21 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan Ginjal dan Berbagai Macam Penyakit Lainnya

Posted on

Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan  – Kumis Kucing atau Orthosiphon aristatus adalah salah satu tanaman obat Indonesia yang memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Tanaman kumis kucing sangat mudah ditemui di Indonesia karena sangat mudah tumbuh subur didaerah tropis Indonesia.

Tanaman kumis kucing berasal dari Afrika yang kemudian menyebar luar hingga Asia dan Australia. Tanaman kumis kucing memiliki ciri-ciri sebegai berikut :

  1. Memiliki batang basah dan tegak
  2. Memiliki akar tunggang
  3. Daun berbentuk bundar/lonjong sekitar 1-10 cm
  4. Memiliki tangkai bulat berwarna ungu kehijauan
  5. Memiliki tulang daun bercabang-cabang
  6. Memiliki mahkota bunga berwarna putih hingga putih keunguan
  7. Benang sari yang mirip dengan kumis kucing
  8. Panjang tangkai daun skitar 7-29cm
  9. Memiliki mahkota berupa tandang sepanjang 7-29cm
  10. Memiliki biji berwana putih kehitaman pada saat muda dan coklat kehitaman saat tua.

Tanaman kumis kucing dapat tumbuh subur ditanah gembur, berhumus dan kandungan air yang baik. Kumis kucing memiliki kandungan zat kimia seperti minyak atsiri, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak dan kalium dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Manfaat Kumis Kucing

Dari kandungan senyawa yang ada pada kumis kucing sudah dapat dipastikan jika kumis kucing memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Beberapa Manfaat yang ada pada kumis kucing antara lain :

1. Sebagai Anti Bakteri
Kandungan asam caffenic dan juga fenol pada daun kumis kucing berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan bakteri serta menghilangkan bakteri jahat yang ada didalam tubuh.

2. Mengobati Ginjal
Kumis kucing sejak dahulu dikenal sebagai obat penyakit ginjal. Cara menyembuhkan penyakit ginjal dengan kumis kucing yaitu konsumsi rebusan kumis kucing secara rutin untuk membantu pengobatan penyakit ginjal secara alami.

3. Mengobati kandung kemih
Kandungan senyawa pada kumis kucing ampuh untuk membersihkan dan melancarkan kinerja kandung kemih, mengatasi kencing batu dan mengatasi infeksi. Cara mengatasi masalah kandung kemih dnegan kumis kucing adalah dengan rebus ramuan kumis kucing dengan tanaman meniran dan konsumsi ramuan tersebut 3 kali sehari dengan takaran saru gelas sekali minum.

4. Mengatasi diabetes
Daun kumis kucing memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengatur kadar glukosa dalam darah sehingga diabetes dapat terkontrol dengan baik. Cara mengatasi diabetes dengan daun kumis kucing yaitu rebus daun kumis kucing dan konsumsi satu gelas ramuan daun kumis kucing satu kali dalam sehari secara rutin.

5. Menyembuhkan Asam Urat
Enzim flavonoid dan kandungan asam alami yang ada pada daun kumis kucing bermanfaat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan saat encok atau asam urat. Cara mengobati asam urat dengan daun kumis kucing adalah dengan membuat ramuan dari daun kumis kucing dan tanaman meniran. Konsumsi rebusan tersebut 3 kali sehari hingga rasa nyeri akibat encok dan asam urat sembuh.

6. Mengatasi masalah pernapasan
Berbagai masalah pernapasan dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi rebusan daun kumis kucing. Kandungan nutrisi yang ada pada daun kumis kucing bermanfaat untuk mengatasi asma yang sedang kambuh dan dapat pula menyembuhkan batuk.

7. Menurunkan berat badan
Kumis kucing juga berkhasita untuk membantu program diet anda. Untuk memanfaatkan daun kumis kucing sebagai program menurunkan berat badan, anda dapat mengkonsumsi teh kumis kucing atau dengan mengkonsumsi pil ekstrak kumis kucing yang saat ini banyak ditemui dipasaran.

8. Sebagai Detoksifikasi hati
Kandungan fenol dan flavonoid pada daun kumis kucing bermanfaat untuk detoksifikasi hati. Kandungan tersebut bekerja sebagai antioksidan alami, sedangkan kalsium dan potasium membantu kinerja hatu menjadi lebih baik.

9. Mengatasi Gusi Bengkak
Selain manfaat diatas, manfaat lain yang didapatkan dari daun kumis kucing adalah ampuh untuk mengatasi gusi bengkak. Gunakan rebusan daun kumis kucing untuk berkumur secara rutin hingga bengkak pada gusi berkurang . Selain berkumur, anda juga dapat mengunyah daun kumis kucing pada bagian gusi yang bengkak hingga mengeluarkan lendir yang bemanfaat mengembiskan pembengkakan gusi.

