30 Manfaat dan Khasiat Daun Afrika Untuk Kesehatan Yang Penting Diketahui

Posted on

Manfaat dan Khasiat Daun Afrika Untuk Kesehatan Yang Penting Diketahui – Daun Afrika (Vernonia amygdalina) atau Bitter Leaf adalah tanaman herbal yang tumbuh di Afrika namun tanaman ini juga bisa tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.

Daun afrika dikenal memiliki rasa yang sangat pahit namun merupakan tanaman dengan kandungan anti oksidan yang tinggi.

Selain anti oksidan, kandungan daun afrika diantaranya yaitu lakton seskuiterpen seperti vernolide, vernolide A dan vernolide yang aman dikonsumsi karena bentuk lemak rak jenuh; kalium; kalsium; fosfor; sulfur; natrium; zat besi; mangan dan zinc.

Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

1. Menurunkan Kadar Kolesterol pada Darah
Daun afrika dapat digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Seperti yang diketahui, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menimbulkan penyakit lain yang berbahaya seperti serangan jantung mendadak atau stroke.

Daun afrika berkhasiat memecahkan kolesterol tinggi dalam darah atau LDL, caranya minum air rebusan daun afrika dengan teratur. Untuk menghilangkan rasa pahit daun afrika, bisa tambahkan madu dan juga jeruk nipis atau jeruk lemon agar rasanya lebih segar.

2. Menurunkan Tekanan Darah
Dengan meminum air rebusan daun afrika dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

3. Membantu Mengatasi Insomnia
Insomnia atau gangguan tidur dapat diatasi dengan daun afrika. Caranya rebus beberapa lembar daun afrika lalu minum air rebusan tersebut sebelum tidur. Lakukan hal tersebut hingga insomnia membaik.

4. Mengobati Perut Kembung
Cara mengatasi perut kembung dengan daun afrika caranya yaitu daun afrika diseduh dengan air panas lalu diminum dan untuk mengurangi rasa pahit dapat ditambahkan madu.

5. Mencegah Penyakit Stroke
Daun afrika berkhasiat untuk mencegah penyakit stroke, daun afrika berguna untuk melancarkan progres metabolisme di dalam tubuh, menjaga kelancaran darah dan mencegah penyempitan atau pembengkakan pembuluh darah di otak yang dapat menyebabkan stroke.

6. Menurunkan Gula Darah
Meminum air rebusan daun dewa dapat membantu menormalkan kadar gula darah yang sudah tinggi.

7. Mengobati Penyakit Diabetes
Dengan meminum air rebusan daun dewa secara rutin dapat menyembuhkan diabetes.

8. Mengobati Radang Persendian
Daun afrika bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah radang sendi atau rematik. Caranya mudah yaitu cukup meminum teh atau air rebusan daun afrika secara rutin.

9. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker Hati
Daun afrika berkhasiat dalam mengurangi resiko terkena kanker hati. Hal ini karena daun afrika mampu mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh.

10. Mengobati Batuk
Untuk mengobati batuk dengan daun afrika, caranya yaitu ambil beberapa lembar daun afrika lalu cuci sampai bersih lalu bisa langsung dikunyah. Atau agar rasa pahitnya sedikit berkurang, seduh daun afrika dengan air panas lalu air seduhan tersebut diminum selagi hangat. Minum seduhan daun afrika secara teratur sampai batuk mereda.

11. Menurunkan Demam Panas
Untuk menurunkan deman dengan daun afrika sangat mudah yaitu seduh daun afrika segar yang telah dicuci dengan air panas lalu minum.

12. Meredakan dan Mengurangi Kesemutan
Untuk meredakan dan mengurangi frekuensi kesemutan, maka bisa memimum air rebusan daun afrika ini secara rutin hingga sembuh.

13. Mengobati Sakit Kepala
Kandungan yang terdapat dalam daun afrika juga bisa menjadi obat sakit kepala yang mujarab. Caranya rebus daun afrika dengan kurang lebih dua gelas air, lalu minum air rebusan setelah dingin.

