36 Manfaat Kacang Hijau Untuk Berbagai Macam Kesehatan Berdasarkan Nutrisi Didalamnya

Posted on

Manfaat Kacang Hijau Untuk Berbagai Macam Kesehatan  – Kacang hijau dalam istilah disebut Vigna Radiata adalah jenis tanaman palawaija yang masuk dalam suku polong-polongan (Fabaceae) memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan yang memiliki protein nabati tinggi.

Kacang hijau sering dimanfaatkan untuk berbagai macam sajian kuliner hingga masakan, seperti sebagai bahan dasar pembuatan tauge, bahan membuat kue seperti isian bakpia, onder-onde, sereal untuk anak, dibuat bubur dan berbagai macam olahan lainnya.

Kacang hijau memiliki kandungan protein cukup tinggi yang menjadi sumber mineral penting dalam tubuh seperti kalsium dan fosfor. Kacang hijau juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yaitu 73% asam lemak tak jenuh dan 27% lemak jenuh. Kacang hijau juga mengandung vitamin B kompleks seperti vitamin B1 (tiamin) dan B2 (riboflavin), niacin, dan asam amino.

Manfaat Kacang Hijau

Banyaknya kandungan nutrisi pada kacang hijau berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut in beberapa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi kacang hijau, antara lain :

1. Vitamin A
Kacang hijau tinggi kandungan vitamin A yang memiliki sifat anti-oksidan untuk membantu menurunkan kolesterol, mengatasi penyakit jantung, serta penyakit kanker. Vitamin A juga ampuh untuk melindungi tubuh dari serangan radikal oksigen yang diturunkan bebas dan spesies oksigen reaktif yang berperan dalam penuaan dini.

2. Vitamin B6
Kacang hijau memiliki sejumlah kandungan vitamin B seperti vitamin B6-(pyridoxine), tiamin (vitamin B-1), dan vitamin-C. Tubuh yang tercukupi asupan vitamin berguna untuk mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan merangkal radikal bebas.

3. Vitamin B1 dan B2
Manfaat kacang hijau juga sebagai sumber vitamin B1 dan B2, yang mengoptimalkan penyerapan protein untuk mencegah kecacatan pada saraf janin dan pertumbuhan janin itu sendiri.

4. Vitamin C
Kacang hijau memiliki kadnungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin tersebut berfungsi membatnu luka serta membantu mencegah penyakit kanker. Vitamin C juga memiliki sifat anti-oksidan yang berguna untuk membantu mengurangi resiko terkena serangan ebrbagai macam penyakit.

5. Vitamin K
Kacang hijau juga memiliki kandungan nutrisi vitamin C yang memiliki peran untuk kesehatan seperti mempercepat pertumbuhan, merangsang pembekuan darah dan mencegah kehilangan banyak darah saat terkena luka. Vitamin juga meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh dan meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Vitamin K juga membantu mencegah resiko terserang osteoporosis .

6. Serat
Kacang hijau memiliki kandungan serat 9% per 100gram-nya. Serat berperan sebagai pencahar dan melindungi selaput lendir dalam usus besar. Serat dalam jumlah yang cukup terbukti ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan membantu mengatasi masalah pencernaan.

7. Zat Karotenoid
Kandungan Karotenoid dan Zeaxanthin memiliki manfaat penting seperti zat yang selektif diserap kedalam makula lute retina mata sebagai penyaring sinar UV.

8. Mangan
Mangan menjadi salah satu senyawa yang penting bagi tubuh. Dalam kacang hijau, mangan berfungsi utnuk mengurangi tanda-tanda pengeroposan tulang dan membantu proses penyerapan nutrisi dalam tubuh.

9. Silicon
Kacang hijau juga memiliki kandungan silicon yaitu jenis kandungan mineral yang membantu meningkatkan kesehatan jaringan ikat serta kekuatan tulang.

10. Mineral Essensial
Kacang hijau mengandung berbagai macam mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, mangan, dan kalium, yang sangat penting untuk metabolisme tubuh.

11. Rendah Karbohidrat
Dalam 100gram kacang hijau mengandung 19gr karbohidrat, sehingga sangat baik untuk program diet serta pembentukan tubuh atau muscle building.

12. Rendah Kalori
Dalam 100 gram kacang hijau mentaj mengandung 31 kalori, sehingga cocok untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, kacang hijau dapat membantu mengisi kebutuhan kalori sehat dalam tubuh.

