Star fruit on wood background .

21 Manfaat dan Efek Samping Buah Belimbing untuk Kesehatan Dan Kecantikan Yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat dan Efek Samping Buah Belimbing untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Belimbing adalah tumbuhan buah dengan bentuk khas yang berasal dari Indonesia, India dan Sri Langka. Tanaman Belimbing merupakan pohon bercabang banyak yang dapat tumbuh lebih dari 5 meter. Tanaman ini menghasilkan buah belimbing berwarna kuning kehijauan dengan tekstur renyah dan rasa manis asam yang menyegarkan.

Selain karena menyegarkan, buah belibing juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Belimbing memiliki berbagai kandungan nutrisi yang seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, protein, karbohidrat, kalsium, kalium, sodium, seng, asam pantotenat, tembaga, besi, gula, serat, folat, dan kalori. Meskipun tidak sefamiliar jeruk, berbagai kandungan nutrisi belimbing inilah yang berperan menjaga kesehatan tubuh kita.

Manfaat Belimbing untuk Kesehatan

  1. Menjaga sistem pencernaan
    Sistem pencernaan yang baik adalah yang mendapatkan asupan serat cukup. Belimbing memiliki kandungan serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan. Kandungan serat tersebut tidak hanya menjaga sistem pencernaan namun mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti mengatasi diare, sembelit, disentri, dan masih banyak lagi.
  2. Mencegah Penyakit Kanker
    Belimbing memiliki kandungan vitamin C yang akan berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Menurut ahli, vitamin C pada belimbing mampu memenuhi 57% kebutuhan vitamin C setiap harinya utnuk tubuh.
  3. Kaya antioksidan
    Selain vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, senyawa lainnya seperti flavonoid polifenol, quercetin, epicatechin, dan asam galat merupakan kandungan antioksidan lainnya yang membuat belimbing sangat besar manfaatnya untuk kesehatan.
  4. Meningkatkan kinerja enzim
    Belimbing memiliki kandungan vitamin B yang lengkap seperti folat, riboflavin, dan juga piridoksin (vitamin B-6). Vitamin B-kompleks bermanfaat penting untuk meningkatkan kinerja enzim dalam tubuh yang berhubungan erat dengan sistem metabolisme tubuh.
  5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
    Hipertensi disebabkan karena tingginya kandungan sodium dalam tubuh, untuk menurunkannya membutuhkan asupan kalium. Sumber kalium tinggi salah satunya ada pada buah belimbing. selain membantu menurunkan hipertensi, belimbing juga memiliki kandungan mineral lainnya seperti zat besi dan magnesium yang efektif untuk mengurangi resiko tubuh kita terkena penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.
  6. Mencegah Kanker
    Belimbing memiliki kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang berkhasiat untuk menangkal radikal bebas pemicu perkembangan sel kanker. Pada umunya buah-buahan yang mengadnung banyak vitamin C bermanfaat membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, radikal bebas dab anti inflamasi bagi tubuh.
  7. Mengurangi Kolesterol
    Belimbing memiliki kandungan zat pektin yang mampu mengurangi zat pektin dalam darah. Pektin berperan mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya.
  8. Mengatasi peradangan
    Belimbing memiliki senyawa anti-inflamasi tinggi yang berkhasiat mengatasi peradangan. Selain itu, anti-inflamasi bermanfaat mengurangi rasa sakit akibat peradangan tersebut.
  9. Menjaga Kesehatan Mata
    Sama seperti wortel, belimbing juga memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Bakhan, dengan rutin mengkonsumsi buah belimbing berkhasiat membuta penglihatan menjadi lebih tajam dari pada orang yang tidak mengkonsumsi buah belimbing.
  10. Meningkatkan Vitalitas
    Kandungan nutrisi pada buah belimbing memiliki kemampuan untuk meningkatkan vitalitas seseorang yang berlaku untuk pria dan wanita. Selain itu, kandungan nutrisi mineral alami seperti zat besi, magnesium, fosfor, kalium, kalsium, dan lainnya dipercaya juga bermanfaat untuk merawat organ reproduksi manusia.
  11. Menambah nafsu makan
    Buah belimbing mengandung vitamin A dan retional yang dapat meningkatkan nafsu makan.
  12. Meningkatkan stamina
    Buah belimbing memiliki kandungan air yang berlimpah dan kandungan mineral yang cukup baik, sehingga dapat mengganti ion-ion tubuh yang hilang setelah beraktivitas berat.

Manfaat Belimbing untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, manfaat lain dari buah belimbing adalah untuk menjaga kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat belimbing untuk kesehatan, antara lain:

  1. Mencegah Penuaan Dini
    Penuaan dini menyebabkan munculnya keriput, kerutan, kusam dan garis-garis halus pada kulit wajah. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan masker belimbing. Sebab belimbing memiliki senyawa antioksida tinggi yang membantu menangkal radikal bebeas penyebab munculnya penuaan dini.
  2. Melebatkan Rambut
    Buah belimbing memiliki kandungan vitamin B kompleks cukup besar yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan rambut dengan menutrisi bagian kepala. Untuk mendapatkan manfaatnya, gunakan belimbing sebagai masker rambut selama 30 menit secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.
  3. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih
    Produksi minyak berlebih pada kulit wajah menyebabkan munculnya beberapa masalah pada kulit wajah seperti memicu komedo dan jerawat. Masker belimbing memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menyerap kondisi minyak berlebih pada wajah sehingga dapat meminimalisir munculnya jerawat dan komedo.
  4. Menghaluskan Kulit Wajah
    Belimbing tinggi kandungan asam oksalat yang dipercaya mampu melarutkan sel-sel kulit mati pada wajah sehingga bermanfaat baik untuk menghaluskan kulit wajah.
  5. Menghilangkan Bekas Luka
    Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah belimbing bermanfaat baik untuk membantu meregenerasi sel-sel kulit mati pada kulit. Hal ini bermanfaat baik untuk membantu menghilangkan bekas-bekas luka pada kulit.
  6. Mencegah jerawat
    Buah belimbing mengandung zinc yang berperan mencegah tumbuhnya jerawat pada kulit wajah.

Efek Samping

  1. Orang yang bermasalah pada ginjalnya harus menghindari konsumsi buah ini karena mengandung asam oxalat.
  2. Jus yang terbuat dari belimbing lebih berbahaya karena konsentrasi asamnya yang lebih tinggi.
  3. Orang yang memiliki kolesterol tinggi atau penderita diabetes juga harus menghindari buah ini, karena kandungan gulanya yang tinggi.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat dan Efek Samping Buah Belimbing untuk Kesehatan Dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..