10. Mengobati Batuk
Manfaat lain dari daun kumis kucing adalah untuk membantu mengobati batuk. Cara mengobati batuk dengan kumis kucing adalah dengan rebus 20 gram daun kumis kucing dalma satu gelas air. Dan konsumsi rebusan tersebut 3 kali seharu hingga batu pulih.

11.Mencegah masuk angin
Masuk angin etrjadi akibat mengumpulnya gas yang tidak teratur didalam tubuh. Untuk mengatasi dan mencegah masuk angin anda dapat megnkonsumsi rebusan daun kumis kucing secara rutin.

12. Mengatasi Keputihan
Keputihan atau flour albus adalah masalah yang sering terjadi pada wanita. Gangguan keputihan dapat disebabkan karena bakteri, virus, jamur atau parasit. Untuk mengatasi keputihan dengan duan sirih yaitu dengan menggunakan ramuan seperti daun kumis kucing, daun beluntas, jinten hitam, biji kemukus, dan secukupnya air. Rebus semua bahan diatas hingga mendidih dan konsumsi 2 kali sehari.

13. Mengatasi Sembelit
Sembelit adalah gangguan pencernaan yaitu kesulitan buang air besar sehingga menyebabkan perut menjadi terasa sakit yang disebabkan kurnagnya konsumsi serat, perubahan hormon dan buruknya pola makan. Untuk mengatasi sembelit anda juga dapat memanfaatkan rebusan daun kumis kucing secara rutin hingga masalah pencernaan menjadi lancar.

14. Mengobati Hipertensi
Hipertensi adalah kondisi cairan darah dalam tubuh yang menekan arteri, semakin banyak darah yang dipompa ke jantung dan arteri menyempit yang menyebabkan tekanan darah meningkat.

15. Mengobati sipilis
Sipilis adalah jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri spirochaeta pallida atau treponema pallidum. Penyakit sipilis menular melalui hubungan seksual, baik vagina,l, rektum, anal, maupun oral. Cara mengobati sipilis dengan kumis kucing yaitu dengan konsumsi rebusan daun kumis kucing satu gelas setiap hari pada saat hangat secara rutin.

16. Mengobati albuminuria
Albuminuria adalah jenis penyakit yang ditandai dengan ditemukannya albumin dalam urine. Beberpa jenis penyakit yang dapat menyebabkan albuminuria adalah penyakit kerusakan saringan ginjal seperti nefritis, sindrom nefrotik, hipertensi, dan gagal jantung. Selain itu olah raga berat, infeksi saluran kemis dan pada saat demam tinggi dapat juga mengakibatkan penyakit ini. Cara mengobati albuminuria yaitu dengan menyembuhkan penyebabnya, atau dengan mengkonsumsi rebusan daun kumis kucing secara rutin.

17. Mengatasi Anyang-anyangan
Anyang-anyangan membuat kita menjadi sangat tidak nyaman ketika buang air kecil. Ketika anyang-anyangan melanda, segera rebus meniran, kumis kucing, dan alang-alang. Masukkan tiga gelas air dan didihkan sampai volumenya tinggal setengahnya. Minum sebanyak setengah gelas tiga kali sehari.

18. Mengatasi Endema
Endema adalah pembengkakakn yang terjadi pada permukaan kulit ketika mengalami benturan, kehamilan, atau kelainnan jantung. Untuk mengatasinya, konsumsi rebusan kumis kucing yang dicampurkan dengan madu dan daun meniran yang dipercaya efektif mengempeskan endema.

19. Mengobati sakit pinggang
Sakit pinggang akan sangat menghambat aktivitas kita sehari-hari. Manfaatkan kumis kucing untuk membantu meredakan sakit pinggang. KOnsumsi rebusan daun kumis kucing secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal dan menyembuhkan sakit pinggang.

20. Mengatasi Alergi
Manfaat selanjutnya dari daun kumis kucing adalah untuk mengatasi masalah gatal atau infeksi akibat alergi. Dengan rutin mengkonsumsi rebusan kumis kucing akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat melawan bakteri serta kuman penyebab alergi.

21. Mengobati Kencing nanah
Kencing nanah adalah jenis penyakit menular yang dialami oleh pria dan sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Untuk menyembuhkannya anda dapat menggunakan ramuan berbahan dasar daun kumis kucing. Ramuan tersebut berasal dari bahan 6 lembar daun kembang bugang, 50 lembar daun kumis kucing, 10 lembar daun pegagan, 25 lembar daun jinten, 12 tangkai daun meniran, 8 lembar daun sendok, 8 lembar daun bengang, 3 jari gula enau dan 4 gelas air. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas air saja. Konsumi 3 kali sehari secara rutin.

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.