31 Manfaat Kentang untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Kentang untuk Kesehatan dan Kecantikan – Kentang adalah jenis tumbuhan umbi-umbian yang berasal dari Amerika, yang saat ini telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Pada negara asalnya, kenyang dijadikan sebagai makanan pokok bagi penduduknya. Jadi tidak heran jika kentang menjadi salah satu penghasil karbohidrat dan sumber energi.

Kandungan karbohidrat pada kentang juga sering dimanfaatkan sebagai menu diet bagi penderita diabetes. Selain karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan lainnya.

Kandungan Nutrisi Kentang

Dalam 100gr kentang memiliki kandungan meliputi :

Kalori 83 kalori
Air 78 gr
Karbohidrat 18 gr
Protein 2 gr
Lemak 0,1 gr
Vitamin C 16 mg
Vitamin B1 0,09mg
Vitamin B2 0,03mg
Vitamin B3 1,4 mg
Kalsium 11 mg
Fosfor 58 mg
Zat Besi 0,7 mg
serat 30 mg
Potassium 26%
Mangan 19%
Lemak Nabati
Fosfor

Dari kandungan yang ada dalam kentang, maka akan ada banyak manfaat yang penting untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kentang untuk kesehatan.

Manfaat Kentang untuk Kesehatan

  1. Mencegah Kanker
    Kentang memiliki kandungan vitamin B6 yang berkhasiat melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang dapat memicu kanker, seperti pada kanker prostat dan kanker rahim. Mengkonsumsi kentang secara rutin dengan cara memasak yang benar dapat memabntu mencegah tumbuhnya sel kanker.
  2. Mengurangi Kolesterol jahat
    Kentang memiliki kandungan potassium cukup tinggi yang bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Potassium berperan membantu mencegah penumpukan kolesterol dalam darah.
  3. Menjaga kesehatan tulang
    Kandungan zat besi pada kentang memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang. Selain zat besi, kandungan kalsium, fosfor, magnesium dan seng pada kentang merupakan kombinasi sempurna untuk membangun dan membentuk struktur kekuatan tulang.
  4. Menurunkan tekanan darah
    Tekanan darah dapat diatasi dengan mencukupi asupan kalium dalam tubuh. Kentang memiliki kandungan kalium, magnesium, dan kalsium yang menjadi kombinasi tepat untuk membantu menurunkan tekanan darah.
  5. Menjaga Kesehatan Jantung
    Kentang memiliki banyak kandungan zat yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan jantung, seperti serat, kalium, vitamin C dan Vitamin B-6. Kentang juga tidak memiliki kandungan kolesterol tinggi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  6. Menjaga kesehatan otak dan saraf
    Kentang tinggi akan kandungan vitamin B6 yang membantu kesehatan otak dan membantu proses transmisi yang dilakukan saraf.
  7. Membantu pembentukan sel tubuh
    Kentang memiliki kandungan vitamin B6 yang menjadi salah satu vitamin penting untuk melakukan proses reaksi kimia yang dibutuhkan dalam pembentukan sel dalam tubuh. Vitamin B6 dibutuhkan lebih dari 100 reaksi enzimatik, enzim sendiri adalah protein yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Sebagian besar protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Untuk itu vitamin B6 ini juga dibutuhkan untuk pembuatan sel sel baru dalam tubuh kita.
  8. Menjaga kesehatan gigi
    Biasanya dalam masa pemberian MPASI, banyak ibu memberikan kentang untuk bayi nya. Selain karena teksturnya yang lembut dan mudah dikonsumsi bayi. Kentang juga memiliki kandungan kalsium dan kalium yang bagus untuk menjaga kesehatan gigi bayi.
  9. Mengatasi Peradangan
    Terjadinya peradangan pada tenggorokan biasanya akibat terlalu sering mengkonsumsi makanan panas atau terlalu banyak mengandung minyak, sehingga menyebabkan tubuh mengalami panas dalam. Ssalah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi kentang. Kandungan zat besi dan vitamin dalm kentang bermanfaat menyerap panas dalam dan menyembuuhkan peradangan.
  10. Baik untuk saluran pencernaan
    Kentang memiliki tekstur lembut dan rasa tidak tajam sehingga aman dikonsumsi dan tidak melukai saluran pencernaan.
  11. Meredakan Stress
    Kentang mengandung vitamin B6 yang meredakan stress dalam pikiran. Ada baiknya anda juga mengonsumsi secara rutin, agar pikiran anda tetap terkendali dan hormon adrenalin bisa diperbaharui sehingga tubuh anda selalu rileks.
  12. Mengontrol Nafsu Makan
    Nafsu makan berlebih sangat tidak baik untuk tubuh karena dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit dalam tubuh. Kentang, memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang mendoorng anda untuk merasa lebih kenyang dan mengontrol nafsu makan dengan baik.
  13. Kaya Antioksidan
    Kandungan Vitamin C pada kentang berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah berbagai masalah kesehatan. Antioksidan sangat penting untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, melindungi kulit dari sinar UV, menjaga kesehatan kulit dan tubuh.
  14. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Tubuh memerlukan sistem kekebalan yang baik untuk terhindar dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Kentang memiliki vitamin C tinggi hingga 100 gram per umbi besar atau 20% sudah memenuhi kebutuhan harian individu. Sehingga imun akan terjaga dengan mengonsumsi kentang.
  15. Melancarkan Pencernaan
    Kentang memiliki kandungan serat sebesar 7% atau 2,5 gram dalam setiap nutrisi kentang 100 gram. Serat bermanfaat baik untuk melancarkan buang air besar dan melancarkan pencernaan. Namun, imbangi dengan sayuran hijau lainnya agar lebih lancar dalam pencernaan.
  16. Mencegah Nyeri
    Kentang memiliki kandungan vitamin P atau bioflavonoid, yang berperan mengurangi rasa nyeri akibat cidera atau nyeri karena olahraga.
  17. Baik untuk Penderita Herpes
    Kentang mengandung bioflavonoid yang mengobati bengkak atau respon dari kulit yang terjadi untuk penderita herpes. Kentang juga makanan yang bertekstur lembut dan rasanya enak.

