31 Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil – Jamu kunyit asam adalah jamu atau ramuan tradisional yang terbuat dari rempah-rempah yang berasal dari asia tenggara yang paling mudah dibuat sendiri dan relatif aman untuk penggunaan sehari-hari. Bukan hanya bermanfaat bagi wanita, jamu kunyit asam juga bisa dikonsumsi oleh pria.

Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

Sedangkan asam mengandung polisakarida non-pati (serat alami), tiamin, zat besi, magnesium, dan fosfor, niasin, kalsium, vitamin C, tembaga, piridoksin, fitokimia yang mencakup limonin, geraniol (antioksidan alami dengan wangi seperti mawar), safrole, asam sinamat, metil salisilat (sebagai zat anti-iritasi), pirazin, dan alkylthiazola.

Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil

1. Sebagai detoksifikasi tubuh
Jamu kunyit asam bermanfaat sebagai penawar racun dan membuang racun yang mengendap dalam tubuh akibat penggunaan obat-obatan kimia secara berlebihan dan jangka panjang.

2. Dapat mempertahankan berat badan
Bagi yang tidak mau bertambah gemuk maka, maka bisa minum jamu kunyit asam secara teratur. Nutrisi yang ada pada kunyit mampu menekan rasa lapar untuk waktu yang cukup lama sehingga bisa melangsingkan tubuh tapi sedikitpun tidak mengurangi kesehatan.

3. Menyembuhkan peradangan pada tenggorokan
Sakit tenggorokan merupakan salah indikasi terkena masuk angin dan panas dalam. Jamu kunyit asam mampu mengusir masuk angin dan menyembuhkan sakit pada tenggorokan dengan cepat. Minum ramuan kunyit asam secara rutin 2 kali sehari.

4. Menyembuhkan luka bakar
Kunyit mengandung zat anti peradangan yang bisa mempercepat pengeringan dan penyembuhan luka bakar dan mencegah peradangan.

5. Menyembuhkan perih akibat paparan ultraviolet
Berada dibawah sinar matahari dalam waktu yang lama bisa menyebabkan iritasi dan rasa terbakar pada kulit. Jika tidak segera diatasi maka akan terjadi peradangan. Salah satu caranya yaitu dengan rajin minum jamu kunyit asam. Nutrisi kunyit asam bisa melindungi kulit dari rasa terbakar dan bisa meningkatkan sel-sel darah menjadi lebih sehat dan aktif untuk menangkal efek buruk matahari.

6. Membuat siklus haid menjadi teratur
Pada wanita yang minum jamu kunyit asam saat akan memasuki masa haid maka ketika haid datang tubuhnya akan tetap bugar dan tidak mudah lelah. Haid yang keluar, teratur dan lancar tanpa menimbulkan rasa nyeri pada perut atau rasa pegal-pegal di seluruh tubuh.

7. Membuat kulit menjadi lebih bercahaya
Rajin minum jamu kunyit asam bisa menjadikan kulit semakin bercahaya, halus dan terbebas dari penyakit kulit. Kandungan vitamin C dan seratnya mampu mempertahankan kesehatan kolagen dan minyak alami yang ada dibawah kulit sehingga kulit akan nampak selalu lembab dan terhindar dari dehidrasi.

8. Menghilangkan bau badan tidak sedap
Kandungan zat atsiri pada manfaat jamu kunyit asam bisa mengharumkan badan dan mengontrol keringat yang bercampur dengan bakteri penyebab bau badan tidak sedap. Zat kimia atsirinya mampu mengikat keringat berlebih agar tidak keluar dan membunuh bakteri penyebab bau yang tidak sedap.

9. Menyembuhkan mata yang terlalu sensitif terhadap cahaya
Sebagian orang memiliki mata yang sangat sensitif dalam menangkap cahaya dan merasa tidak nyaman untuk memfokuskan diri dalam berinteraksi dengan apa yang dilihatnya. Kandungan vitamin A pada kunyit mampu memperbaiki retina mata dalam menangkap cahaya dan mengurangi sensitifitasnya.

10. Menyembuhkan pembengkakan pada selaput lendir mulut
Pembengkakan pada rongga mulut terutama selaput lendir mulut bisa menyebabkan peradangan yang menimbulkan masalah kesehatan lain seperti bau mulut. Mengalami peradangan dan penimbunan makanan disela gigi yang mengakibatkan pembusukan dan pemunculan bakteri. Manfaat kunyit bersifat anti radang dan inflamasi mampu mengobati peradangan sekitar rongga mulut dengan cepat.

11. Sebagai anti aging (obat awet muda)
Kunyit memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan zat lain yang mampu memperbaiki kerusakan kulit dan meningkatkan jaringan kolagen menjadi lebih sehat. Semakin rajin dan teratur mengkonsumsi jamu kunyit asam maka seseorang tidak akan mengalami kerutan halus dan wajah terlihat awet muda.

12. Mengecilkan perut buncit
Vitamin C dan zat senyawa lain yang ada pada jamu kunyit asam termasuk zat asamnya mampu melunturkan dan mempercepat proses penghancuran lemak dalam tubuh. Apabila diimbangi dengan olahraga yang teratur mata perut yang buncit akan segera langsing dan kecil.

13, Menjaga stamina tetap bugar
Rajin minum jemu kunyit asam bisa menyegarkan mental dan menjaga stamina tubuh agar tetap terjaga dan tidak mudah kelelahan agar selalu berkonsentrasi tinggi meski berada pada kesibukan rutinitas yang membutuhkan energi lebih.