13. Asam folat
Kacang hijau memiliki kandungan asam folat yang memiliki manfaat bagi ibu hamil. Asam folat berperan untuk mengembangkan sistem syaraf dan menjaga kerusakan atau cacat pada janin.

14. Kalsium
Kandungan kalsium pada kacang hijau penting untuk menguatkan tulang, baik untuk perkembangan tulang bayi dalam kandungan serta mambantu menguatkan tulang ibu hamil.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kecantikan

Kandungan nutrisi pada kacang hijau juga dibutuhkan untuk kebutuhan kulit seperti baik untuk wajah. Beberapa manfaat yang didapatkan dari penggunaan kacang hijau untuk kecantikan antara lain :

1. Menghaluskan kulit wajah
Kacang hijau memiliki banyak sumber vitamin seperti kandungan vitamin E. Vitamin E merupakan senyawa yang sangat berkhasiat untuk kesehatan kulit. Vitamin E ampuh untuk mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit menjadi tampak lebih bersih dan halus.

2. Mengencangkan kulit wajah
Vitamin E pada kacang hijau mampu untuk mengatasi kerutan pada kulit wajah secara alami, sehingga membuat kulit menjadi terasa lebih kencang dan mencegah penuaan dini.

3. Mengatasi komedo dan jerawat
Kacang hijau memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antibakteri yang juga ampuh untuk membantu membunuh bakteri dan kuman penyebab komedo dan jerawat. Vitamin C nya juga berfungsi untuk memacu regenerasi sel kulit secara optimal.

4. Menjaga elastisitas kulit
Kandungan protein pada kacang hijau bermanfaat untuk membantu kolagen dalam tubuh sehingga akan menjadikan elastisitas kulit pada wajah menjadi lebih terjaga.

5. Menyejukkan kulit wajah
Manfaat selanjutnya dari kacang hijau untuk kecantikan adalah ampuh untuk detoksifikasi racun pada kulit wajah. Kacang hijau juga berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit wajah akan terjaga.

6. Mengatasi minyak berlebihan
Produksi minyak berlebih pada wajah menyebabkan munculnya berbagai masalah seperti komedo, jerawat, menyebabkan kulit kusam dan kotor.

7. Mengangkat kotoran pada pori-pori dan sel kulit mati
Kotoran yang tertimbun dalam wajah akan menjadikan wajah menjadi tampak kusam, berjerawat dan terlihat tidak menarik. Untuk mengatasi hal ini anda dappat menggunakan kacang hijau untuk membantu mengangkat kotoran pada pori-pori dan meregenerasi sel kulit mati.

Untuk melakukan perawatan, anda cukup gunakan masker kacang hijau untuk wajah. Cara membuat masker kacang hijau adalah dengan, Cuci dan rendam kacang hijau hingga sedikit mengembang, lalu keringkan dan blender hingga menjadi bubuk halus. Setelah itu gunakan seperlunya bubuk kacang hijau untuk dibuat masker dengan menambahkan beberapa bahan lainnya seperti madu, jeruk nipis, minyak zaitun atau yoghurt. Aduk hingga menjadi pasta lalu gunakan sebagai masker untuk wajah.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesuburan

Selain bermanfaat untuk kecantikan, kacang hijau juga bermanfaat untuk membantu kesuburan pria dan wanita. Beberapa manfaat kacang hijau untuk membantu kesuburan antara lain untuk :

1. Menyehatkan sel darah merah
Kacang hijau mengandung zat besi yang menjadi sumber mineral yang penting untuk membantu sel-sel darah merah berkembang dan menjadi lebih sehat. Sel darah merah yang sehat memiliki pengaruh yang besar bagi kesuburan.

2. Mengurangi peradangan
Peradangan tidka hanya terjadi pada tenggorokan atau perut, tapi terjadi juga pada daerah panggul yang menyebabkan tingkat kesuburan wanita menjadi berkurang. Rutin konsumsi kacang hijau untuk membantu mengembalikan kesuburan dan menyembuhkan atau mengurangi peradangan pada bagian daerah panggul.

3. Menyehatkan Reproduksi
Kandungan protein pada kacang hijau memiliki peran menyehatkan proses reproduksi pada wanita. Protein juga berguna untuk menyeimbangkan proses reproduksi sehingga bekerja secara stabil.

