Foods rich in calcium such as sardines, bean, dried figs, almonds, cottage cheese, hazelnuts, parsley leaves, blue poppy seed, broccoli, italian cabbage, cheese; Shutterstock ID 366258458

22 Manfaat Kalsium untuk Tulang dan Kesehatan Bagi Tubuh

Posted on

Manfaat Kalsium untuk Tulang dan Kesehatan Bagi Tubuh – Kalsium memiliki peranan penting dalam tubuh manusia yang sering dikaitkan dengan masalah kesehatan tulang, hal ini karena kalsium merupakan komponen utama pembentukan tulang.

Pasokan kalsium dalam tubuh akan terus hilang melalui rambut, kulit, kuku, keringat, urin dan tinja. Jika kebutuhan kasium tidak tercukupi dan segera digantikan maka tubuh akan mengambil kalsium dari dalam tulang untuk menjalankan fungsi tubuh lainnya.

Tubuh tidak memproduksi kalsium sendiri, sehingga tubuh membutuhkan makanan tinggi kalsium untuk memenuhi kebuuhan kalsium dalam tubuh. Berikut adalah jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya, antara lain:

  • Anak-anak usia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 500 mg kalsium setiap harinya
  • Anak-anak usia 4-8 tahun membutuhkan sekitar 800 mg kalsium setiap harinya
  • Remaja usia 9-18 tahun membutuhkan sekitar 1.300 mg kalsium setiap harinya
  • Orang dewasa yang berusia antara 19-50 tahun membutuhkan sekitar 1.000 mg kalsium setiap harinya
  • Orang dewasa yang berusia 51 tahun atau lebih membutuhkan sekitar 1.200 mg kalsium setiap harinya

Kalsium sendiri umumnya terkandung dalam susu, kentang, rumput laun dan kedelai. Berikut ini manfaat yang diberikan kalsium untuk tubuh, antara lain:

Manfaat Kalsium Dalam Tubuh

1. Kalsium Menguatkan Tulang dan Gigi
Manfaat kalsium yang paling banyak dikenal adalah untuk membantu menguatkan kesehatan tulang dan gigi. Kalsium membantu meningkatkan dan memperbaiki massa tulang yang berkurang akibat bertambahnya usia. Selain itu, kalsium juga memfasilitasi pergerakan nutrisi untuk melintasi membran sel. Asupan kalsium juga membantu mengurangi sakit punggik karena juga dapat membantu memperkuat tulang punggung.

2. Kalsium Membantu Tekanan Darah
Kalsium membantu mengontrol tekanan darah yang normal serta membantu kontraksi otot dan kerja syaraf. Dengan demikian akan memungkinkan jantung dan pembuluh darah untuk dapat melakukan fungsinya secara efektif.

3. Kalsium Membantu Petumbuhan
Kalsium bermanfaat juga untuk membantu tubuh kembang anak sehingga menjadi tinggi. Untuk mendapatkan manfaat ini dengan kalsium biasanya kita dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi susu. Karena salah satu manfaat susu adalah untuk membantu pertumbuhan tulang menjadi lebih cepat.

4. Kalsium Mencegah Pengeroposan Tulang
Tubuh yang tercukupi asupan kalsium dapat membantu mencegah pengeroposan tulang. Konsumsi kalsium dan vitamin D yang adekuat dapat meningkatkan massa tulang dengan cukup signifikan, baik pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan orang dewasa muda, serta membantu mengurangi hilangnya tulang saat proses penuaan dimulai.

5. Kalsium Membantu Mempercepat Pembekuan Darah
Manfaat kalsium lainnya yaitu untuk membantu mempercepat pembekuan darah pada anggota tubuh yang terluka.

6. Kalsium Membakar Lemak
Kalsium juga memiliki peran yang penting untuk pengaturan berat badan, hal ini karena kalsium memiliki sifat yang dapat menekan nafsu makan.

7. Kalsium Melindungi Otot Jantung
Manfaat kalsium lainnya dalam tubuh adalah untuk membantu pergerakan otot jantung dan pergerakan secara benar.

8. Kalsium Mencegah Kanker Usus
Asupan kalsium yang tercukupi dalam tubuh bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari perkembangan sel kanker pada usus.

9. Kalsium Membantu Menurunkan Berat Badan
Studi menunjukkan bahwa kalsium juga berperan untuk mencegah peningkatan berat badan karena dapat memicu pembaran lemak lebih banyak dalam tubuh sehingga berdampak dengan penurunan berat badan.

10. Kalsium Mengatasi Gejala PMS
Wanita yang dalam tubuhnya tidak tercukupi asupan kalsium dan vitamin D, berdampak hormon yang ebrguna untuk mengatur kadar kalsium di dalam tubuh akan bereaksi negatif terhadap estrogen dan progesteron dan memicu terjadinya berbagai gejala sindrom pre menstrual. Oleh sebab itu wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi 1.000 mg kalsium dan 1.000-2.000 unit vitamin D setiap harinya.

Manfaat Kalsium Lainnya:

  1. Kalsium Mencegah Kanker
  2. Kalsium Membantu Menjaga Kesehatan Jantung
  3. Kalsium Mempengaruhi Interaski Gizi
  4. Kalsium Menjaga kestabilan berat badan
  5. Kalsium Mencegah Batu Ginjal
  6. Kalsium Membantu Perjalanan Nutrisi
  7. Kalsium Mencegah Tekanan Darah Tinggi
  8. Kalsium Melindungi diri Dari Serangan Virus
  9. Kalsium Melancarkan kerja Otak
  10. Kalsium Membantu Proses Pembuahan
  11. Kalsium mengurangi Kram pada Kehamilan
  12. Kalsium Memperoduksi enzim

Sumber Kalsium

  • Olahan susu: seperti keju dan yogurt.
  • Aneka seafood: kerang, kepiting dan udang
  • Sayur berdaun hijau: Brokoli, sayur bayam, sawi hijau dst.
  • Kacang-kacangan termasuk kacang almond
  • Olahan kedelai: Susu kedelai, tahu, tempe
  • Beberapa jenis ikan: Sarden, salmon dan Ikan teri
  • Makanan lain: jamur, sum-sum tulang, telur dan buah jeruk

Meskipun penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan sumber kalsium dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi kalsium sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Kalsium untuk Tulang dan Kesehatan Bagi Tubuh . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.