Manfaat Kentang untuk Kecantikan

Kandungan vitamin C pada kentang memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan seperti mencerahkan dan menutrisi kulit. Selain itu, terdapat pula beberapa manfaat lain yang didapatkan dari kentang untuk kesehatan, antara lain :

  1. Mencerahkan dan Membersihkan Kulit
    Kandungan anti bakteri pada bermanfaat baik untuk membantu mencerahkan dan membersihkan kulit wajah. Kulit wajah yang bersih dari bakteri akan terhindar dari masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo, atau iritasi kulit. Cara perawatan kulit cerah dengan kentang adalah dengan menempelkan irisan kentang pada wajah dan berikan pijatan lembut selama 15-20 menit.
  2. Mengatasi Kulit Berjerawat
    Selain antibakteri, kentang juga memiliki kandungan sulfur yang baik untuk membasmi jerawat. Cara perawatan jerawat dengan kentang adalah dengan memotong kentang tipis-tipis kemudian letakkan pada area wajah yang berjerawat. Selain itu kentang juga membantu menenangkan kulit yang meradang akibat jerawat dan membantu mengempeskannya tanpa harus dipecah.
  3. Meratakan warna kulit wajah
    Biasanya warna kulit wajah tidak merata antara bagian dahi, dagu, bagian ujung bibir, sekitar mata, dan pada bagian rahang. Kentang bisa membantu Anda untuk meratakan warna kulit sehingga terlihat lebih sehat dan lebih cerah. Cara membuat masker kentang untuk meratakan warna kulit adalah dengan mencampur garam laut dengan air perasan jeruk lemon dan jus kentang (diparut kemudian diperas airnya). Kemudian diamkan selama 20 menit lalu bilas.
  4. Mengencangkan Kulit Wajah
    Usia yang semakin bertambah biasanya akan membuat kulit wajah mengendur, hal ini disebabkan akibat kolagen dalam kulit menurun. Kentang memiliki kandungan vitamin C yang dapat menutrisi kolagen pada kulit wajah. Cara membuat masker kentang adalah dengan mencampur jus kentang atau parutan kentang dengan madu yang sudah lama dikenal sebagai bahan alami untuk mengencangkan kulit dan membantu mengecilkan pori-pori. Gunakan sebagai masker kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.
  5. Mencegah Penuaan Dini
    Jika tidak dirawat dengan baik, semakin bertambahnya usia akan semakin membuat wajah terlihat menurun. Kentang sebagai agen antioksidan yang kaya akan Vitamin C bisa membantu kulit untuk bertahan dari serangan penuaan dini. Anda bisa menggunakan resep masker kentang di atas untuk mendapatkan efek kulit yang lebih lembut, lebih cerah, dan ternutrisi dengan baik sehingga penuaan dini bisa dihindari dan Anda bisa terlihat awet muda meski usia akan selalu terus bertambah.
  6. Mengangkat sel kulit mati
    Sel kulit mati bisa menjadi penyebab wajah kehilangan cahaya. Kentang dapat anda gunakan sebagai scrub yang bermanfaat baik untuk mengangkat sel0sel kulit mati tersebut. Gunakan masker kentang setiap hari selama 10 menit dengan teratur yang bisa membantu menghilangkan sel kulit mati sekaligus membuatnya tampak sehat secara alami.
  7. Memutihkan kulit wajah
