46 Manfaat Daun Bidara dan Buah Bidara Untuk Kesehatan, dan Pengobatan Ruqyah

Posted on

Manfaat Daun Bidara dan Buah Bidara Untuk Kesehatan, dan Pengobatan Ruqyah – Daun bidara adalah daun yang berasal dari tanaman pohon bidara yang memiliki nama ilmiah “Ziziphus Mauritiana”. Daun bidara dapat tumbuh didaerah yang cenderung kering dengan tinggi sekitar 5 hingga 16 meter. Pohon bidara memiliki banyak ranting dan cangan dengan jenis daun yang memiliki banyak duri.

Daun bidara memiliki bentuk bulat sedikit lonjong dengan permukaan halus. Ciri khas dari pohon bidara adalah memiliki banyak duri meskipun pohonnya masih muda. Pohon bidara sendiri disebutkan dalam Al-quran dengan ciri-ciri pohon yang berduri. Jadi tidak heran jika daun bidara memiliki banyak manfaat terutama bagi umat muslim.

Manfaat Daun Bidara

  1. Mengatasi Jerawat
    Daun bidara memiliki kandungan senyawa antibakterial yang juga berkhasiat untuk mengatasi jerawat. Cara mengatasi jerawat dengan daun bidara adalah dengan menghaluskan daun bidara hingga lembut lalu beri tambahan sedikit air dan aduk hingga menjadi bubur pasta kental. Setelah itu oleskan sebagai masker untuk wajah dan diamkan hingga mengering, dan bilas dengan air bersih tanpa menggunakan sabun. Untuk mendapatkan hasil maksimal gunakan masker daun bidara secara rutin.
  2. Mencegah Diabetes
    Kandungan senyawa dalam daun bidara kering bekerja secara efektif untuk melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Daun bidara kering yang dikonsumsi seperti dalam bentuk teh bermanfaat untuk menstabilkan kembali kadar gula dalam darah, dan membantu melindungi sistem pengaturan produksi insulin di dalam tubuh.
  3. Mengobati Diare
    Diare biasanya terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, parasit ataupun virus. Daun bidara memiliki khasiat untuk pengobatan diare. Cara membuatnya juga sangat mudah, seperti membuat teh pada umumnya.
  4. Menyembuhkan Luka
    Daun bidara memiliki sifat antiseptik yang dapat dimanfaatkan sebagai obat luar untuk luka bakar dan luka luar lainnya. Bahkan daun bidara ini dapat digunakan untuk pengobatan sariawan dan untuk kesehatan mulut secara umum. Anda bisa mencoba menaburkan tumbukan daun bidara diatas luka goresan maupun luka bakar yang dialami.
  5. Membersihkan dan Melembutkan Kulit
    Daun bidara memiliki kandungan yang bekerja sebagai antiseptik yang dimanfaatkan untuk membersihkan tubuh dari kotoran seperti membersihkan sisa darah haid, membersihkan keputihan dan membersihkan tubuh. Cara membersihkan tubuh dengan daun bidara adalah dengan menggunakan air rendaman daun bidara untuk membersihkan tubuh.
  6. Meremajakan Kulit
    Daun bidara memiliki manfaat untuk membantu proses regenerasi sel-sel kulit baru, hal ini menjadikan kulit yang berkerut, kering maupun kusam akan bisa tergantikan dengan kulit yang lebih sehat dan indah. Pemanfaatan daun bidara anda dapat gunakan sebagai masker untuk membantu mengatasi masalah anti aging.
  7. Merawat Kulit Kering
    Kulit kering dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan tidak terawat. untuk merawat kulit kering anda dapat menggunakan daun bidara. Caranya dengan menghaluskan daun bidara hingga menjadi pasta lalu aplikasikan sebagai masker untuk mengatasi kulit kering. Biarkan hingga mengering beberapa saat dan bilas dengan air hangat.
  8. Mencegah Paparan Sinar UV
    Terlalu sering dan terlalu lama terkena paparan sinar UV dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam pada wajah bahakan terkena radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu penuaan dini, gangguan kesehatan, hingga yang sangat buruk adalah kanker kulit. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan daun bidara. Gunakan daun bidara sebagai masker untuk wajah 3 kali seminggu untuk memberikan manfaat bagi kesehatan kulit anda.
  9. Meringankan Luka Bakar