14. Sebagai anti peradangan yang parah
Pada luka terbuka yang mengalami pendarahan, pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah membersihkan dan memberi obat anti infeksi pada luka lalu melakukan pembalutan luka agar tidak mengalami pendarahan lagi. Dibanding harus minum anti biotik berbahan kimia lebih baik minum jamu kunyit asam sesering mungkin hingga luka sembuh.

15. Dapat membersihan lambung
Zat atsiri pada kunyit asam mampu membersihkan lambung dari segala macam bakteri dan sisa hasil pencernaan serta gas yang dihasilkan makanan. Sisa makanan akan diproses menjadi feses.

16. Dapat mencegah penggumpalan darah
Jamu kunyit asam bisa melancarkan aliran darah dan oksigen ke seluruh pembuluh darah dan jaringan tubuh lain. Darah akan selalu harum dan bersih karena mendapat proses penyegaran dari zat mineral yang dimiliki kunyit.

17. Dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara
Kandungan pada jamu kunyit asam bisa menghambat proses perkembangan sel kanker agar tidak tumbuh pada daerah lain.

18. Mencegah keputihan pada wanita
Zat mineral dan zat atsiri pada kunyit mampu mengharumkan darah haid dan mengurangi bau amisnya, sedangkan asam bermanfaat membersihkan darah haid yang masih tersisa dalam saluran kewanitaan. Sehingga mampu mencegah keputihan sebelum dan sesudah haid berhenti karena kunyit mampu menyeimbangakan hormon wanita ketika haid tiba.

19. Mencegah penyakit diabetes
Senyawa kimia pada kunyit dan asam dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menyeimbangkan kembali apabila kadar gula mulai naik. Minum jamu kunyit asam secara teratur bisa mengontrol darah dalam darah setiap waktu agar tubuh terhindar dari penyakit diabetes.

20. Menyembuhkan penyakit tifus
Jika terdapat gejala tipus maka segera konsumsi jamu kunyit asam secara teratur agar gejala tipus segera sembuh dan tubuh kembali sehat sehingga penyakit tipus tidak terlanjur parah.

21. Mencegah penyakit lupa (Alzheimer)
Senyawa kimia aktif pada kunyit dapat memperbaiki sel sel otak dan melancarkan dan memperkuat pembuluh darah sekitar otak dan membuat otak lebih baik dalam menerima respon dan sinyal yang diberikan oleh tubuh.

22. Menyembuhkan penyakit kulit
Senyawa atsiri dapat mengurangi rasa gatal di seluruh tubuh dan mencegah bakteri atau jamur menetap pada permukaan kulit dan menjadi penyakit kulit seperti kudis, kurap atau ruam ruam.

23. Mengatasi diare
Senyawa atsiri mampu mengentalkan cairan dan memperlambat feses sehingga mampu mencegah dan mengobati diare. Proses pengerasan feses bisa terjadi jika seseorang rajin mengkonsumsi jamu kunyit asam pada malan hari sebelum tidur.

24. Dapat melancarkan ASI
Jamu kunyit asam sangat bermanfaat memproduksi ASI agar lebih melimpah dan meningkatkan kualitas ASI sehingga nutrisi yang ada didalamnya bisa mempengaruhi pertumbuhan bayi agar selalu dalam kondisi terbaiknya setiap waktu.

25. Dapat menyembuhkan penyakit amandel
Rasa nyeri dan mengganjal amandel yang membesar dapat mengganggu kenyamanan ketika menelan makanan. Untuk mengempiskan amandel maka minumlah jamu kunyit asam secara teratur 2 kali sehari pagi dan menjelang tidur malam.

26. Dapat mengobati anemia
Seseorang yang kekurangan darah atau terserang anemia akan selalu terlihat lesu, pucat dan tidak bergairah. Untuk mengembalikan vitalitas tubuh, jamu kunyit asam bisa dikonsumsi setiap hari karena zat besi pada kunyit mampu meningkatkan sel darah merah.

27. Mengobati sariawan
Zat atsiri pada kunyit bertindak sebagai pereda rasa nyeri dan penyembuh luka sariawan. Rongga mulut akan terlindungi dari serangan bakteri penyebab bau mulut.

28. Menyembuhkan penyakit maag
Orang yang menderita maag dan lambung sensitif pada rasa asam sebaiknya rajin memgkonsumsi jamu kunyit asam agar perut terasa nyaman dan kondisi asam lambung alami selalu dalam keadaan stabil.

29. Menyembuhkan perut kembung
Minum jamu kunyit asam setiap hari secara rutin pagi atau sore hari atau sesering mungkin dapat membantu menyembuhkan perut kembung yang biasa identik dengan gejala masuk angin dan panas dalam.

30. Mempercepat proses persalinan ibu hamil
Kandungan nutrisi pada kunyit dapat melancarkan peredaran darah sekitar rahim serta mengkuatkan panggul sehingga saat proses persalinan tiba, ibu tidak mengalami kesulitan dan tidak merasakan rasa nyeri yang berkepanjangan.

31. Meredakan sakit akibat irritable bowel syndrom
Irritable bowel syndrom (IBS) adalah kondisi penyakit yang menyebabkan kontraksi usus jadi tidak normal, sehingga memengaruhi kerja usus besar di sistem pencernaan. Manfaat kunyit akan bertindak sebagai obat alami yang mengurangi gerakan otot yang abnormal. Dengan kandungan vitamin, mineral dan bahan kimia baik lainnya, kunyit dapat meredakan sakit yang mengakibatkan diare jika kontraksinya berlebihan.

Itulah penjelasan tentang 31 Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.