20 Manfaat Daun Meniran Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya Yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Daun Meniran – Meniran (Phyllanthus urinaria) merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki bentuk batang bulat, basah dan tinggi sekitar 50 cm. Daun tanaman meniran bertulang menyirip genap dengan setiap tangkai memiliki daun majemuk berukuran kecil dan berbentuk lonjong. Bunga tumbuhan ini terdapat ada bagian ketiak daun dan menghadap ke bagian bawah.

Tanaman meniran ini tidak dipelihara karena dianggap sebagai rumput biasa. Tanaman meniran ini mengandung senyawa kimia yang terkandung didalam meniran diantaranya yaitu zat filantin, kalium, damar dan zat penyamak.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Meniran
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Malpighiales
Famili: Phyllanthaceae
Bangsa: Phyllantheae
Subbangsa: Flueggeinae
Genus: Phyllanthus
Spesies: Phyllanthus urinaria

Manfaat Daun Meniran Bagi Kesehatan

1. Manfaat Daun Meniran Untuk Asam Lambung

Senyawa kimia berupa zat filantin, kalium, damar yang terkandung di dalam tumbuhan meniran dapat membantu mengontrol asam lambung secara alami. Cara mengolah daun meniran untuk obat asam lambung yaitu:

  • Siapkan satu genggam daun tanaman meniran, lalu cuci hingga bersih.
  • Setelah itu, rebus batang dan juga daun meniran dengan takaran 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa sekitar segelas air untuk diminum
  • Jika sudah dingin, saring batang dan juga daun tanaman meniran, kemudian minum.

2. Manfaat Daun Meniran Untuk Diabetes

Karena kandungan senyawa alami berupa flavonoid, ascorbic acid, kalium dan senyawa anti inflamasi, tanaman meniran dapat membantu mengobati diabetes atau kencing manis. Cara mengolah daun meniran yaitu:

Ambil daun meniran, kumis kucing, daun mimba dan sambilata, masing-masing 1/3 genggam. Kemudian, cuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus.

3. Manfaat Daun Meniran Untuk Ginjal

Ramuan daun meniran dapat dijadikan sebagai obat batu ginjal. Cara pengolahanyanya yaitu cuci bersih 50 gram daun meniran segar lalu rebus dalam 3 gelas hingga tersisa menjadi 1 ½ gelas. Kemudian dinginkan lalu di saring dan minum masing-masing ½ gelas. Minum secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

4. Manfaat Daun Meniran Untuk Hepatitis

Daun meniran memiliki manfaat untuk mengobati hepatitis. Cara pengolahan daun meniran untuk mengobati hepatitis yaitu cuci bersih 30-60 gram meniran lalu rebus dengan 3 gelas menjadi tersisa 1 gelas. Setelah hasil rebusan dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan setiap hari selama 1 minggu.

5. Manfaat Daun Meniran Untuk Asam Urat

Bagian daun dan akar meniran dapat dijadikan ramuan untuk mengobati asam urat. Caranya yaitu ambil sekitar 60 gram daun, batang dan akar meniran yang masih segar lalu cuci bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air, sisakan sampai 1 gelas.
Saring air rebusan dan dinginkan. Minum masing-masing setengah gelas pada pagi dan malam hari.

Manfaat Daun Meniran Lainnya:

6. Membantu memperkuat sistem imun
7. Menurunkan risiko terinfeksi bakteri, virus dan mikroba jahat
8. Mengontrol kinerja sistem imun
9. Dapat menggantikan kinerja sistem imun
10. Memiliki zat anti peradangan
11. Membantu mengatasi nyeri
12. Baik untuk penderita penyakit gula atau diabetes
13. Membantu mengatasi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi
14. Baik untuk penderita diuretik
15. Baik untuk hipoglekemik
16. Mencegah terjadinya ketidakseimbangan kimia tubuh
17. Membantu mengatasi penyakit Hepatitis B
18. Membantu pengobatan penyakit HIV
19. Mengobati radang sendi
2o. Dapat digunakan untuk obat penyakit kuning, disentri, batuk, demam, ayan, haid berlebihan dan malaria.

Efek Samping Daun Meniran

Olahan tanaman meniran sangat terlarang bagi ibu hamil karena dapat mengganggu kesuburan. Selain itu, tumbuhan meniran juga di larang bagi penderita gagal ginjal, hal tersebut karena daun meniran ini akan menyebabkan disfungsi ereksi dan menyebabkan gagal ginjal.

Demikianlah pembahasan tentang 20 Manfaat Daun Meniran Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya Yang Perlu Diketahui . Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..