28 Manfaat Daun Ketepeng Cina Untuk Kesehatan dan Kecantikan dan Cara Penggunaanya

Posted on

Manfaat Daun Ketepeng Cina Untuk Kesehatan dan Kecantikan dan Cara Penggunaanya – Tanaman Ketepeng atau Ketepeng Cina (Cassia alata) adalah salah satu jenis tanaman obat yang berasal dari daratan Amerika tropik.Ketepeng termasuk jenis tanaman perdu, Memiliki daun berbentuk bulat telur saling berhadapan. Mahkota bunganya berwarna kuning di bagian bawah, serta memiliki bentuk polong bersayap pipih berwarna hitam.

Ketepeng cina banyak tumbuh di beberapa kawasan di Indonesia dan Tanaman Ketepeng memiliki banyak manfaat bahkah sudah banyak digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengatasi beragam penyakit kulit dan beberapa penyakit lainnya. Daun ketepeng memiliki banyak manfaat karena mengandung banyak senyawa kimia seperti Rein aloe emodina, rein, aloe emodina, rein aloe emodina diantron, asam krisofanat, tanin dan dihidroksimetilanthraquinone. Rasa daun ketepeng pedas dan hangat sehingga bisa difungsikan untuk insektisidal, mengatasi gatal-gatal, untuk obat cacing, sampai obat kelainan kulit yang disebabkan parasit kulit.

Manfaat Daun Ketepeng dan Cara Menggunakannya Untuk Obat

1. Untuk Mengobati Panu, Kurap dan Eksema
Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengobati jenis penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksama ini yaitu:

Cara Pertama: Ambil sekitar 1 genggam daun ketepeng cina segar dan sedikit tawas atau 1 sdm kapur sirih, lalu lumatkan. Setelah itu, gosokan lumatan bahan tadi dengan kuat pada kulit yang terkena panu, kurap, dan eksema. Lakukan hal ini sebanyak 2 x sehari.

Caranya Kedua: Tumbuk halus daun ketepeng Cina dan bawang putih lalu balurkan pada bagian yang terkena panu atau penyakit kulit lainnya.

2. Untuk Mengobati Sembelit
Cara menggunakan daun ketepeng untuk mengobati sembelit atau susah BAB sangat mudah yaitu dengan cara merebus daun ketepeng muda sebanyak 7 lembar dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, setelah itu minum ramuan tersebut.

3. Untuk Mengobati Sariawan
Untuk mengobati sariawan dengan daun ketepeng yaitu dengan cara mengunyah sekitar 4 lembar daun ketepeng yang sudah dicuci dengan garam secukupnya selama beberapa menit seperti mengunyah sirih, kemudian telan airnya dan buanglah ampasnya.

4. Untuk Mengobati cacingan
Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengobati cacingan dengan daun ketepeng, yaitu:

Cara Pertama: Rebus sekitar 7 lembar daun ketepeng, asam secukupnya dan 2 sdt bubuk akar kelembak (rheumofficinale baill) dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja, kemudian saring dan minumlah selagi hangat.

Cara Kedua: Ambil 3 pucuk daun ketepeng cina, tambahkan sedikit asam jawa, sepotong kelembak, serta sedikit saja gula merah. Rebus semua bahan tersebut dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Saring dan minum ramuan tersebut.

5. Untuk Mengobati Eksim
Untuk mengobati eksim caranya yaitu haluskan segenggam daun ketepeng cina, sedikit adas pulowaras dan sedikit kapur sirih. Kemudian balurkan pada bagian yang terkena eksim.

6. Untuk Mencegah Jerawat dan Mencerahkan Wajah
Untuk mencerahkan kulit wajah, menghaluskan kulit wajah dan mencegah timbulnya jerawat dengan daun ketepeng yaitu daun ketepeng cina yang sudah dikeringkan diblender/dihaluskan lalu dibuat krim untuk lulur perawatan kulit wajah dan kulit tubuh lainnya.

Manfaat Lain Daun Ketepeng

7. Mengobati penyakit herpes
8. Mengatasi penyakit kulit, seperti gatal-gatal, panu, kadas, dan kurap.
9. Mengobati wasir
10. Meredakan nyeri haid
11. Melancarkan saluran kemih
12. Menyehatkan pencernaan
13. Mencegah hipertensi
14. Mengatasi penyakit pencernaan
15. Mengatasi perut kembung
16. Sebagai anti inflamasi
17. Sebagai anti bakteri
18. Sebagai anti jamur
19. Mengatasi bakteri penyebab penyakit
20. Obat memar
21. Mengatasi perut kembung
22. Melancarkan air seni

Demikianlah pembahasan tentang 28 Manfaat Daun Ketepeng Cina Untuk Kesehatan dan Kecantikan dan Cara Penggunaanya yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..