30 Manfaat Coklat Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya Dengan Tepat

Posted on

Manfaat Coklat Untuk Kesehatan – Selain untuk meningkatkan suasana hati seseorang, coklat juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang. Ada banyak manfaat yang ada pada cokelat,khusunya pada coklat hitam (Dark Chocolate). Coklat hitam mengandung tinggi antioksidan yang baik untuk tubuh.

Coklat memiliki kandungan utama yaitu Kokoa, dalam Kokoa terdapat zat flavanol yang memiliki efek antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan sel serta menurunkan resiko penyakit tertentu seperti penyakit jantung.

Ada banyak kandungan zat gizi dan nutrisi pada coklat. Sebagai bahan dasar pembuatan coklat, biji coklat memiliki kandungan alkanoid yang menyebabkan rasa pahit. Selain itu, biji coklat juga memiliki kandungan protein 9%, karbohidrat 14%, dan lemak 31%. Sedangkan dalam 9% proteinnya mengandung fenilalanin, tyrosin, asam amino triptofan dalam jumlah besar. Sehingga dengan kandungan yang demikian beragam, menjadikan manfaat coklat bagi kesehatan tentu juga sangat beragam. Berikut manfaat coklat bagi kesehatan, antara lain:

Manfaat Coklat bagi Kesehatan

1. Tinggi Antioksidan
Coklat memiliki kandungan flavanols, yaitu sejenis flavonoid yang merupakan antioksidan yang baik untuk tubuh.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Sebuah penelitian dengan John Hopkins pada University School of Medicine, menyebutkan bahwa coklat dapat mengurangi resiko serangan jantung sekitar 50%, ujar Diane Becker, MPH, ScD. Hal tersebut di iyakan, karena mengkonsumsi coklat dapat membuat pembekuan darah melambat. Karena ketika trombosit mengalami pembekuan yang terbentuk seperti blok pada pembuluh darah dapat menyebabkan serangan jantung.

3.  Menurunkan Tekanan Darah
Sebuah penelitian menyebutkan coklat juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, karena kandungan dalam coklat yang dapat membuat mood lebih baik inilah yang membuat coklat mampu menurunkan tekanan darah.

4. Menghilangkan Stress
Coklat memiliki kandungan molekul psikoaktif yang dapat membuat nyaman seseorang. Sedangkan kandungan lainnya seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.

5. Menghambat Penuaan
Coklat tinggi kandungan antioksidan yang mampu menghambat penuaan, sehingga membuat kita lebih panjang umur. Konsumsi secara rutin agar terhindar dari keriput dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

6. Meningkatkan Produksi Insulin
Sebuah penelitian dilakukan di Italia dengan melakukan penelitian terhadap 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons coklat hitam dan jumlah yang pula untuk mengkonsumsi coklat putih yang tidak mengandung phytochimicall plavonoid selama 15 hari. Dalam penelitian tersebut menunjukkan hasil, bahwa resistensi insulin (faktor resiko untuk diabetes) secara signifikan menurun pada mereka yang mengkonsumsi coklat hitam.

7. Melancarkan Aliran Darah
Seseorang yang secara teratur mengkonsumsi coklat hitam akan memiliki tekanan darah sistolik (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah), hal ini akan membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Kandungan zat flavonoid inilah yang bertindak sebagai antioksidan alami dari coklat.

8. Menurunkan Berat Badan
Jika kebanyakan orang takut untuk mengkonsumsi coklat karena dianggap dapat meningkatkan berat badan. Namun tidak dengan mengkonsumsi coklat hitam. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen, menyatakan bahwa bahwa coklat hitam memberikan perasaan yang lebih kenyang seperti manfaat jambu biji dan manfaat apel, daripada coklat putih. Ini artinya cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

9. Mengatasi Diare
Sejak abad ke-16 pada sejarah budaya Amerika Selatan dan Eropa, memberikan kakao untuk mengatasi diare. Hal inipun diperkuat dengan penemuan modern yang mengatakan bahwa kandungan flavonoid dalam kakao mampu mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan diare.

10. Melawan Kanker
Seperti buah anggur, bawang putih, blueberry dan teh, coklat hitam juga memiliki kemampuan untuk melawan dan menghindari kanker. Coklat hitam bermanfaat untuk menghalangi pemisahan sel kanker dan mengurangi peradangan.

11. Menghindari Kerusakan Pada Gigi
Coklat memiliki kandungan zat theobromine yang dapat menghindari rusaknya gigi dengan menyingkirkan streptokokus mutans, yakni bakteri yang memberi peran pada rusaknya gigi pada rongga mulut.

12. Menurunkan Kadar Kolesterol
Mengkonsumsi coklat secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini karena coklat murni memiliki kandungan lemak tak jenuh dan lemak baik yang daik untuk tubuh.

13. Meningkatkan Daya Kerja Otak
Coklat murni dapat membantu memberikan nutrisi otak. Bagi kamu yang merasa pusing dan penat karena pekerjaan, sehingga menyebabkan kelelahan. Anda dapat mengkonsumsi coklat murni untuk membuat otak menjadi lebih rileks dan meningkatkan kerja otak.

