40 Manfaat dan Efek Samping Cengkeh Untuk Kesehatan dan Kecantikan Terbukti Mengatasi dan Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Posted on

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia yang banyak dimanfatakan sebagai tanaman rempah seperti bumbu masakan, pengobatan herbal dan bahan utama membuat rokok kretek khas indonesia. Tanaman cengkeh memiliki nama latin Syzygium aromaticum. Tanaman cengkeh mencapai tinggi hingga 45 meter, jika dimemarkan cengkeh akan mengeluarkan bau harum.

Pemanfaatan tanaman cengkah telah dilakukan sejak zaman dahulu hingga sekarang. Cengkeh sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masaah kesehatan karena dalam cengkeh memiliki kandungan minyak asiri 16-20%, eugenol 80-82%, asetil eugenol, kariofilen, furfural, metal-amilketon, vanillin, kariofilen, tannin, gom, serat, air, asam galatanat, kalsium oksalat. Selain senyawa tersebut, cengkeh juga mengandung beberapa manfaat yang baik untuk tubuh seperti Vitamin A, Vitamin C, protein, karbohidrat, kalsium, dan zat besi.

Dari banyaknya kadungan yang ada pada cengkeh, sudah pasti banyak pula manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi cengkeh untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi cengkeh, antara lain :

Manfaat Cengkeh 

1. Mencegah Anti oksidan alami
Cengkeh memiliki kandungan anti oksidan alami yang bermanfaat ampuh untuk mencegah radikal bebas. Anti-oksidan inilah yang mampu mencegah tubuh agar tidak mudah terserang oleh penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

2.Mengatasi Peradangan
Cengkeh mangandung flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat mencegah dan mengatasi peradangan. Cengkeh juga bisa digunakan sebagai ekspektoran untuk mencegah peradangan serta memperbaiki saluran pernapasan.

3. Mengobati sakit gigi
Untuk mengatasi sakit gigi, anda harus memanfaatkan minyak cengkeh. Minyak cengkeh memilikisifat anti-biotik yang berkhasiat untuk membunuh bakteri yang bersarang didalam gigi. Caranya yaitu tempelkan minyak cengkeh pada bagian gig yang sakit atau gigi berlubang dan rasa sakit akan segera hilang.

4. Sebagai anti bakteri
Cengkeh mamiliki kandungan senyawa eugenol yang memiliki sifat anti jamur sehingga efektif untuk mengatasi berbagai masalah penyakit kulit yang disebabkan oelh berbagai macam bakteri seperti bakteri yang bersarang di dalam perut atau yang bersarang didalam mulut.

5. Meningkatan imunitas tubuh
Sistem kekebalan tubuh yang baik akan membuat tubuh terhindar dari berbagai macam ancaman penyakit. Untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, konsumsi cengkeh dapat menjadi alternatif anda.

6. Mengatasi infeksi pernapasan
Cengkeh bermanfaat mengencerkan lendir pada tenggorokan dan kerongkongan sehingga sangat membantu proses penyembuhan pada infeksi pernapasan. Mengkonsumsi teh yang mengandung cengkeh akan membantu menyembuhkan dan mencegah infeksi saluran pernapasan.

7. Membunuh bakteri pada kulit
Cengkeh memiliki senyawa eugenol sebagai antiseptik yang berfungsi membunuhkuman. Cara membunuh kuman dengan cengkeh adalah dengan rebus 20 lembar daun cengkeh dan gunakan air rebusan untuk campuran air pada saat mandi, gunakan untuk berendam sambil mengosok-gosok tubuh secara menyeluruh.

8. Sebagai penyegar mulut
Kandungan eugenol pada cengkeh bermanfaat untuk menyegarkaan mulut. Selain menyegarkan mulut, berkumur dengan rebusan daun cengkeh juga akan mencegah timbulnya sariawan dan sakit gigi hingga bibir pecah-pecah.

9. Mengatasi mual
Cengkeh memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah penyakit salah satunya adalah untuk mengatasi mual dan muntah. Selain dari cengkehnya, minyak cengkeh juga bermanfaat untuk mengatasi keluhan tersebut.

10. Sebagai Analgesik
Manfaat cengkeh selanjutnya adalah sebagai obat penahan rasa sakit atau obat penahan rasa sakit.

11. Sebagai perangsang seksual alami
Berdasakan sebuah penelitian, kandungan afrodisiak pada cengkeh berkhasiat untuk meningkatkan rangsangan seksual secara alami, dan mampu pula untuk mengatasi ejakulasi dini.

12. Mangatasi perut kembung
Cengkeh dapat berfungsi untuk melawan rasa kembung pada perut, serta mengatasi mula dan gangguan pencernaan dengan baik.