14. Mengobati Infeksi Tenggorokan
Daun afrika mengandung zat yang yang mampu untuk membunuh virus maupun kuman penyebab terjadinya infeksi, seperti infeksi tenggorokan. Minum rebusan daun afrika secara teratur hingga infeksi tersebut sembuh.

15. Melancarkan BAB
Meminum rebusan daun afrika dapat membantu melancarkan buang air besar bagi anda yang kesulitan bab.

16. Mengeluarkan Racun dari Tubuh
Daun afrika dapat mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Toksin dan radikal bebas dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya seperti stroke atau kanker. Kandungan dalam daun afrika sangat berguna untuk mengusir toksin maupun radikal bebas di dalam tubuh.

17. Menyehatkan Organ Pencernaan
Daun afrika dapat mencegah dan mengobati infeksi pada lambung atau usus. Caranya seduh atau rebus daun afrika kering lalu minum.

18. Mencegah Penyakit Kanker
Untuk mencegah penyakit kanker, maka olah daun afrika segar menjadi teh. Rebus daun afrika segar dengan tiga gelas air, biarkan mendidih hingga tinggal 1 gelas. Minum rebusan air daun afrika jika sudah dingin.

19. Mencegah Penyakit Jantung
Meminum rebusan daun afrika yang telah kering ternyata meningkatkan senyawa pencegah penyakit jantung menjadi lebih maksimal. Senyawa yang terdapat dalam daun afrika dapat meluruhkan plak dalam pembuluh darah ke jantung.

20. Mengobati Malaria
Cara mengobati malaria dengan daun afrika yaitu Rebus satu genggam daun afrika kering dengan 5 gelas air, sisakan sampai 1 gelas,saring kemudian minum. Jika rasanya terlalu pahit bisa ditambahkan madu.

21. Menurunkan Berat Badan
Air dari rebusan daun afrika kering dapat membantu menurunkan berat badan. Minum teh daun afrika secara rutin dapat mengurangi konsumsi lemak dari binatang dan olahraga secara teratur.

22. Menjadikan Istirahat Lebih Berkualitas
Kandungan senyawa pada daun afrika dapat menolong mengendalikan otak dan cara motorik agar tubuh dapat istirahat dengan baik. Caranya minum satu gelas rebusan daun afrika kering sebelum tidur.

23. Mengatasi Gangguan Diuretik
Gangguan diuretik dapat menyebabkan seseorang susah untuk membuang air dan hal itu bisa menyebabkan gangguan penyakit pada saluran kencing. Untuk mengatasinya dapat dengan konsumsi satu gelas air dari rebusan daun afrika yang masih segar.

24. Menormalkan Fungsi Paru-Paru
Dengan mengkonsumsi daun afrika maka dapat menghilangkan racun dan membantu menormalkan fungsi paru-paru.

25. Mengatasi Kanker Payudara
Caranya yaitu konsumsi daun afrika secara rutin untuk menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh termasuk sel kanker payudara. Untuk hasil lebih optimal, imbangi dengan gaya hidup sehat seperi jaga asupan makanan, berolahraga rutin dan istirahat cukup.

26. Sebagai Antioksidan
Mengkonsumsi daun afrika secara rutin dapat meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh.

27. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL)
Mengkonsumsi daun afrika secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah hingga 50%.

28. Meningkatkan Kadar Kolestrol Baik (HDL)
Mengkonsumsi daun afrika secara rutin dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

29. Mengobati Asam Lambung
Daun afrika dapat menetralisir kadar asam lambung yang berlebih sehingga masalah asam lambung akan teratasi dengan cepat, tubuh akan sehat kembali seperti biasanya.

30. Mencegah Penyakit Ginjal
Daun afrika dapat mencegah kerusakan pada organ ginjal sebagaimana daun seledri yang bisa digunakan sebagai obat cuci darah alami.

Demikianlah pembahasan tentang 30 Manfaat dan Khasiat Daun Afrika Untuk Kesehatan Yang Penting Diketahui yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..