air Lemon untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Konsumsi Air Lemon untuk Ibu Hamil – Tahukah anda jika mengkonsumsi air lemon juga bermanfaat untuk ibu hamil. Ibu hamil pasti memerlukan daya tahan tubuh extra yang penting untuk menjaga kesehatan tubuhnya dan kesehatan janin dalam kandungannya. Pada masa kehamilan, apapun jenis makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh untuk kesehatan anda dan kesehatan bayi. Selain itu, gizi yang dibutuhkan pada masa kehamilan juga akan berbeda dibanding sebelum hamil.

Buah-buahan berperan penting pada masa kehamilan. Hal ini dikarenakan buah-buahan kaya nutisi yang baik untuk janin. Namun adapula beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari pada masa kehamilan karena bisa memicu gangguan pada janin. Lalu bagaimana dengan buah lemon, apakah bisa dikonsumsi pada masa kehamilan? simak penjelasan artikel dibawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Lemon?

Aroma dan rasa buah lemon diketahui mampu mengatasi rasa ketidaknyamanan pada perut serta mengatasi morning sickness dan mual pada ibu hamil. Lalu? amankah ibu hamil mengkonsumsi lemon? Buah lemon dapat dikonsumsi bagi ibu hamil namun hindari mengkonsumsi secara berlebihan, dan dianjurkan untuk mengkonsumsi air lemon segar. Karena mengkonsumsi air lemon secara berlebihan dapat mempercepat proses detoksifikasi yang tidak aman bagi kesehatan ibu hamil.

Dalam satu buah lemon tanpa kulit mengandung 17 kalori dan mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral seperti niasin, kalsium, magnesium, asam folat, vitamin C, vitamin B6, dan riboflavin.

Manfaat Air Lemon untuk Ibu Hamil

Manfaat baik mengkonsumsi air lemon bisa didapatkan pada kehamilan trimester awal atau akhir, namun dengan mengkonsumsi air lemon dengan jumlah yang tidak terlalu banyak karena menyebabkan keluhan pada lambung sehingga membuatnya perih. Secara umum, berikut ini manfaat dari mengkonsumsi lemon bagi ibu hamil, antara lain:

Tinggi Vitamin C
Pada masa kehamilan, ibu membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi, salah satunya vitamin C. Lemon tinggi kandungan vitamin C yang bermanfaat bagi ibu hamil untuk menjaga ketahanan tubuh terhadap penyakit dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Sebagai Antioksidan
Lemon juga bermanfaat sebagai antioksidan, yaitu membersihkan racun dalam tubuh dan mencegah radikal bebas yang membahayakan ibu hamil. Selain lemon, anda juga disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya dan kebugarannya.

Mencegah Sembelit
Salah satu masalah yang sering terjadi pada masalah kehamilan adalah susah BAB dan sembelit. Masalah ini biasanya muncul pada usia kehamilan muda dan akan semakin parah pada usia kehamilan tua. Hal ini karena rahim menekan perut besar yang mengakibatkan ibu hamil mengalami sembelit. Salah satu cara untuk mengatasi sembelit adalah dengan mengkonsumsi air lemon secara teratur.

Mengatasi Kaki Bengkak
Masa kehamilan trimester akhir, biasanya dikeluhkan dengan kaki bengkak. Munculnya kaki bengkak biasanya akibat adanya penumpukkan cairan tubuh pada tempat yang lebih rendah. Untuk mengatasi hal ini anda dapat mengkonsumsi perasan lemon dan air hangat secara teratur.

Mengontrol Tekanan Darah
Ibu hamil juga sering mengalami gangguan tekanan darah tinggi. Untuk itu, ibu hamil harus segera melakukan cara untuk mengatasinya. Karena tekanan darah tinggi pada ibu hamil dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Terapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan sehat serta konsumsi air lemon untuk mengontrol tekanan darah.

Mengatasi Perut Kembung
Masalah yang sering muncul pada masa kehamilan selanjutnya yaitu perut begah dan terasa tidak nyaman. Segera atasi masalah perut begah dengan mengkonsumsi air jeruk lemon yang dicampur dengan air hangat.

Mencegah Dehidrasi
Ibu hamil membutuhkan cairan yang cukup dan tidak boleh kekurangan cairan. Ibu hamil yang mengalami dehidrasi akan beresiko menimbulkan beberapa kehamilan serius. Untuk itu ibu hamil disarankan untuk minum air putih yang cukup atau dengan mengkonsumsi minuma segar seperti jus lemon dan lainnya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Konsumsi air lemon dapat membantu mencegah berbagai masalah infeksi seperti batuk, flu, dan demam. Hal ini dikarenakan lemon mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan bakteri.

Mengatasi Morning Sickness
Menurut pendapat the American Pregnancy Association, lemon juga bermanfaat untuk mengatasi mual yang berhubungan dengan morning sickness. Lemon berperan mengatasi kelebihan cairan empedu dan lendir yang berkumpul disaluran pencernaan tubuh yang bermanfaat baik untuk mencegah terjadinya penyumbatan.

Ada banyak sekali manfaat jeruk lemon untuk ibu hamil, namun alangkah baiknya untuk terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi jeruk lemon. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari efek negatif atau efek samping bagi kesehatan dan kehamilan.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Konsumsi Air Lemon untuk Ibu Hamil   . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.