15 Manfaat Daun Kenikir Untuk Pengobatan dan Kesehatan Yang Perlu Dikatahui

Posted on

Manfaat Daun Kenikir Untuk Pengobatan dan Kesehatan – Daun kenikir atau ulam raja merupakan salah satu tanaman berbunga yang juga anggota dari Asteraceae. Ini merupakan tumbuhan tropis yang berasal Amerika Latin, Amerika Tengah. Tumbuhan bunga yang berwarna kuning jarang digunakan sebagai ulam , sedangan
tanaman bunga yang berwarna ungu merupakan sayuran salad yang dimakan mentah bersama nasi atau dicacah dengan budu, sambal terasi, tempoyak dan cincalok.

Tinggi tanaman kenikir ini dapat mencapai 1 meter dan daunnya bertangkai panjang dan duduk daunnya berhadapan sehingga terbagi menyirip menjadi 2-3 tangkai. Jika diremas, bau tanaman kenikir seperti damar. Bunga kenikir tersusun pada bongkol yang ada pada bagian ujung batang dan ketiak daun bagian atas dengan bunga berwarna oranye berbintik ditengah dan bijinya berbentuk paruh.

Daun kenikir banyak digunakan untuk sayuran atau dimakan mentah mentas dan direbus sebagai lalap. Selain itu, daun kenikir memiliki banyak kandungan zat diantaranya tokoferol, polifenol, hidrsieugenl, flavonoid, saponin, terpenoid, mineral, kalsium, magnesium, kuersetin dan koniferil alkohol. Sehingga tak heran daun kenikir ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat daun kenikir diantaranya yaitu:

Manfaat Daun Kenikir Untuk Pengobatan dan Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat daun kenikir untuk pengobatan dan kesehatan, diantaranya yaitu:

1. Sebagai Obat Maag dan Lemah Lambung

Kandungan tokoferol, polifenol dan hidrosieugenol dalam daun kenikir dapat membantu menetralkan asam lambung. Selain itu, zat tersebut juga dapat menguatkan oto sphingter lambung yang bekerja untuk menerima berbagai asupan makanan tanpa membahayakan seseorang. Untuk melakukan pengobatan ini, daun kenikir dapat dikonsumsi sebagai lalapan tapi direbus dulu dengan menambahkan garam.

2. Sebagai Obat Lemah Jantung

Kandungan antioksidan dan flavonoid yang terdapat dalam daun kenikir dapat membantu memperbaiki sel yang rusak. Di area jantungm senyawa flavonoid bermanfaat melancarkan aliran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Cara penggunaan daun kenikir untuk obat ini dapat dilaukan dengan merebus 5 lembar daun kenikir dalam 250 ml air lalu minum air rebusan daun tersebut secara rutin setiap 2 kali sehari.

3. Sebagai Obat Kanker

Kandungan senyawa saponin, terpenoid, flavonoid dan antioksidan dalam daun kenikir mampu melawan kanker seperti kanker payudara, kanker lambung dan kanker hati. Untuk menanggulangi penyakit kanker ini dengan menggunakan daun kenikir ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi rebusan daun kenikir secaa rutin.

4. Sebagai Obat Gondongan

Kandungan senyawa polifenol dan tokofenol dalam daun kenikir dapat digunakan sebagai obat gondongan , hal tersebut karena senyawa-senyawa tersebut dapat meredakan peradangan akibat gondongan. Cara mengobati gondongan dengan daun kenikir yaitu dengan menumbuk daun kenikir hingga halus, setelah halus campurkan dengan cuka dengan perbandingan 1:1 lalu oleskan pada bagian yang sakit sebanyak 3 kai sehari.

5. Sebagai Obat Payudara Bengkak

Kandungan terpenoid dan anti inflamasi yang dimiliki daun kenikir dapat membantu mengobati payudara bengkak akibat terus menerus mengeluarkan asi. Cara mengobati payudara bengkak yaitu ambil beberapa helai daun kenikir, kemudian siapkan kompor dengan api kecil lalu bakar hingga layu, kemudian usapkan ke sekitar payudara selagi hangat. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali sehari.

6. Sebagai Obat Cuci Darah

Kandungan vitamin E, antioksidan dan flavonoid pada adaun kenikir dapat membantu menetralkan racun dalam darah. Apabila dikonsumsi secara rutin maka akan membersihkan darah dari racun yang tidak sengaja masuk dalam tubuh.

7. Dapat membantu meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh (Sistem Imun)

Kandungan vitamin A dan E pada daun kenikir dapat membantu memperbaiki sistem imun tubuh. Kandungan protein pada daun kenikir membantu membentuk fagosit untuk imun tubuh. Selain itu kandungan vitamin C juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

8. Dapat Membantu Menguatkan Tulang

Kandungan mineral, kalsium dan juga magnesium yang tinggi pada adaun kenikir dapat membantu menguatkan tulang. Daun kenikir dapat dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan atau direbus terlebih dahulu kemudian air rebusannya diminum dicampur dengan madu.

9. Dapat Menambah Nafsu Makan

Kandungan senyawa kuersetin pada daun kenikir dapat meningkatkan nafsu makan terutama bagi anak-anak. Daun kenikir ini dapat dikonsumsi sebanyak 3 kali dalam seminggu. Selain itum daun kenikir juga dapat membantu mengembalikan stamina tubuh akibat operasi tertentu.

10. Dapat Membantu Mengatasi Bau Mulut

Kandungan koniferil alkohol pada adaun kenikir dapat membantu mengatasi bakteri dan kuman yang ikut terbawa bersama makanan. Kandungan senyawa ini akan membantu membersihkan area lidah dan air ludah dari bakteri penyebab bau mulut. Untuk mendapatkan hasil maksimal, maka konsumsi daun kenikir mentah-mentah setelah dicuci lalu kunyah selama 20-30 detik kemudian berkumur. Selain tu bisa juga dikonsumsi dengan cara direbus dengan air garam lalu air rebusan tersebut dikonsumsi sebanyak 2 kali sehari.

11. Mambantu Mengobati Asam Urat

Manfaat daun kenikir untuk asam urat ini bisa mencegah terjadinya peradangan pada sendi sehingga penderita asam urat terhindar dari rasa nyeri dan sakit yang bersangatan.

12. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Daun kenikir dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit, caranya yaitu mengkonsumsi kenikir secara rutin atau membuat daun kenikir menjadi masker atau lulur untuk kulit wajah dan kulit tubuh.

13. Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Mengkonsumsi daun kenikir akan memperbaiki sel-sel pada otak yang sudah melemah sehingga baik untuk para lanjut usia yang sangat besar kemungkinan menjadi pelupa atau pikun.

14. Menyehatkan Mata

Mengkonsumsi daun kenikir dapat menyehatkan mata, setidaknya dikonsumsi sekali dalam sehari.

15. Sebagai Anti Radikal Bebas

Dengan mengkonsumsi daun kenikir secara langsung sebagai lalapan atau membuatnya menjadi minuman.

Demikianlah pembahasan tentang 15 Manfaat Daun Kenikir Untuk Pengobatan dan Kesehatan Yang Perlu Dikatahui . Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..