14. Menghindari Pre Eklampsia
Kandungan zat theobromine pada coklat bermanfaat baik bagi ibu hamil untuk mencegah pre-eklampsia, yaitu salah satu pemicu persalinan prematur yang ditandai dengan tingginya tekanan darah dalam urin selama kehamilan.

15. Memberi Dampak Bayi Lebih Bahagia
Pada masa kehamilan, ibu hamil pasti mengalami berbagai tekanan, hal inilah yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Dengan mengkonsumsi coklat beberapa gram dalam sehari dapat membantu menurukan resiko stress dan membuat ibu lebih nyaman. Hal tersebutlah yang akan berdampak positif pada bayi ketika lahir nantinya.

16. Meningkatkan Stamina
Kandungan kalori dalam 100gram coklat mencapai 550 kk, bermanfaat untuk meningkatkan stamina dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi olahan biji kakao dengan diolah menjadi minuman untuk dijadikan sebagai sumber energi tubuh.

17. Meredakan Nyeri
Coklat juga memiliki kandungan kafein. Kandungan kafein pada coklat sering dimanfaatkan dalam dunia farmasi sebagai bahan campuran obat-obatan golongan NSAID yang berfungsi untuk pereda nyeri dan sakit.

18. Meningkatkan Kerja Ginjal
Mengkonsumsi coklat juga bermanfaat untuk memicu ginjal bekerja dengan lebih baik sehingga mencegah seseorang dari gangguan penyakit ginjal.

19. Meningkatan Respon Bayi
Mengkonsumsi coklat murni pada masa kehamilan juga baik untuk bayi ketika lahir nantinya. Bayi akan memberikan respon lebih baik, ia akan lebih santai dan tenang. Hal ini dikarenakan coklat memiliki kandungan phenythylamin yang dikonsumsi selama kehamilan juga menjadi nutrisi ibu hamil yang diserap oleh janin.

20. Membuat Kulit Lebih Kenyal
Selain untuk kesehatan, coklat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit seperti mengenyalkan kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda dapat mengaplikasikan coklat sebagai masker.

21. Mengangkat Sel Kulit Mati
Sama seperti kopi yang bisa dimanfaatkan sebagai scrub, coklat juga dapat dimanfaatkan untuk masker atau lulur untuk mengangkat sel kulit mati.

22. Melembabkan Kulit
Coklat hitam memiliki kandungan kalsium, zat besi, vitamin A,C,b1, D serta vitamin E yang jika secara rutin dikonsumsi dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan melembabkan kulit. Vitamin E pada coklat bermanfaat baik untuk merawat, melembabkan dan menjaga kulit tetap elastis.

23. Melindungi Sinar UV matahari
Adanya kandungan flavonoid dalam coklat hitam bermanfaat untuk mengobati luka bakar akibat paparan sinar UV matahari. Selain itu, vitamin E juga mampu melindungi kkulit dari radiasi sinar uv.

24. Menghilangkan Garis Halus
Coklat memang telah terbukti untung membantu menenangkan pikiran sehingga terhindar dari stress. Dengan demikian, hormon cortisol pemicu stress akan ikut berkurang sehinga mampu menghalangi kerusakan kolagen penyebab munculnya garis halus diwajah.

Cara Mengkonsumsi Coklat Dengan Tepat

Secara umum, ada 2 jenis coklat, yaitu coklat hitam (dark chocolate) dan coklat susu (milk chocolate). Dibandingkan dengan coklat susu, coklat hitam lebih baik karena lebih tinggi kandungan antioksidannya, sedangkan coklat susu lebih banyak mengandung lemak dan gula. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi coklat, antara lain:

  1. Pilihlah jenis coklat bittersweet chocolate atau semi-sweet chocolate yang mengandung kandungan minimum 70% cokelat murni (kakao). Karena tinggi kakao, maka tinggi pula kandungan falvonoidnya. Hindari milk cholate karena rendah flavonoid.
  2. Pilih jenis dark chocolate yang terbukti memiliki antioksidan tinggi. Hindari coklat dengan kandungan sayur atau minyak terhidrogenasi dalam komposisi lemak.
  3. Hindari coklat dengan tambahan gula. Jika tidak menyukai, pilih bittersweet chocolate dengan kandungan gula terendah.
  4. Pilih coklat yang mengandung cocoa butter, yaitu lemak baik dalam coklat yang memiliki kandungan asam stearat untuk kesehatan jantung.
  5. Hindari produk dengan menawarkan label “Chocolaty” karena berarti coklat palsu. Serta jauhi coklat berlabel “partially hydrogenated” pada daftar komposisinya. Lantaran lemak itu kerap dihubungkan dengan penyakit jantung.
  6. Mengkombinasikan coklat dengan buah kaya serat seperti cranberry, kacang, kismis, almond, mete serta picthacio akan memberi manfaat lebih pada tubuh.

Itulah penjelasan tentang Coklat Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya   . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.