Manfaat Ikan Kembung untuk Kesehatan, Lebih Bergizi Dibandingkan dengan Ikan Salmon

Posted on

Manfaat Ikan Kembung untuk Kesehatan –  Ikan kembung menjadi salah satu jenis ikan laut yang sering dimanfaatkan sebagai komoditas makanan yang biasa dijual dalam keadaan masih segar. Ikan kembung merupakan sumber gizi yang penting bagi tubuh seperti kandungan mineral dan vitamin. Selain itu, ikan kembung juga tinggi asam lemak omega 3 dan omega 6 yang penting untuk menjaga fungsi tubuh . Omega 3 dan omega 6 tidak diproduksi dalam tubuh melainkan didapatkan melalui sumber makanan terutama dari ikan.

Ikan kembung memiliki lebih banyak omega 3 dibandingkan dengan ikan salmon. Omega 3 adalah jenis asam lemak tidka jenuh ganda yang sangat penting bagi tubuh. Omega 3 juga mampu memperbaiki kadar lemak dalam tubuh sehingga akan terhindar dari penyakit jantung koroner. Menurut Dr. Ir. Diah M Utari, M.Kes, ahli gizi dari FKM UI menyatakan bahwa ikan kembung mengandung 2,6 g omega 3 sedangkan salmon hanya 1,4 g.

Dalam 100 gram ikan kembung segar terkandung nutrisi:

  • Fosfor: 200 mg
  • Vitamin A: 30 SI
  • Vitamin B1: 0,05 mg
  • Kalori: 103 kal
  • Protein: 22 g
  • Kalsium: 20 mg
  • Lemak: 1 g
  • Besi: 1 mg
  • VRS (Volatile Reducing Substance): 54 mg

Manfaat Ikan Kembung untuk Kesehatan

Menurunkan Berat Badan
Ikan kembung mengandung omega 3 yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa dengan mengkonsumsi ikan kembung dapat mengatur metabolisme tubuh. Dengan demikian, jika anda rutin melakukan olahraga secara teratur dengan diimbangi mengkonsumsi ikan kembung, kombinasi tersebut dapat membantu menurunkan lemak dalam perut secara signifikan, juga membantu mengurangi gula darah bagi orang dengan berat badan berlebih.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Ikan kembung memiliki kandungan antiinflamasi dalam asam lemak omega 3 yang mendukung sistem kekebalan tubuh manusia. Ketika imunitas bertambah maka tubuh akan semakin kuat melawan serangan penyakit. Karena itulah mengkonsumsi ikan kembung baik untuk mempercepat proses penyembuhan pasca sakit.

Menurunkan Kolesterol Tubuh
Kandungan omega 3 pada ikan kembung juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh manusia.

Mencegah Hipertensi
Mengkonsumsi ikan kembung secara rutin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menstabilkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalium yang tinggi pada ikan kembung yang membantu menormalkan tekanan darah, serta menurunkan risiko sakit pada tubuh akibat kekurangan kalium.

Mengurangi Risiko Diabetes
Ikan kembung memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal atau MUFA yang dapat memberikan manfaat untuk mengurangi risiko penyakit diabetes. Mengkonsumsi ikan kembung secara rutin dapat membantu mengatur kadar gula dan mengurangi lemak visceral dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung
Manfaat selanjutnya yang didapatkan dari mengkonsumsi ikan kembung adalah mencegah risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan ikan kembung memiliki kandungan rendah lemak jenuh. Karena itulah dengan rutin mengkonsumsi ikan kembung dapat membantu menurunkan risiko komplikasi jantung.

Meminimalisir Risiko Kanker Payudara
Ikan kembung memiliki kandungan asam lemak esensial yang bermanfaat untuk membantu meminimalisir risiko terkena kanker payudara.

Mendorong Pertumbuhan Otot
Ikan kembung juga memiliki manfaat untuk memicu pertumbuhan sel-sel otot sehingga lebih besar dan menjadi lebih kencang. Hal ini disebabkan kandungan protein pada ikan kembung mengandung hormon pertumbuhan.

Antidepresan
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ikan kembung juga dapat menjadi antidepresan. Seseorang yang gemar mengkonsumsi lemak omega 3 berresiko rendah terkena gangguan depresi. Hal ini karena adanya kandungan Docosahexaenonic acid (DHA), ikan kembung bisa menurunkan kemungkinan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Mencegah Rematik
Ikan kembung memiliki kandungan senyawa anti inflamasi yang dapat membantu mencegah rematik dan mengurangi rasa sakit bagi pemiliki rematik (Rheumatoid arthritis).

Melancarkan Peredaran Darah
Agar suplai oksigen dan nutrisi lancar keseluruh tubuh maka peredaran darah manusia harus lancar. Untuk melancarkan peredaran darah seseorang harus rajin olahraga dan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi seperti mengkonsumsi ikan kembung.

Mengontrol Kadar Trigliserida
Rutin mengkonsumsi ikan kembung juga baik untuk mengontrol kadar tirigliserida tetap stabil karena mampu menghancurkan lemak-lemak trigliserida yang berlebihan atau tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Ikan Kembung untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.