23 Manfaat Bunga Lawang atau Pekak Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Harus Diketahui

Posted on

Manfaat Bunga Lawang atau Pekak – Bunga lawang atau Kembang Lawang atau pekak (ba jiao atau bat gok) merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki rasa mirip dengan Adas manis. Bunga lawang adalah salah satu bumbu tradisional masakan Cina yaitu ngo hiong yang terdiri dari lima jenis rempah.

Bunga lawang ini sering digunakan dalam berbagai masakan atau olahan minuman. Rempah ini banyak digunakan pada berbagai jenis masakan nusantara seperti rendang, gulai dan lain sebagainya, juga diolah menjadi jamu atau teh sebagai minuman kesehatan.

Kandungan nutrisi dalam bunga lawang diantaranya yaitu serat, karbohidrat, lemak jenuh dan lemak tak jenuh, zat besi, magnesium, potasium, kalsium, sodium, protein, vitamin B6 dan B12, vitamin A, dan vitamin C.

Manfaat Bunga Lawang atau Pekak Bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengatasi gangguan pencernaan
Bunga lawang diketahui dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan sehingga sangat baik dikonsumsi terutama bagi kalian yang sering mengalami gangguan pencernaan.

2. Melancarkan saluran kemih
Bunga lawang memiliki sifat diuretik sehingga sangat baik untuk melancarkan saluran kemih atau saluran kencing.

3. Mengatasi sakit sendi
Bunga lawang juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada persendian yang umum dialami oleh banyak orang.

4. Mengobati batuk
Bunga lawang juga dapat diolah menjadi berbagai minuman salah satunya teh yang diketahui bermanfaat untuk mengatasi batuk yang diderita.

5. Mengurangi gejala mual
Minyak bunga lawang juga memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu untuk mengurangi atau mengatasi mual yang biasa dirasakan ibu hamil.

6. Mengobati flu
Bunga lawang diketahui juga menjadi salah satu bahan baku dalam pembuatan tamiflu, yaitu obat flu yang digunakan untuk mengatasi infeksi virus influenza. Kandungan asam shikimat pada bunga lawang menjadikan rempah ini sebagai salah satu bahan pembuatan obat flu yang dikenal ampuh.

7. Menyehatkan jantung
Konsumsi bunga lawang juga berpengaruh positif pada kesehatan jantung. Sifat analgesik yang terdapat pada rempah berbentuk bunga ini dapat membantu kinerja jantung sehingga kesehatannya tetap terjaga. Disamping konsumsi makanan sehat kesehatan jantung juga bisa diperoleh dengan rajin berolahraga seperti olahraga kardio dan lari pagi setiap hari.

8. Mengatasi nyeri haid
Minyak bunga lawang juga bisa meredakan nyeri haid yang biasa dirasakan oleh para wanita pada awal masa haid. Caranya tinggal mengoleskan minyak bunga lawang pada bagian tubuh atau perut yang terasa nyeri kemudian pijat dengan lembut atau bisa juga dikonsumsi bersama asam jawa dan air hangat sehingga nyeri haid bisa berkurang dan teratasi.

9. Melegakan pernapasan
Bunga lawang juga dapat melancarkan dan melegakan pernapasan. Baik dengan cara meminum air seduhan bunga lawang atau menjadikannya sebagai aroma terapi sehingga pernapasan menjadi lega dan lancar.

10. Mengatasi bau mulut
Konsumsi bunga lawang juga baik untuk kesehatan mulut, bunga lawang ini dapat membantu mengatasi bau mulut yang cukup mengganggu.

11. Menjaga kelembaban kulit
Bunga lawang juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit terasa lebih kenyal dan lembut serta terhindar dari kulit kering. Disamping itu konsumsi rempah ini juga dapat membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh.

12. Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan pada bunga lawang dapat menghambat perkembangan radikal bebas sehingga bisa terhindar dari penuaan dini dan tampak lebih awet muda.

Manfaat Bunga Lawang Lainnya:

13. Mengobati bronchitis dan asma
14. Mengatasi insonmia
15. Mempercepat penyembuhan luka
16. Meredakan gejala rematik
17. Menurunkan berat badan
18. Sebagai antijamur dan antibakteri
19. Sebagai antioksidan
20. Meningkatkan kesehatan ibu hamil
21. Meningkatkan produksi ASI
22. Menyehatkan sistem pencernaan
22. Mengatasi gangguan tidur

Demikian artikel tentang “23 Manfaat Bunga Lawang atau Pekak Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Harus Diketahui“, semoga bermanfaat