50 Manfaat Ikan Makarel untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Ikan Makarel untuk Kesehatan – Ikan makarel adalah julukan untuk sekelompok ikan keluarga dari Scombridae. Ikan jenis ini mencakup jenis ikan tenggiri dan ikan kembung. Ikan makarel adalah salah satu jenis ikan berminyak yang baik untuk menu diet sehat anda. Ikan makarel memiliki bentuk seperti torpedo yang biasa ditemukan pada perairan sedang dan tropis yang sangat dalam.

Mackerel kaya dengan vitamin dan mineral. Sehingga baik untuk mengisi nutrisi harian. Makarel kaya kandungan minyak esensial, vitamin dan mineral. Selain itu kandungan Asam lemak seperti omega-3 dan omega-6-nya juga sangat tinggi. Kandungan vitamin yang lengkap seperti vitamin A, B6, B12, C, D, E, dan K. Berbagai mineral termasuk kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, selenium, zinc, dan tembaga, serta kandungan protein dan antioksidan Coenzyme Q10.

Beberapa manfaat dari ikan makarel antara lain:

Manfaat Ikan Makarel

1. Anti-Karsinogenik
Kandungan antioksidan Coenzyme Q10 pada ikan makarel memiliki khasiat untuk membantu menghilangkan agen kanker dari sel-sel penderita kanker. Selain itu kandungan asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah kanker payudara, prostat, ginjal, dan usus besar.

2. Meningkatkan Kekebalan tubuh
Ikan makarel mampu membentengi sistem kekebalan tubuh, hal ini karena ikan makarel mendukung fungsi organ yang dilemahkan oleh penyakit. Seperti kandungan asam lemak omega 3 yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi yang membantu pengelolaan arthritis dan menurunkan risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung. Sedangkan Coenzyme Q10 melindungi sel dari kerusakan yang meningkatkan risiko kanker, meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi, serta baik sebagai menu diet bagi mereka yang baru sembuh dari sakit dan menjalani berbagai perawatan.

3. Menjaga Sistem Kardiovaskular
Kandungan minyak pada ikan makarel sebagai diet yang berguna untuk memperbaiki kondisi darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan asam lemak esensial pada ikan makarel berperan membantu mengencerkan darah dan meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, mencegah penumpukan kolesterol dalam darah, mencegah penyempitan arteri, mengurangi kadar kolesterol jahat, dan menjaga kadar kolesterol baik.

Keunggulan kandungan minyak esensial pada ikan makarel adalah membuat pembuluh darah lebih elastis sebagai cleaner (pembersih) darah, mengurangi risiko serangan jantung, dan penyakit jantung koroner. Sedangkan kandungan kalsiumnya bermanfaat untuk menormalkan detak jantung dan mengatur tekanan darah.

4. Pembangunan Otak dan Syaraf
Kandungan asam lemak omega3 pada ikan makarel memiliki peran dalam fungsi kognitif dan perilaku juga meningkatkan memori dan kerja otak, Serta mencegah resiko penyakit alzheimer.

Asam lemak esensial juga berperan untuk mencegah masalah pada sistem syaraf pusat, memfasilitasi transmisi impuls saraf yang efisien, pencegahan depresi dan demensia.

5. Mencegah kanker paru-paru
Masalah penyakit paru-paru dapat dicegah dengan mengkonsumsi ikan makarel, hal ini karena dalam ikam makarel memiliki kandungan vitamin E yang dapat menghambat terbentuknya sel kanker paru-paru dalam tubuh.

6. Menurunkan Resiko Diabetes
Ikan makarel memiliki banyak kandungan lemak sehat, seperti asam lemak tak bosan tunggal (MUFA) yang memiliki peran dalam pencegahan serta mengkontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Mengkonsumsi ikan makarel secara rutin tidak hanya menurunkan resiko diabetes, namun menurunkan lemak visceral yang tertimbun dalam perut.

