Manfaat Jus Buah Plum Hitam dan Buah Plum Merah untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Posted on

Manfaat Buah Plum untuk Ibu Hamil – Buah plum adalah jenis buah-buahan kecil kaya nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya yaitu baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk menunjang kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan. Namun sebelum membahas tentang manfaat buah plum bagi ibu hamil, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu jenis-jenis buah plum yang sering kita jumpai.

Ada dua jenis buah plum yang sering kita lihat, yaitu jenis plum merah dan plum hitam, serta plum kering yang telah diolah sebelumnya menjadi kering.

Buah plum aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena didalamnya memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin C, tembaga, kalium, Serat makanan, vitamin A, K1, seluruh kelompok vitamin B, besi,mangan dan magnesium.

Manfaat Jus Buah Plum untuk Ibu Hamil

Agar lebih nikmat, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah plum dengan cara dijadikan jus. Berikut ini beberapa manfaat jus buah plum untuk ibu hamil.

Tinggi Vitamin
Plum memiliki banyak kandungan vitamin seperti Vitamin A, Vitamin C, juga Vitamin K. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan sel tubuh, vitamin C untuk meningkatkan kesehatan sel tubuh, vitamin K bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah.

Kandungan Asam Folat
Asam folat menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu pertumbuhan otak, pertumbuhan sumsum tulang belakang dan sistem saraf pada janin.

Menyehatkan Tulang Janin
Buah plum juga baik untuk meningkatkan proses pertumbuhan tulang janin dalam kandungan, karena buah plum tinggi kandungan kalsium.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Tingginya kandungan vitamin C pada buah plum bermanfaat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Hal ini penting diperhatikan, karena sistem metabolisme tubuh ibu hamil harus selalu baik agar terhindar dari berbagai infeksi virus penyakit.

Mencegah Sembelit
Buah plum tinggi serat yang sangat baik untuk mencegah terjadinya sembelit. Apalagi bagi ibu hamil yang sering mengalami masalah sembelit pada masa kehamilan.

Menghidrasi Tubuh
Umumnya ibu hamil rentang sekali terhadap dehidrasi, dengan mengkonsumsi jus plum bermanfaat baik untuk menghidrasi tubuh ibu hamil serta menyehatkan ibu hamil karena kandungan vitamin didalamnya.

Menyehatkan Pencernaan
Buah plum tinggi kandungan serat yang bermanfaat baik untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Hal ini baik untuk ibu hamil yang sering mengalami masalah kesehatan pencernaan pada masa kehamilan.

Meningkatkan Memori Otak
Buah plum, khususnya plum hitam mengandung tinggi antioksidan yang bermanfaat baik untuk membantu memperbarui sel tubuh yang rusak yang mempengaruhii memori otak.

Mencegah dan Mengatasi Anemia
Ibu hamil biasanya akan rentang terkena anemia, sedangkan buah plum tinggi vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan penyerapan besi dalam organ pencernaan.

Meningkatkan Penyerapan Zat Besi
Buah plum tinggi kandungan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan serta membantu mencegah terjadinya anemia , infeksi, flu, menjaga kesehatan kulit, wajah, rambut dll.

Kandungan Nutrisi

Dalam 100 gram buah plum segar mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan, beberapa nutrisi tersebut adalah :

46 kcal-kalori
42g-karbohidrat
70g-Protein
28g-lemak
40g-serat
5 – folat
417mg-niasin
135mg-Asam Pantotenat
029mg-Pyridoxine
026mg-Riboflavin
028mg-Tiamin
IU 345 Vitamin A
5 mg Vitamin C
26 mg-Vitamin E
4g Vitamin K
1mg-natrium
157mg-kalium
6mg-kalsium
057mg-tembaga
17mg-besi
7mg-Magnesium
052mg-mangan
16mg-fosfor
0g-Selenium
10mg-seng

Itulah penjelasan tentang Manfaat Buah Plum untuk Ibu Hamil dan Janin  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.