45 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan Terbukti Efektif Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Posted on

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan  – Kayu manis dalam bahasa latin disebut Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum adalah jenis pohon penghasil rempah-rempah beraroma, manis dan pedas yang biasa digunakan untuk bahan bumbu masakan atau untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan. Kayu manis berasal dari kulit batang dan dahan yang kulit olahannya banyak digunakan dalam industri makanan, minuman, farmasi, kosmetik dan rokok.

Kayu manis memiliki kandungan kimia seperti minyak asiri, safrole, sinamaldehida, tanin, flavonoid, saponin, dammar, kalsiumoksalat, triterpenoid, antiseptik, sinamaldehida, sinamilasetat, salisaldehida, asam sinamat, asam benzoat, asam salisilat, eugenol dan metalisalisaldehida.

Kayu manis memiliki warna kulit cokelat, jika dikeringkan akan menggulung dan berbentuk tabung seperti pena. Kayu manis memiliki banyak jenis didunia yaitu sekitar jenism dan 12 jenis diantranya banyak dimanfaatkan dalam beberapa jenis pengolahan.

Jenis Kayu Manis

1. Cinnamomun Burmannii
Cinnamomun Burmannii adalah jenis kayu manis asli Indonesia yang dikenal dengan nama Casia Vera, Kaneel cassia, atau padang kaneel. Kayu manis jenis ini memiliki kandungan minyak astiri paling rendah sehingga memiliki nilai jual yang lebih murah.

2. Cinnamomun Aromaticum
Cinnamomun Aromaticum adalah jenis kayu manis yang banyak ditemukan di Bangladesh, Cina, India dan Vietnam. Dalam dunia perdagangan, jenis ini disebut dengan Cassia, Chinnese Cinnamon dan Chinese Kaneel. Kayu manis jenis ini memiliki tekstur lebih tebal dan kasar serta memiliki aroma yang lebih keras.

3. Cinnamomun cullilawan
Cinnamomun cullilawan jenis kayu manis yang sering dikenal dengan naman salakat atau salakar (ambon) atau tejo (laut seram). Kayu manis jenis ini banyak tumbuh liar dan berwarna putih, sedangkan rasanya seperti Sassafras Amerika. Cinnamomun cullilawan memiliki daun agak licin dan aromanya mirip daun cengkeh.

4. Cinnamomun Zeylanicum
Kayu manis jenis Cinnamomun Zeylanicum berasal dari sri lanka, yang dikenal dengan cinnamon tres. Kayu manis ini memliki tekstur lebih tipis dan halus serta memiliki aroma lebih lembut, serta memiliki warna cokelat kekuningan dan bau lebih wangi.

Manfaat Kayu Manis 

Dari banyaknya kandungan yang ada didalam kayu manis sudah dipastikan banyak pula manfaat yang didapatkan. Manfaat yang didapatkan dari kayu manis antara lain:

Khasiat kayu manis menurut Ahli

Manfaat kayu manis menurut Prof Hembing Wijayakusuma
Prof Hembing Wijayakusuma menyebutkan kayu manis bermanfaat untuk mengobati

  1. asam urat,
  2. tekanan darah tinggi,
  3. maag,
  4. sakit kepala,
  5. muntah-muntah,
  6. kurang nafsu makan,
  7. diare, perut kembung,
  8. sariawan,
  9. diabetes militus,
  10. asma,
  11. susah buang air besar, dan
  12. hernia.

Manfaat kayu manis menurut Rismunandan dan Paimin
Menurut Rismunandan dan Paimin dalam studinya menyebutkan semua bagain dari kayu manis bermanfaat seperti bagian kulit batang, daun, dan akar kayu manis dapat bermanfaat sebagai

  1. obat antirematik,
  2. istomachica (meningkatkan nafsu makan),
  3. peluruh kentut (karminatif),
  4. menghilangkan sakit (analgesik), dan
  5. peluruh keringat (diaphoretik).

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

1. Kayu manis untuk kontrol gula darah
Kandungan antioksidan pada kayu manis berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Kayu manis membantu melancarkan proses pencernaan dan memperbaiki respon insulin pada penderita diabetes tipe 2. 1 gram kayu manis dipercaya ampuh untuk membantu menurunkan tekanan gula darah, trigloserida, kolesterol dan bermanfaat baik untuk kesehatan jantung.

2. Sebagai anti infeksi
Kayu manis terbukti memiliki kandungan anti infeksi alami yang membantu menghilangkan jenis bakteri H.Pylori yang menyebabkan penyakit magh atau jenis penyakit akibat bakteri.

