47 Manfaat Kacang Almond untuk Kecantikan dan Kesehatan Terbukti Ampuh Mengatasi Berbagai Macam Penyakit

Posted on

Manfaat Kacang Almond untuk Kecantikan dan Kesehatan¬† –¬†Kacang almond atau prunus dulcis adalah tanaman jenis kelompok biji-bijian yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Prunus dulcis bukanlah tumbuhan kacang-kacangan, melainkan tanaman biji-bijian yang terdiri dari kulit luar yang diselubungi dengan cangkang keras.

Almond memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti kandungan protein, magnesium, serat, zat besi, kalium, kalsium, zinc,omega-9, omega-3, omega-6, asam palmiat, potassium, vitamin E, fosfor,lemak nabati, lemak tak jenuh, biotin, fenilalanin, seng, tembaga, dan kaya vitamin E. Almond juga mengandung 15% karbohidrat yang terdiri dari 12% serat makanan, 6,3% gula, serta 0,7% pati.

Manfaat Kacang Almond

Banyaknya kandungan senyawa yang dimiliki oleh kacang almond, sudah pasti banyak sekali manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsinya. Beberapa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi kacang almond adalah sebagai berikut :

Manfaat kacang almond untuk kesehatan

1. Meningkatkan energi
Kacang almond mengandung nutrisi yang dapat menghasilkan energi untuk tubuh seperti kandungan protein, mangan, tembaga dan ribovlafin (vitamin B12). Mengkonsumsi kacang almond secara teratur sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan energi dalma tubuh.

2. Meningkatkan stamina pria
Kandungan senyawa arginin pada kacang almond memiliki peran penting untuk membantu meningkatkan libido pria. Dengan teratur mengkonsumsi kacang almond akan efektif dalam mendukung kesehatan sistem reproduksi pria.

3. Meningkatkan hormone testosterone
Biasanya pada pria yang berusia diatas 30 tahun akan mengalami penurunan hormone testosterone. Untuk mengatasinya anda dapat secara rutin mengkonsumsi kacang almond, karena kacang almong kaya akan kandungan nutrisi seperti kalium, zinc, kalsium, mangan dan vitamin E.

4. Menurunkan kolesterol jahat
Kacang almond dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) didalam tubuh. Kandungan lemak tak jenuh pada kacang almond membantu meningkatkan HDL dan menurunkan LDL. Konsumsi secara rutin kacang almond agar kadar HDL dalam dara meningkat dan bermanfaat baik untuk kesehatan dan perkembangan sistem saraf.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat selanjutnya dari kacang almond adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kacang almond memiliki kandungan selenium, zinc dan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

6. Mengkontrol Diabetes
Meskipun memiliki kandungan gula, kacang almond juga bermanfaat untuk mengkontrol kadar gula dalam tubuh. Kandungan lemak tak jenuh, serat dan mineral pada kacang almond dapat mengolah glukosa secara cepat. Dengan rutin mengkonsumsi kacang almond 100gr sebelum sarapan dapat mempertahankan kadar gula dalam tubuh tetap stabil dan terhindar dari diabetes.

7. Menjaga jantung
Konsumsi kacang almond secara rutin akan membantu menurukan kadar LDL sehingga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain karena dapat menurunkan LDL, kacang almond memiliki kandungan lemak omega-3 yang berguna untuk kesehatan jantung.

8. Menjaga tulang
Kacang almond merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan kalsium terbaik. Karena kandungan kalsium pada kacang almond didukung oleh beberapa kandungan mineral penting seperti mangan, kalium dan protein, sehingga sanagt efektif untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

9. Menjaga berat badan
Kacang almong memiliki banyak kandungan kalori namun kandungan kalori didalamnya efektif untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini karena kalori pada kacang almond mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak mengakibatkan kenaikan berat badan.

10. Meningkatkan kerja otak
Otak merupakan sistem syaraf pusat yang ada didalam tubuh yang jika sistem tersbut terganggu maka sistem dibawahnya akan ikut terganggu. Untuk menjaga sistem syaraf tetap bekerja dan berjalan dengan baik, konsumsi kacang almond secara rutin karena kandungan vitamin E pada kacang almong berfungsi untuk mencegah penurunan kognitif didalam otak, meningkatkan kewaspadaan memori otak, serta meningkatkan kapasitas memori otak.

11. Mencegah kecacatan pada janin
Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang almond setiap harinya. Kandungan asam folat pada kacang almond memiliki peran yang sama dengan susu hamil. Asam folat bermanfaat bagi tumbuh kembang janin didalam kandungan dan pertumbuhan sel jaringan didalam tubuh bayi.