7. Menurunkan Kolesterol jahat
Kandungan asam lemak omega pada ikan makarel memiliki peran untuk membantu menurunkan kolesterol tingi dalam darah serta membantu pertumbuhan sel-sel penting pada anak.

8. Mengandung Fosfor
Tubuh yang kekurangan fosfor akan mengakibatkan tulang dan gigi menjadi rapuh serta dapat memunculkan penyakit rakitis. Ikan makarel memiliki kandungan fosfor yang penting untuk mecegah masalah kerapuhan tulang dan gigi.

9. Mengandung Omega 3
Kandungan omega 3 pada ikan makarel berfungsi untuk menangkal aterosklerosis, mengayomi jantung, menurunkan kadar trigliserida di dalam darah, menurunkan kadar kolesterol di dalam hati dan jantung, serta mencerdaskan otak.

10. Mempercepat pembekuan darah
Sering mengkonsumsi ikan makarel berkhasiat untuk mempercepat pembekuan darah jika terjadi luka atau pendarahan pada tubuh. Hal ini berperan penting untuk menyembuhkan luka dengan cepat.

11. Menyehatkan Gigi
Asupan vitamin D pada ikan makarel berkhasiat untuk menambah penyerapan kalsium dan fosfor agar menyehatkan gigi dan terhindar dari pengeroposan.

12. Mencegah munculnya plak pada arteri
Tumpukan plak pada arteri dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Ikan makarel memiliki omega 3 yang berkhasiat untuk mencegah munculnya plak pada arteri. Untuk itu rutin mengkonsumsi ikan makarel sangat baik untuk kesehatan jantung.

13. Meningkatkan Stamina
Seseorang yang menderita Anemia biasanya sering mengalami keletihan sepanjang hari dan merasa lemah. Mengkonsumsi ikan makarel secara rutin dapat menutrisi dan meningkatkan stamina tubuh.

14. Mengobati Kaki Bengkak
Kaki bengkak biasanya disebabkan karena edema atau kekurangan nutrisi penting dalam tubuh. Mengkonsumsi ikan makarel berperan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh yang baik untuk mengatasi bengkak kaki.

15. Menjaga Kelembaban Kulit
Ikan makarel tinggi nutrisi asam lemka omega 3 yang juga berperan untuk mempertahan kelembaban kulit, mengencangkan kulit dan mencerahkan kulit.

Manfaat Lainnya dari Ikan Makarel

  1. Mencegah pengeroposan tulang
  2. Meningkatkan kerentanan terhadap infeksi
  3. Mempercepat penyembuhan luka
  4. Meningkatkan kecerdasan otak
  5. Mencegah penyakit alzheimer
  6. Mencegah peradangan sendi
  7. Menyeimbangkan tingkat keasaman darah
  8. Mengatasi Wasir
  9. Mengatasi Flu
  10. Melancarkan peredaran darah
  11. Menjaga kesehatan mata
  12. Mencegah radang tenggorokan
  13. Mencegah kanker leher rahim
  14. Mengatasi insomnia
  15. Mencegah kerontokan rambut
  16. Mencegah Pendarahan Akar Gigi
  17. Melenturkan Otot
  18. Mengatasi sakit kepala
  19. Mengatasi depresi
  20. Mencegah Obesitas
  21. Mengurangi tanda penuaan
  22. Mengobati reumatik
  23. Mencegah Penyakit Jantung
  24. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
  25. Meningkatkan Mood
  26. Mengurangi Gejala Bronkhitis
  27. Mempercepat Pengeringan Luka
  28. Mengobati Batuk
  29. Meringankan hipertensi
  30. Meningkatkan kadar kolesterol baik
  31. Menciptakan sel-sel darah merah
  32. Membantu sel melawan karsinogen
  33. Menurunkan kolesterol buruk
  34. Memperkuat sistem saraf
  35. Menormalisasi pencernaan

Saat ini ikan makarel sudah banyak yang dikemas dalam kalengan. Namun ada baiknya anda mengkonsumsi ikan makarel segar agar kandungan nutrisi didalamnya masih lengkap.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Ikan Makarel untuk Kesehatan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.