35 Manfaat dan Efek Samping Jamu Beras Kencur Untuk Kesehatan Serta Cara Membuatnya

Posted on

Manfaat dan Efek Samping Jamu Beras Kencur Untuk Kesehatan Serta Cara Membuatnya – Sesuai namanya, jamu beras kencur terbuat dari 2 bahan alami yaitu beras dan kencur. Sejak dulu ramuan ini dikenal sebagai obat herbal untuk kesehatan dan kecantikan oleh masyarakat Indonesia.

Kandungan beras kencur sangat kompleks karena berasal dari beras dan kencur. Kandungan beras kencur diantaranya karbohidrat, kalori, protein, serat pangan, omega 3, omega 6, magnesium, mangan, fosfor, lemak, tiamin, ribovlavin, niacin, potassium, zink, vitamin B6, vitamin E, zat besi, kalsium, pati, minyak atsiri, asam cinnamic, asam anisic, alkaloid, gom, borneol, khampene, asam metil kanil, penta dekaan, ethyl aster, paraeumarin dan ineol.

Manfaat Jamu Beras Kencur Untuk Kesehatan

1. Melancarkan Haid
Beras kencur sangat efektif melancarkan haid. Sama seperti minum jamu kunyit, ramuan beras kencur ini kerap dibuat jamu khusus buat perempuan. Efeknya sangat baik untuk membantu meluruhkan darah di dinding rahim sehingga tidak menimbulkan penggumpalan.

2. Membuat Badan Bugar
Meminum ramuan beras kencur sangat baik untuk kebugaran. Stamina akan kembali usai meminumnya, sehingga cocok untuk para atlet atau yang sedang beraktivitas padat dan butuh tenaga ekstra.

3. Mencegah Gangguan Ginjal
Ramuan beras kencur sangat bagus untuk mencegah gangguan ginjal. Tapi perlu hati-hati bagi pengidap diabetes sebaiknya tidak meminumnya, kecuali dokter memperbolehkan.

4. Mengatasi Nyeri Sendi
Sakit pada persendian sangat mengganggu perlu segera disembuhkan. Ramuan beras kencur sapat membantu mengatasi nyeri sendi tersebut.

5. Mengobati Batuk
Jemu beras kencur sudah sejak lama dipercaya menyembuhkan penyakit batuk.

6. Meningkatkan Nafsu Makan
Kandungan kencur dalam jamu beras kencur bermanfaat meningkatkan nafsu makan. Jamu ini cocok diminumkan pada anak-anak yang mengalami masalah pada nafsu makannya. Kandungan minyak atsiri pada manfaat kencur dapat penambah nafsu makan pada anak-anak.

7. Menebalkan Dinding Lambung
Beras kencur yang dikonsumsi setiap hari dapat digunakan sebagai penebal dinding lambung. Ini sangat cocok jika diminum oleh penderita maag yang mengalami pengkikisan dinding lambung.

8. Penghilang Capek Dan Pegal-Pegal
Meminum jamu beras kencur secara teratur setiap hari bisa digunakan sebagai penghilang rasa capek dan pegal-pegal di tubuh.

9. Meningkatkan Vitalitas
Bagi pria, minum jamu beras kencur setiap hari bermanfaat sebagai peningkat vitalitas dan stamina pria.

10. Mengobati Masuk Angin
Rasa hangat dari kencur yang dicampurkan dalam beras dipercaya bisa mengobati masuk angin. Rasa hangat pada kandungan beras kencur tersebut dapat berguna sebagai penghilang rasa mual pada penderita masuk angin.

11. Penghilang Nyeri
Beras kencur juga dipercaya sebagai penghilang nyeri pada tubuh.

12. Sebagai Analgesik
Mengkonsumsi beras kencur akan berefek seperti zat analgesik. Zat analgesik untuk meredakan nyeri dan berbagai macam penyakit lainnya.

13. Mencegah Timbulnya Jerawat
Beras kencur dapat mencegah hormon timbulnya jerawat dari dalam tubuh sehingga jerawat yang tadinya ingin muncul menjadi tidak muncul.

14. Mengatasi Sariawan
Karena rasa pedasnya, meneteskan sedikit cairan jamu beras kencur di permukaan bibir dapat membantu mengatasi sariawan.

15. Menurunkan Kolesterol
Kandungan dalam kencur dapat meningkatkan aliran empedu. Cairan empedu yang dialirkan berperan penting dalam kelancaran penyerapan makanan dalam tubuh. Jika makanan bisa terserap secara sempurna, kadar kolesterol juga bisa menurun.

16. Menangkal Radikal Bebas
Beras kencur yang dikonsumsi juga bermanfaat menangkal radikal bebas. Jika radikal bebas bisa ditangkal, maka tubuh akan menjadi sehat dan bugar kembali. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit seperti kanker kulit dan berbagai macam penyakit berbahaya lainnya.

Manfaat Lain:

17. Mengatasi demam
18. Menghilangkan rasa kantuk
19. Menghangatkan tubuh
20. Melegakan tenggorokan
21. Mengatasi batuk kering
22. Menyembuhkan radang tenggorokan
23. Mencegah panas dalam
24. Mengatasi gangguan pernapasan
25. Mencegah gangguan paru-paru
26. Mencegah sinusitis
27. Meringankan migrain dan sakit kepala
28. Mencegah bau mulut
29. Menghilangkan bau badan
30. Menyembuhkan pilek

Manfaat beras kencur bagi kesehatan dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya dalam bentuk ramuan herbal seperti jamu yang rutin diminum tiap hari maksimal 3 gelas/hari.

Efek Samping Jamu Beras Kencur

Efek samping yang dapat ditimbulkan apabila mengkonsumsi jamu beras kencur secara berlebihan, diantaranya:

  • Muntah
  • Mual
  • Pusing
  • Badan Terasa Panas
  • Diare

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Walaupun banyak yang menjualnya dalam bentuk instan atau menjualnya keliling, kalian dapat membuat jamu beras kencur sendiri di rumah, berikut cara selengkapnya:

Bahan:

  • Beras sebanyak 200 gram.
  • Kencur berukuran sedang sebanyak 500 gram.
  • 100 gram gula aren atau gula jawa.
  • Setengah sendok teh garam.
  • 1 buah jeruk nipis.
  • Cengkeh secukupnya
  • 200 gram gula pasir.
  • Kayu manis secukupnya.
  • 1,5 liter air.

Langkah-langkah pembuatannya:

  • Pertama, beras direndam selama 4 jam lalu beras ditiriskan.
  • Kemudian, Kupas kencur dan cuci bersih.
  • Setelah itu, tumbuk beras hingga halus, dicampurkan dengan kayu manis dan juga cengkeh.
  • Jika sudah, rebus semua bahan yang ditumbuk tadi menggunakan air lalu campurkan gula merah dan gula pasir. Aduk selama 20 menit dan tunggu sampai mendidih.
  • Jika sudah mendidih, matikan api dan saring jamu ke dalam gelas.
  • Minum saat masih hangat, bisa juga menambahkan perasan air jeruk nipis agar rasanya tambah segar.

Itulah penjelasan tentangĀ 35 Manfaat dan Efek Samping Jamu Beras Kencur Untuk Kesehatan Serta Cara Membuatnya . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.