4. Menjaga kesuburan
Kesuburan akan terjaga dengan baik jika banyak mengkonsumsi zat besi yang mengandung banyak mineral. Nutrisi yang ada pada kacang hijau dapat anda jadikan sebagai alternatif untuk menjaga kesuburan anda. Selain menjaga kesuburan, zat besi juga akan menjaga kekebalan tubuh dengan baik.

5. Memelihara Plasenta
Plasenta dibutuhkan bagi kesuburan wanita yang berfungsi untuk menjaga rahim. Sangat penting bagi wanita untuk rutin mengkonsumi kacang hijau.

6. Menjaga kesuburan wanita pada masa kehamilan
Mengkonsumsi kaang hijau juga berfungsi untuk menjaga kesuburan wanita pada masa kehamilan, hal tersebut akan berefek pada perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam kandungan. Nutrisi asam lemak omega-3 pada kacang hijau juga bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

7. Melancarkan aliran darah ke rahim
Darah sangat dibutuhkan pada rahim, karena aliran darah yang cukup menuju ke rahim dapat membantu pada pembentukan dinding rahim sehingga dinding rahim menjadi lebih kokoh. Kandungan omega-3 pada kacang hijau membantu pembentukan pembangunan dinding pada rahim, sehingga dinding rahim menjadi lebih kuat.

8. Mengatur hormon reproduksi dengan baik
Untuk anda yang menginginkan cepat memiliki keturunan, cobalah untuk mengkonsumi kacang hijau karena kacang hijau memiliki kandungan omega-3 yang bermanfaat meningkatkan hormon reproduksi. Jika hormon reproduksi berjalan dengan baik maka proses produksi membuat keturunan akan lebih mudah.

9. Melancarkan siklus menstruasi
Sangat penting untuk wanita mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3 karena sangat penting untuk membantu menormalkan siklus menstruasi. Manfaatkan kacang hijau untuk membantu menormalkan siklus menstruasi.

10. Meningkatkan telur lendir serviks putih
Saat berhubungan badan, sangat penting meningkatkan telur lendir serviks putih pada daerah kesuburan wanita karena lendir tersebut dapat membantu sperma lebih cepat sampai pada sel telur sehingga pembuahan akan cepat terjadi.

11. Menekan Ovulasi
Kandungan omega-3 pada kacang hijau juga berfungsi untuk menekan ovulasi sehingga dapat menunjang kesuburan bagi wanita.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Diet

Manfaat yang didapatkan dari konsumsi kacang hijau selanjutnya adalah untuk diet. Kacang hijau tinggi kandungan protein yang baik untuk dikonsumsi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari konsumsi kacang hijau untuk diet.

1. Melancarkan pencernaan
Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat sedang melakukan diet karena akan membantu organ pencernaan mencerna makanan lebih baik dan membuat berat badan turun karena proses pembuangan sisa makanan dalam tubuh menjadi lancar dan tidak menumpuk didalam tubuh.

2. Menurunkan berat badan
Serat tinggi ini akan membantu orang menahan lapar karena serat tinggi mampu untuk membuat orang kenyang lebih lama. Hal ini tentu akan menekan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga diet bisa berjalan dengan lancar. Selain itu kacang hijau juga memiliki kadar lemak yang sehat dan mampu mengurangi kolesterol dalam darah.

3. Menjaga metabolisme dan pembentukan sel-sel tubuh
Ketika diet, biasanya anda akan melakukan kegiatan yang lebih menguras energi sehingga tubuh kekurangan asupan energi. Cara untuk tetap menjaga kondisi tubuh tetap tercukupi nutrisi dan energi, konsumsi kacang hijau secara rutin. Selain mencukupi nutrisi dan energi, kacang hijau juga bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel dalam tubuh.

4. Membantu penyerapan nutrisi
Kecambah kacang hijau memiliki enzim-enzim yang membantu penyerapan nutrisi pada tubuh sehingga orang yang sedang diet akan tetap mendapatkan nutrisi yang cukup walau asupan makanan berkurang. Selain itu mencegah adanya penumpukan kotoran pada lambung dan usus.

Dari banyaknya manfaat yang didapatkan dari kacang hijau, tidak heran jika saat ini banyak produk kesehatan, kecantikan hingga minuma menggunakan kacang hijau menjadi bahan dasarnya. Konsumsi kacang hijau secara rutin untuk mendapatkan berbagai manfaatnya.

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.