26 Manfaat Ikan Gindara untuk Kesehatan, Menu Diet dan Bayi yang Jarang Diketahui

Posted on

Manfaat Ikan Gindara  – Ikan gindara adalah salah satu jenis ikan yang belum familiar di telinga kita. Ikan gindara memiliki bentuk mirip dengan ikan tongkol dengan hidup di alam bebas dan mampu mencapai berat hingga 50kg lebih per ekor. Jenis ikan gindara lebih sering dikenal dengan sebutan ikan setan, karena ikan gindara memiliki warna dan bentuk yang terkesan menyeramkan dengan sisik berwarna hitam dan tajam. Di manca negara sendiri ikan gindara dikenal dengan nama ikan escola atau ikan escobar.

Namun, dibalik bentuknya yang menyeramkan, ikan gindara memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan, bahkan untuk MPASI bayi. Ikan gindara memiliki kandungan minyak esensial yang bermanfaat baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan ampuh untuk mencegah salah satu jenis kanker berbahaya. Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi ikan gindara lainnya.

Manfaat Ikan Gindara

1. Mengandung Protein
Meskipun kandungan protein pada ikan gindara tidak setinggi pada jenis ikan laut lainnya. Kandungan protein pada ikan gindara mampu membantu mencukupi kebutuhan protein harian tubuh, beberapa manfaat protein untuk tubuh seperti menjaga ketahanana dan kekuatan tubuh, meningkatkan masa otot, menjaga kesehatan otot, dan memperkuat tubuh.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Daging ikan gindara memiliki kandungan minyak esensial yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai jenis penyakit yang sering menyerang tubuh seperti influenza, demam, batuk, sesak napas, dan TBC.

3. Membantu menurunkan Kadar Kolesterol
Minyak ikan gindara mengandung 95% omega 9 dan juga lemak tak jenuh sekitar 97%, kandungan ini membantu menstabilkan jumlah kolesterol dalam tubuh dan juga membantu mengontrol kadar lemak jahat.

4. Mengatasi Tifus dan Mencegah Demam Berdarah
Mengkonsumsi daging ikan gindara setiap hari dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Hal ini bermanfaat baik untuk penderita demam berdarah yang mengalami penurunan kadar trombosit dalam darah.

5. Meningkatkan Kecerdasan
Ikan gindara memiliki kandungan DHA yang cukup tinggi yang dapat membantu meningkatkan perkembangan otak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan. Selain itu, DHA juga bermanfaat baik untuk janin karena DHA diperlukan dalam proses perkembangan otak.

6. Memberikan Perlindungan terhadap Kanker
Minyak ikan gindara juga bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kanker dalam tubuh. Namun tidak disebutkan secara spesifik jenis kanker apa yang dapat dicegah oleh minyak ikan gindara, namun yang pasti jenis kanker yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Salah satunya jenis kanker kelenjar getah bening, yang dapat dicegah dengan menggunakan minyak ikan gindara.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol
Ikan gindara memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung.

8. Mengurai Lemak dalam Tubuh
Manfaat selanjutnya dari mengkonsumsi daging ikan gindara selanjutnya yaitu dapat mencairkan dan menguraikan lemak dalam tubuh. Biasanya setelah mengkonsumsi ikan gindara akan muncul reaksi seperti mual, mulas, sakit perut dan sering buang air besar. Reaksi ini dapat menjadi indikasi proses pembuangan lemak dalam saluran pencernaan akan ikut keluar melalui feses.

9. Menu Makan untuk Diet
Karena manfaatnya yang baik untuk mengurai dan mencairkan lemak dalam tubuh, maka mengkonsumsi ikan gindara sangat baik bagi mereka yang sedang melakukan program diet. Karena lemak dan sisa zat racun dalam tubuh akan ikut terbuang melalui feses sehingga bermanfaat baik untuk program diet.

10. Menjaga Kesehatan Jantung
Ikan gindara mengandung lemak tak jenuh, dan omega 9 yang cukup tinggi, kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung sehingga dapat mencegah beberapa jenis penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner, hipertensi atau darah tinggi, penyumbatan pembuluh darah.

Manfaat Ikan Gindara Lainnya:

  1. Mengandung DHA
  2. Mengandung EPA
  3. Mengandung Vitamin D
  4. Mengandung Vitamin B-Kompleks
  5. Mengatasi Magh Kronis
  6. Membuat Tubuh Jadi Fit
  7. Mengobati Radang Gusi
  8. Mencegah Gangguan Tiroid dan Autoimun
  9. Mengatasi Flu
  10. Mempercapat regenerasi sel
  11. Mencegah Kanker Leher Rahim
  12. Menghilangkan Selulit
  13. Mencegah Pembengkakan Kelenjar Limfa
  14. Mengurangi Kadar Trigliserida
  15. Meringankan Sakit Kepala dan Migrain
  16. Mencegah Penyakit Asam Urat

Cara Mengolah IKan Gindara

Agar manfaat yang dihasilkan lebih maksimal, sebaiknya olah ikan gindara dengan dimasak sop dengan kuah, dan tidak disarankan untuk digoreng atau dibakar karena kandungan manfaatnya akan berkurang. Karena kandungan lemak baik pada ikan gindara akan hilang ketika diolah dengan digoreng atau dibakar.

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Ikan Gindara untuk Kesehatan, Menu Diet dan Bayi . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.