    Kentang memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit salah satunya adalah memutihkan kulit wajah. Cara perawatan untuk memutihkan wajah adalah dengan Haluskan kentang dengan memarut atau menggunakan blender sampai benar-benar halus. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda juga bisa menambahkan perasan air lemon atau jeruk nipis. Terapkan ke wajah anda hingga merata dan tunggu kira-kira 20-30 menit. Jika sudah selesai bilas wajah anda sampai bersih.
  8. Mengatasi kulit berminyak
    Kulit berminyak dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Kentang dapat dijadikan sebagai masker untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah sehingga wajah terhindar dari masalah komedo dan jerawat.
  9. Menghaluskan kulit wajah
  10. Mengatasi mata lelah
    Sama seperti mentimun, kentang juga bermanfaat untuk membantu mengatasi mata lelah seperti bengkak akibat kelelahan atau akibat begadang. Caranya yaitu dengan menempelkan irisan kentang pada mata yang bertujuan untuk mendinginkan mata
  11. Menghilangkan kantung mata
  12. Mengatasi kulit terbakar
    Kulit terbakar biasanya sering dialami oleh mereka yang sering terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama yang ditandai dengan rasa perih atau hitam pada permukaan kulit. Masker kentang dapat anda manfaatkan untuk mengurangi rasa panas akinat kulit terbakar.
  13. Menyamarkan Bintik Hitam
    Manfaat masker kentang selanjutnya adalah untuk membantu menyamarkan bintik-bintik hitam diwajah yang biasanya timbul akibat sering berada dibawah sinar matahari atau bekas jerawat. Melakukan perawatan dengan masker kentang secara rutin efektif membantu menyamarkan bintik bintik hitam pada wajah.
  14. Mengatasi rambut rontok
    Kerontokan ternyata bisa dicegah oleh kentang. Karena kandungan vitamin A, B6 dan C serta potassium bisa mengatasi kerontokan yang ada pada rambut. Campurkan kentang dengan air jeruk lemon dan oleskan pada rambut.

Kentang memang bermanfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Namun cara penyajiannya juga harus diperhatikan, karena dengan pengolahan yang salah bisa menyebabkan nutrisi terbakar yang tidak sempat dinikmati oleh tubuh. Pada umumnya kentang disajikan dengan cara direbus, hal ini untuk menjaga manfaat dan nutrisi yang ada didalamnya agar tidak hilang. Jika digoreng atau dibakar malah akan memberikan efek negatif pada tubuh yaitu penumpukan koloesterol dari hasil penggorengan tersebut.

Sedangkan untuk kecantikan, untuk mendapatkan manfaat kentang dalam perawatan wajah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut:

  • Irisan Kentang
    Irisan kentang dapat dimanfaatkan untuk kompres di area mata. Hanya dengan mengupas kentang terlebih dahulu, kemudian iris kentang tipis-tipis. Kentang siap digunakan sebagai kompres.
  • Kentang Yang Dihaluskan
    Dengan menggunakan blender, kentang dapat dihaluskan dan dimanfaatkan untuk masker wajah. Bisa dicampur dengan beberapa bahan lain sebagai pelengkap seperti putih telur, atau dengan madu, bisa juga dengan lemon maupun minyak zaitun. Campuran ini akan memberikan manfaat yang berbeda terhadap kulit wajah.
  • Kentang Yang Diparut
    Parutan kentang yang masih agak kasar dapat dimanfaatkan sebagai scrub untuk wajah maupun kulit tubuh.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Kentang untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..