    Masalah luka bakar membuat tidak nyaman penderitanya, selain rasa panas yang dirasakan, bekas luka tidak dapat hilang seluruhnya. Untuk mengatasi luka bakar, Anda bisa memanfaatkan daun bidara. Daun bidara yang masih segar memiliki efek mendinginkan pada kulit, yang akan memberikan manfaat ketika diterapkan pada luka bakar. Selain itu kandungan senyawa dalam daun bidara membantu untuk memulihkan dan mencegah luka bakar membekas pada kulit.
  10. Menyehatkan dan Menguatkan rambut
    Anda dapat melakukan perawatan rambut dengan daun bidara yaitu dengan cara rebus daun bidara dengan air secukupnya, lalu air rebusan tersebut ditunggu hingga mendingin, setelah itu aplikasikan ke kulit kepala (seperti halnya hair tonic). Daun herbal ini memberikan manfaat besar bagi kesehatan rambut. Kandungan di dalam daun bidara juga berkhasiat untuk melembabkan rambut, mencegah kerontokan, memperindah rambut dan membantu kesuburan rambut.
  11. Menghilangkan bau keringat
    Daun bidara dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau ketiak atau bau keringat. Caranya, siapkan beberapa helai daun bidara, lalu remas-remas supaya menjadi lebih lunak, kemudian tinggal digosokan ke ketiak, lakukan saat mandi.
  12. Menghilangkan depresi
    Di dalam daun bidara mengandung zat yang mampu merilekskan saraf dan melancarkan aliran darah sehingga pikiran dan tubuh akan menjadi rileks dan tenang sehingga depresi akan mudah diatasi dengan baik.
  13. Menambah nafsu makan
    Mengkonsumsi ekstrak daun bidara bermanfaat baik untuk membantu meningkatkan nafsu makan anda,
  14. Mencegah Diabetes
    Manfaat daun bidara selanjutnya adalah untuk mengatasi penderita diabetes. Mengkonsumsi rebusan daun bidara atau ekstrak daun bidara secara rutin bermanfaat baik untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah.
  15. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
    Sistem metabolisme tubuh yang sehat dan seimbang akan mencegah berbagai macam virus penyakit masuk kedalam tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun bidara secara rutin.
  16. Menyehatkan Lambung
    Lambung memiliki fungsi untuk menampung makanan yang dikonsumsi sebelum dialirkan ke usus. Namun lambung juga tidak luput dari berbagai masalah seperti masalah maag, asam lambung hingga kanker. Dengan mengonsumsi daun bidara secara rutin anda dapat meminimalisir penyakit yang berkaitan dengan lambung.
  17. Menjaga Kesehatan Mulut
    Kesehatan mulut yang buruk biasanya ditandai dengan sariawan dan bibir pecah-pecah. Anda dapat mengatasinya dengan daub bidara, hal ini karena daun bidara memiliki kandungan antioksidan tinggi alami yang mampu mencegah bakteri yang menetap di dalam mulut sehingga mulut akan menjadi lebih sehat.
  18. Mencegah kanker dan tumor
    Penyakit kanker dan tumor menjadi salah satu pemicu kematian yang cukup banyak penderitanya. Mengkonsumsi daun bidara secara rutin dapat membantu mengatasi dan mencegah tumbuhnya sel kanker dan sel tumor dalam tubuh.
  19. Mengatasi haid tidak lancar
    Siklus haid biasnya terjadi sebulan sekali, namun ada sebagian wanita yang tidak memiliki siklus normal dan tidak teratur. Untuk mengatasi haid tidak lancar anda dapat menggunakan rebusan daun bidara untuk membantu melancarkan haid.
  20. Menguatkan Rambut
    Masalah rambut rontok bisa menyebabkan ketidaknyamanan penderitanya. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan ramuan herbal dari daun bidara. Caranya dengan menggunakan daun bidara yang telah dihaluskan untuk sebagai shampo yang bermanfaat untuk menjadikan akar rambut menjadi kuat dan sehat.
  21. Menghilangkan bau darah ketika haid
    Haid adalah kondisi dimana dinding rahim runtuh dan akhirnya menjadi pendarahan dan darah yang keluar dari vagina tersebut dinamakan darah haid. Haid yang normal datang setiap satu bulan sekali. Namun terkadang haid juga tidak membuat nyaman bagi para wanita salah satunya adalah ketika bau darah haid cukup menyengat. Ini merupakan hal normal namun jika anda benar-benar merasa terganggu maka dapat menggunakan daun bidara untuk membantu menghilangkan bau darah saat haid.