3. Meningkatkan fungsi otak
Menghirup aroma kayu manis membantu meningkatkan aktivitas yang terjadi pada otak. Aroma kayu manis membantu melancarkan proses kognitif seseorang untuk membuat konsentrasi menjadi lebih fokus, sehingga daya ingat lebih tinggi dan bisa membantu meningkatkan kecepatan bekerja dibidang progam komputer.

4. Menurunkan kolesterol
Kayu manis mengandung kalsium, serat dan mineral seperti mangan yang cocok untuk mengatasi masalah pencernaan, melindungi usus, menurunkan kolesterol jahat dan menecegah serangan jantung.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Berdasarkan penelitian dari University of Texas menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

6. Mencegah dan mengatasi flu
Pada pengobatan tradisional China, kayu manis digunakan untuk mengatasi demam dan flu karena kayu manis mengandung zat yang dapat membuat tubuh merasa lebih hangat dan nyaman.

7. Mencegah penggumpalan darah
Minyak yang dihasilkan dari kayu manis bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah. Kayu manis mengeluarkan asam lemak anti peradangan yang disebut dengan arachidonic yang berfungsi mengurangi peradangan dan penggumpalan darah.

8. Meringankan sakit rematik
Manfaat selanjutnya dari kayu manis adalah untuk mengurangi rasa sakit akibat penyakit rematik. Kayu manis bekerja mengurani sitikon atau protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis yang menyebabkan rematik.

9. Mengobati borok dan bisul
Batang kayu manis mengandung senyawa yang mampu melawan virus H.Pylori yaitu patogen penyebab penyakit bisul dan borok. Senyawa antioksidan yang ada juga bermanfaat mempercepat penyembuhan pada borok dan bisul.

10. Sumber nutrisi
Kayu manis mengandung mengandung serat, kalsium dan zat besi meskipun dengan jumlah kecil. Namun kandungan tersebut mencukupi nutrisi harian untuk tubuh jika dikonsumsi dalam takaran yang pas.

11. Menyuburkan kandungan
Kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde, yaitu senyawa yang bermanfaat meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan testoteron, sifat inilah yang menyeimbangkan hormon reproduksi sehingga dapat menyuburkan kandungan pada wanita.

12. Melancarkan Haid
Dikatakan bahwa kayu manis dapat menyeimbangkan hormon reproduksi, hal tersebut juga akan berdampak untuk melancarkan siklus haid wanita.

13. Menangani masalah neuro degenerative
Kayu manis mengandung sitokin dalam jumlah yang cukup. Dalam penelitian dari Jounal University Of Texas menyebutkan bahwa ekstrak batang kayu manis dapat menangani masalah neuro degeneratif, termasuk alzheimer, parkinson, multiple sclerosis, tumor otak dan meningitis.

14. Melawan virus HIV
Manfaat kayu manis yang masih jarang diketahui adalah mampu melawan virus HIV. Berdasarkan Jounal University Of Texas menyebutkan bahwa ekstrak kayu manis paling efektif terhadar HIV-1 dan HIV-2.

15. Menyehatkan Jantung
Dikatakan bahwa kayu manis mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, karena peredaran darah menjadi lancar sudah pasti akan berdampak baik untuk kesehatan jantung. Kayu manis juga dapat mencegah terjadinya jantung koroner. Sifat anti-inflamasi pada kayu manis juga efektif untuk mencegah infeksi dan kerusakan pada pembuluh darah jantung.

Manfaat lainnya dari kayu manis antara lain

  1. Melancarkan dan menyehatkan pembuluh darah
  2. Meredakan batuk
  3. Mengatasi radang tenggorokan
  4. Mengobati Diare
  5. Menurunkan berat badan
  6. Menyembuhkan magh
  7. Membersihkan gigi
  8. Menghilangkan flek hitam pada wajah
  9. Mengatasi jerawat
  10. Mengurangi rasa mual dan muntah
  11. Merileksasi pikiran
  12. Mengobati sariawan
  13. Menurunkan tekanan darah

Penggunaan kayu manis oleh masyarakat Indonesia sudah banyak dilakukan, namun dari berbagai macam manfaat yang yang diberikan oleh kayu manis, sedikit orang yang mengetahui pula efek samping yang terjadi akibat cara mengkonsumsi kayu manis yang tidak tepat.

Setiap obat tentu memiliki efek samping jika dikonsumsi kurang tepat, seperti penggunaan kayu manis yang berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti merasa mengantuk sepanjang hari, hingga overdosis hingga merusak organ tubuh karena kesalahan dosis yang diberikan.

Perlu diingat, takaran yang pas dari mengkonsumsi kayu manis adalah tidak lebih dari 5 gram atau setengah sendok teh setiap harinya.

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.