12. Mengobati maagh
Manfaat selanjutnya dari kacang almond adalah untuk mengatasi masalah pencernaan seperti penyakit maagh. Kacang almond memiliki kandungan minyak yang bermanfaat menurunkan kadar asam lampung didalam lambung.

13. Melancarkan peredaran darah
Manfaat lain dari kacang almond adalah untuk membantu melancarkan peredaran darah, karena kacang almond memiliki nutrisi magnesium yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah didalam pembuluh darah diseluruh tubuh.

14. Mengurangi Asma
Untuk anda penderita penyakit Asma, segera konsumsi kacang almond untuk mencegah asma kambuh. Karena kacang almond memiliki kandungan asam lemak omegar-3 yang bermanfaat untuk meredakan gejala asma.

15. Mengatasi peradangan
Peradangan dapat teratasi dengan mengkonsumsi kacang almong. Karena kandungan asam lemak omega-3 pada kacang almong dapat bermanfaat untuk mengatasi migrain dan arthritis.

16. Mengurangi nyeri sendi
Radang sendi dapat mengakibatkan rasa ngilu dan nyeri pada bagian persendian. Untuk mengatasi radang persendian, konsumsi kacang almond karena kacang almons mengandung asam lemak omega-9 yang bermanfaat meredakan radang sendi.

17. Mencegah gangguan metabolisme
Sistem metabolisme yang menurun akan menyebabkan gangguan kelenjar tiroid. Kandungan mangan pada kacang almond bermanfaat membuat kelenjar tiroid bekerja secara maksimal sehingga sistem metabolisme dalam tubuh menjadi lancar dan tidak terganggu.

18. Mencegah kerusakan sel
Kandungan antioksidan yang tinggi pada kacang almond memiliki manfaat untuk membantu mencegah kerusakan pada jaringan sel dalam tubuh.

Manfaat kacang almond untuk kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kacang almond juga bermanfaat untuk kecantikan, biasanya banyak orang menggunakan minyak almond untuk melakukan perawatan kecantikan. Perawatan kecantikan yang menggunakan minyak almond biasanya meliputi :

1. Membuat kulit sehat
Rutin mengkonsumsi kacang almond juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti

  1. mengatasi kulit kering,
  2. mengatasi kulit bersisik,
  3. mengatasi kulit kusam
  4. Kacang almond mengandung Vitamin E yang bermanfaat meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit.
  5. Vitamin E kacang almond tersebut dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.
  6. Mengkonsumsi kacang almond sangat bermanfaat bagi kulit bahkan juka teratur mengonsumsinya akan membuat kulit jadi awet muda.

2. Mengkonsumsi almond secara teratur dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti

  1. jerawat,
  2. flek hitam,
  3. kulit berminyak,
  4. komedo dan
  5. kanker kulit.

3. Menjadikan Rambut Sehat
Berbagai masalah kesehatan rambut seperti rambut rontok, rambut rapuh dan kulit kepala gatal dapat dicegah dengan kacang almond. Kandungan kacang almon yang bermanfaat bagi kesehatan rambuh diantaranya:

  1. Vitamin E untuk menyehatkan rambut
  2. Biotin untuk mencegah rambut rontok
  3. Mangan untuk menyehatkan kulit kepala dan menghindari gatal
  4. Tembaga untuk menyehatkan jaringan rambut
  5. Asam lemak esensial untuk menjaga kesehatan dan menghindarkan dari rambut rontok
  6. Zinc untuk memperbaharui sel rambut kulit kepala sehingga membuat rambut tumbuh subur

4. Minyak almond mengandung mineral dan asam lemak esensial yang baik untuk kulit, minyak tersebut bermanfaat untuk menghaluskan kulit.
5. Kandungan vitamin E pada kacang almond bermanfaat utnuk melembabkan kulit
6. Minyak almond berfungsi juga untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada tubuh sehingga membuat kulit tampah lebih cerah.
7. Kandungan vitamin E pada minyak almond bermanfaat untuk menmbantu menghilangkan lingkar mata panda
8. Campuran minyak almond dan madu berkhasiat untuk menghilangkan mata bengkak
9. Mengoleskan minyak almond pada bibir secara rutin sebelum tidur dapat membuat bibir menjadi merah merona
10. Untuk menebalkan alis anda juga dapat mengoleskan minyak almond secara rutin pada alis mata
11. Menggunakan minyak almond sebagai maskara berkhasiat untuk melebatkan dan memanjangkan bulu mata
12. Kandungan vitamin E pada minyak almond sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan dan Kecantikan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.