Manfaat Buah Bidara

Berikut adalah komposisi gizi rata-rata 100gm buah bidara (Ziziphus Mauritiana):

Karbohidrat 17g
Protein 0.8g
Lemak 0,07 g
Gula 10.5g
Kalsium 6mg
Fosfor ~ 6mg
Besi 0.15mg
Potassium 70mg
Sodium 1mg
Seng 0,01mg
Magnesium 3mg
Karoten 0,021 mg
Tiamin 0,024 mg
Riboflavin 0.038mg
Niacin 0,087mg
Asam sitrat 1,1 mg
Asam askorbat 75 mg
Flavonoid

  1. Bersifat Antioksidan
    Buah bidara memiliki kandungan antioksidan yang baik dan bermanfaat untuk membantu peremajaan sel-sel tubuh dan menjaga fungsi kerja hati serta ginjal.
  2. Mencegah Pilek dan Batuk
    Buah bidara kaya akan vitamin A dan C yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit batuk dan pilek, ataupun penyakit akibat cuaca.
  3. Menurunkan Tekanan Darah
    Buah bidara memiliki kandungan tinggi potassium dan vitamin B kompleks yang berkhasiat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  4. Menjaga kesehatan kulit
    Kandungan antioksidan pada buah bidara juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Buah bidara juga berkhasiat secara eksternal untuk mengatasi masalah kulit seperti akibat matahari, kulit kering atau keriput.
  5. Mengatasi gangguan pencernaan
    Buah bidara memiliki khasiat untuk membantu dalam sekresi enzim, sehingga menjaga fungsi organ pencernaan agar selalu normal. Khasiatnya juga dapat mengobati sembelit jika digunakan dalam bentuk kering.
  6. Meningkatkan energi
    Buah bidara merupakan sumber energi yang bagus untuk membantu mengurangi kelelahan dan membantu menghasilkan tenaga atau energi untuk beraktivitas.
  7. Menguatkan otot tulang dan gigi
    Buah bidara memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan mempromosikan penguatan otot tubuh, tulang dan gigi.
  8. Membantu menyembuhkan luka
    Buah bidara memiliki kandungan asam amino yang bermanfaat penting untuk membantu sel tubuh untuk membangun berbagai jenis protein untuk penyembuhan luka.
  9. Menenangkan sistem saraf
    Manfaat buah bidara lainnya adalah untuk membantu meredakan stress dan sepresi dengan membantu menenangkan sistem saraf dalam tubuh. Mengkonsumsi buah bidara baik untuk membantu meredakan stress dan kecemasan serta membantu mengatasi insomnia.
  10. Meningkatkan Imunitas tubuh dan menjaga kesehatan jantung
    Buah bidara memiliki kandungan flavonoid yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam sistem peredaran darah yang menjadi penyebab jantung tersumbat dan gangguan kardiovaskular lainnya.

Manfaat Lainnya dari Daun Bidara

  1. Untuk membantu roses ruqyah
  2. Mengobati sihir
  3. Memandikan jenazah
  4. Air rendaman untuk mandi pasca haid
  5. Mengatasi ejakulasi dini
  6. Meningkatkan gairah seksual
  7. Mengatai ambeien
  8. Menurunkan demam
  9. Mengatasi insomnia
  10. Menjaga kesehatan usus
  11. Menyehatkan sel tubuh
  12. Mengatasi penyakit akrdiovaskular
  13. Mengobati peradangan pada kulit
  14. Mencegah Bakteri dan Virus
  15. Mengobati Malaria

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Daun Bidara dan Buah Bidara Untuk Kesehatan, dan Pengobatan Ruqyah yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..