13. Mencegah serangan jantung
kandungan senyawa euganol pada cengkeh secara efektif mampu mencegah pembekuan darah sekaligus mencegah terjadinya serangan stroke.

14. Melawan sel kanker
Kandungan antioksidan pada cengkeh secara alami akan menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab berkembangnya sel-sel kanker seperti pada kanker kulit, kanker paru-paru dan kanker saluran pencernaan.

15. Meredakan Flu
Cengkeh memiliki antiseptik yang juga ampuh untuk meredakan flu. Campurkan minyak cengkeh dengan madu dan konsumsi secara rutin untuk membantu meredakan flu.

16. Mengatasi sinusitis
Untuk menyembuhkan sinusitits anda dapat menggunakan bubuk cengkeh lalu menempatkannya dibagian dalam hidung untuk mengencerkan sinusitis.

17. Menghangatkan tubuh
Untuk memberikan efek hangat pada tubuh, anda dapat mengunyah cengkeh atau membalurkan minyak cengkeh ke tubuh.

18. Melancarkan pencernaan
Manfaat selanjutnya dari cengkeh adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, sehingga mampu mengurangi rasa mual, diare, perut kembung dan masalah pencernaan lainnya.

19. Mengatasi wasir
Selain berbagai masalah diatas, manfaat lain dari cengkeh adalah untuk menghindari masalah wasir. Konsumi cengkeh saat terjadi tanda-tanda munculnya wasir.

20. Mengatasi campak
Campak sering sekali menyerang anak-anak. Untuk mengatasinya, konsumsi rebusan cengkeh untuk mengobati penyakit campak dan minum secara rutin.

21. Mengobati masuk angin
Manfaat selanjutnya dari cengkeh adalah untuk mengatasi masuk angin. Cengkeh berkerja untuk menghangatkan tubuh sehingga dapat mencegah tubuh terkena masuk angin.

22. Menyembuhkan luka
Kandungan minyak atsiri pada minyak cengkeh memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka secara alami. KUlit yang terluka akan cepat mengering dan dapat sembuh lebih cepat dengan mengoleskan minyak cengkeh pada luka.

23. Mengobati sakit kepala
Sudah sejak zaman dahulu, minyak cengkeh sering dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit kepala. Caranya dengan campurkan minyak cengkeh dengan kayu manis dan rebus hingga mendidih. Konsumsi rebusan tersebut hingga sakit kepala mulai hilang.

24. Mengatasi pegal-pegal
Manfaat lainnya dari cengkeh adalah untuk mengatasi pegal-pegal. Gunakan minyak cengkeh untuk memijat tubuh pada bagian yang pegal-pegal. Minyak cengkeh akan memberikan efek nyaman, lebih bugar dan memberikan efek hangat yang menenangkan.

25. Manfaat cengkeh selanjutnya untuk kecantikan
Untuk mengatasi masalah kecantikan wajah maupun rambut, yang digunakan adalah minyak cengkeh sebagai masker. Minyak cengkeh bermanfaat untuk mengatasi masalah kecantikan seperti :

  1. Mengatasi jerawat
  2. Menghilangkan noda bekas jerawat
  3.  Menghilangkan flek-flek hitam
  4. Menjaga kelembaban kulit wajah
  5. Mengencangkan wajah
  6. Menghindari penuaan dini
  7. Menghitamkan alis mata
  8. Sebagai pelembab atau kondisoner rambut
  9. Menguatkan akar rambut
  10. Mengatasi rambut patah dan rontok
  11. Mencegah munculnya ketombe

Untuk mendapatkan manfaat dari cengkeh, anda dapat mengkonsumsi cengkeh melalui direbus, di kunyah secara langsung, atau menggunakan minyak cengkeh hingga memanfaatkan daunnya. Namun perlu diperhatikan, bahwa mengkonsumsi secara berlebihan akan menyebakan efek samping bagi tubuh.

Efek Samping Cengkeh

Mengkonsumsi sesuatu yang berlebihan sudah pasti akan menimbulkan efek samping, salah satunya mengkonsumsi cengkeh secara berlebihan juga menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang ditimbulkan dari mengkonsumsi cengkeh secara berlebihan antara lain :

  1.  Menimbulkan alergi seperti gatal, dan sesak napas
  2. Menyebabkan sakit tenggorokan
  3. Merusak ginjal dan hati
  4. Menyebabkan kejang
  5. Menyebabkan pendarahan

Konsumsi cengkeh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan setiap harinya dianjurkan hanya 3 hingga 4 butir cengkeh saja.

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan dan Kecantikan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.