21 Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan Ampuh Mengatasi Berbagai Jenis Penyakit Terbukti Ampuh

Posted on

Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan – Gula aren adalah jenis gula alami yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar buah aren. Selama ini gula aren dikenal sebagai pemanis alami yang aman dikonsumsi karena berasal dari bahan alami. Banyak masyarakat menggunakan gula aren sebagai pemanis dalam pembuatan jenis makanan dan minuman.

Gula aren memiliki rasa khas manis dan legit. Gula aren memiliki beberapa nutrisi yang penting untuk tubuh serta memiliki rendah kalori sehingga tidak menyebabkan obesitas. Selain rendah kalori, gula aren memiliki kandungan lain seperti energi sebesar 368 kilokalori, protein 0 gram, karbohidrat 95 gram, lemak 0 gram, kalsium 75 miligram, fosfor 35 miligram, dan zat besi 3 miligram. Selain itu di dalam Gula Aren juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Gula Aren, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Dari kandungan nutrisi yang ada pada gula aren sudah dapat dipastikan jika gula aren tidak hanya bermanfaat sebagai pemanis makanan atau minuman saja. Selain itu, gula aren juga bermanfaat untuk kesehatan, berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari gula aren, antara lain :

Manfaat Gula Aren

1. Antioksidan alami
Gula aren memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebeas sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai ancaman penyakit yang berbahaya seperti penyebab sel kanker.

2. Mencegah dan mengobati anemia
Gula aren memiliki kandungan zat besi yang memiliki kemampuan untuk membantu meningkatkan produksi sel-sel darah merah sehingga efektif untuk mengobati dan mencegah penyakit anemia dan kurang darah.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Dalam gula aren memiliki kandungan unsur kimia yang memiliki kemampuan untuk melancarkan sistem peredaran darah, sehingga fungsi kerja semua organ tubuh menjadi lebih optimal. Ketika sistem peredaran darah lenacar maka sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat.

4. Menstabilkan kolesterol
Gula aren memiliki kandungan niacain yang memiliki manfaat untuk menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Menjaga kesehatan kulit
Selain menstabilkan kolesterol, kandungan niacain pada gula aren juga bermanfaat untuk membantu menghaluskan dan menjaga kesehatan kulit.

6. Mengobati sariawan
Manfaat niacin selanjutnya adalah untuk mengobati sariawan. Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu hanya dengan menempelkan gula aren pada bagian mulut yang terkena sariawan.

7. Mengatasi masalah pencernaan
Manfaat lain dari zat niacin adalah untuk meningkatkan sistem pencernaan, sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan dan dapat menyehatkan organ pencernaan.

8. Melancarkan sirkulasi darah
Kandungan nutrisi yang ada pada gula aren juga memiliki kemampuan untuk membantu melancarkan sistem peredaran darah. Sirkulasi darah yang tidak lancar dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit seperti hipertensi, menurunkan kinerja jantung hingga meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskular.

9. Menghangatkan tubuh
Kandungan dan nutrisi selanjutnya dalam gula aren memiliki kemampuan untuk menghangatkan tubuh sehingga membuat suhu tubuh tetap stabil dan dapat terhindar dari penyakit flu.

10. Mengatasi magh
Salah satu manfaat selanjutnya dari gula aren adalah untuk mengatasi masalah magh. Gula aren memiliki kandungan makro dan mikronutrien yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit magh. Beberapa kandungan nutrisi lain dari gula aren juga ampuh menghambat pertumbuhan virus penyebab maag, serta menetalisir asam lambung tinggi.

11. Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat gula aren lainnya adalah ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Meningkatnya daya tahan tubuh akan memberikan banyak manfaat pada tubuh seperti dapat mencegah penyakit, membuat tubuh tetap fit dan segar serta tidak mudah merasa lelah dan memaksimalkan fungsi organ tubuh.

12. Rendah kalori
Banyak orang beranggapan bahwa gula memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga dapat memicu obesitas hingga diabetes. Namun berbeda dengan jenis gula lainnya, gula aren cukup aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena gula aren memiliki kandungan rendah kalori.

13. Menambah energi tubuh
Meskipun rendah kalori, gula aren dapat memberikan energi ekstra untuk tubuh disaat tubuh mulai merasa lelah. Selain menambah energi, konsumsi gula aren juga dapat mencegah tenggorokan kering dan mencegah sariawan.

14. Masker untuk wajah
Untuk mengatasi permasalahan pada wajah, anda dapat pula memanfaatkan gula aren untuk menjadi scrub atau masker. Gula aren memiliki butiran halus yang efektif untuk mengangkat kotoran hingga ke bagian pori-pori. Cara membuatnya cukup mudah yaitu haluskan gula aren lalu beri campuran air hingga membentuk seperti pasta lalu gunakan scrub tersebut sebagai masker pada wajah yang efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan komedo pada wajah.

15. Sebagai campuran ramuan obat
Gula aren sering digunakan sebagai campuran untuk membuat ramuan obat-obatan tradisional karena merupakan gula alami yang aman dikonsumsi tanpa memilikie fek samping. Beberapa penyakit yang biasanya datasi dengan ramuan herbal maupun jamu yaitu:

  • Flu dan batuk
  • Demam
  • Asam urat
  • Reumatik
  • Pegal-pegal
  • Masuk angin

Gula merah memiliki indeks glikemik rendah yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, namun jumlah konsumsinya harus tetap dibatasi dan sesuai dengan anjuran dari dokter.

Tidak ada efek samping dari konsumsi gula merah selama total kalori yang masuk kedalam tubuh tidak melebihi total asupan kebutuhan kalori harian tubuh dan tetap terkontrol.

Total asupan kalori yang tepat adalah 60% kalori dari bahan makanan pokok, 25-30% dari protein dan 10-15% kalori dari lemak, serta mencukupi kebutuhan tubuh akan serat, vitamin, mineral dalam makanan sehari-hari.

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.