12 Manfaat Daun Beluntas Untuk Pengobatan dan Kesehatan Yang Harus Diketahui

Posted on

Manfaat Daun Beluntas Untuk Pengobatan dan Kesehatan – Beluntas merupakan salah satu tumbuhan semak yang memiliki banyak cabang, berusuk dan berbulu halus. Tanaman beluntas ini biasanya ditanam sebagai tanaman pagar atau tumbuh liar dengan ketinggian dapat mencapai 3 meter.

Klasifikasi ilmiah Beluntas
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Asterales
Famili: Asteraceae
Genus: Pluchea
Spesies: P. indica

Daun belunas memiliki tangkai yang pendek dengan letak daun berselang seling, berbentuk bulat telur sungsang dengan ujung bundar melancip. Tepi daun bergerigi, berwarna hijau terabg. Bunga tanaman beluntas keluar dari bagian ujung cabang atau ketiak daun, berbentuk bunga bonggol bergagang atau duduk dan berwarna ungu. Buah beluntas longkah agak gasing berwarna cokelat dengan sudut putih.

Daun beluntas mengandung alkanoid, tanin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flavonoida, magnesium dan fosfor dan bagian akarnya mengandung tannin dan flafonoida. Daun beluntas memiliki bau khas aromatis dengan rasanya getir menyegarkan.

Manfaat Daun Beluntas Untuk Pengobatan dan Kesehatan

Adapun manfaat daun beluntas diantaranya yaitu:

1. Mengurangi Pegal Linu

Mengkonsumsi air rebusan daun beluntas dapat membantu mengurangi rasa pegal linu pada tubuh. Minum air rebusan daun beluntas ini sehari 3 kali.

2. Menghilangkan Bau Badan

Daun beluntas dapat membantu mengatasi bau badan, caranya konsumsi secara rutin air rebusan daun beluntas.

3. Menghilangkan Keputihan

Daun beluntas ini juga dapat membantu menghilangkan keputihan yang biasanya dialami wanita secara total dalam tempo yang cukup singkat.

4. Menghilangkan Bau Mulut

Daun beluntas dapat membantu menghilangkan bau mulut, caranya yaitu dengan meminum air beluntas atau digunakan sebagai obat kumur.

5. Mengobati Nyeri Pinggang

Rebusan daun beluntas bermanfaat sebagai penghilang rasa nyeri pada pinggang. Konsumsi rebusan daun beluntas secara teratur agar nyeri pinggang hilang dan mengurangi risiko sakit pinggang.

6. Mengatasi Reumatik

Daun beluntas dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam nyeri, salah satunya untuk mengobati rematik yang biasanya sering dialami oleh orang tua.

7. Mengatasi Perut Kembung

Meminum air rebusan daun beluntas dapat membant menghilangkan rasa tidak nyaman akibat perut kembung.

Manfaat Lain Daun Beluntas:

8. Mengurangi nyeri haid
9. Meluruhkan keringat
10. Membantu melancarkan pencernaan
11. Meredakan demam
12. Menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan E. Coli.

Demikianlah pembahasan tentang 12 Manfaat Daun Beluntas Untuk Pengobatan dan Kesehatan Yang Harus Diketahui . Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..