45 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, Kecantikan, Kesuburan Pria dan Wanita Serta Bahaya Semangka yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Buah Semangka Serta Bahaya Semangka – Semangka adalah jenis buah segar yang bisa kita jumpai dengan mudah di Indonesia. Buah ini dapat kita temukan disepanjang musim, namun pada musim kemarau memiliki rasa yang lebih manis. Di Indonesia, terdapat 2 jenis varietas semangka yang terkenal, yaitu semangka merah dan semangka kuning. Keduanya hampir memiliki rasa yang sama dan banyak mengandung 92% air.

Semangka adalah buah tropis yang memiliki rasa manis segar dan cocok dinikmati saat cuaca panas. Selain itu, semangka banyak menyimpan kandungan manfaat yang sangat beragam. Hal ini terbukti dari beberapa kandungan nutrisi yang ada pada semangka, seperti :

Tabel nilai gizi semangka per 100 gram sajian :

Kalium 319 mg
Fosfor 31 mg
Magnesium 30 mg
Kalsium 19 mg
Sodium 2,9 mg
Zat Besi 0,98 mg
Selenium 1,2 mcg
Mangan 0,112 mg
Tembaga 0,15 mg
Seng 0,32 mg
Vitamin A 1630 IU
Tiamin 0,092 mg
Riboflavin 0,09 mg
Niasin 0,521 mg
Folat 9 mcg
Asam Pantotenat 0,654 mg
Vitamin B6 0,123 mg
Vitamin C 23,4 mg
Vitamin E 0,15 mg
Vitamin K 0,4 mcg
Protein 1,74 g
serat 1,9 g
Kalori 85 kalori

Selain itu, semangka juga memiliki kandungan serat, niasin, dan berbagai karotenoid dan fitonutrien termasuk likopen. Beberapa nutrisi dalam buah semangka tersebut berkontribusi dan berdampak besar terhadap kesehatan tubuh.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Menurut studi fakultas Florida State University yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension menjelaskan bahwa semangka dapat secara signifikan mengurangi tekanan darah pada individu yang kelebihan berat badan, baik pada saat istirahat atau juga di bawah tekanan stres. Dengan mengkonsumsi satu gelas jus semangka setiap hari bermanfaat untuk menjaga tekanan darah dibawah kontrol.

  1. Mengurangi Timbunan Lemak Berlebih
    Semangka adalah salah satu jenis buah rendah kalori dan tidak mengandung lemak atau kolesterol sehingga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut karena semangka memiliki kandungan senyawa citruline. Senyawa tersebut memetabolisme ke arginin asam amino esensial yang membantu mengurangi tingkat di mana tubuh menyimpan lemak dan meningkatkan fungsi kardiovaskular.
  2. Terhindar dari Dehidrasi
    semangka memiliki 92% kandungan air dan membantu mengisi cairan tubuh serta mengembalikan elektrolit yang pada akhirnya dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Selain itu semangka juga rehidrasi garam kalsium penting, magnesium, kalium dan natrium – yang membantu menghidrasi tubuh dan kulit dan mengurangi kemungkinan dehidrasi.
  3. Menjaga Kesehatan Mata
    Semangka memiliki kandungan betakaroten yang didalam tubuh diubah menjadi vitamin A, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu kombinasi licopene dan vitamin A dapat membantu menghasilkan pigmen di retina mata dan memberikan perlindungan terhadap degenerasi makula, rabun senja dan masalah mata terkait usia lainnya.
  4. Sehat untuk Ginjal
    Semangka dapat menjadi diuretik alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Hal ini bermanfaat baik untuk membantu tubuh membuang racun berbahaya, memurnikan hati, merangsang fungsi ginjal dan mengurangi asam urat dalam darah.
  5. Meningkatkan Suasana Hati
    Semangka memiliki kandungan vitamin B6 yang merupakan nutrisi penting dalam sintesis neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk menenangkan suasana hati.
  6. Menjaga Kesehatan Jantung
    Mengkonsumsi buah semangka dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menghentikan penumpukan kolesterol berbahaya. Hal ini karena semangka memiliki kandungan potassium yang mampu mengatasi [enyakit jantung dan menjaga jantung. Sedangkan kandungan lycopene, beta-karoten dan vitamin C yang membantu mengurangi kolesterol dan mencegah berbagai masalah jantung
  7. Melawan Kanker
    Semangka adalah salah satu sumber makanan terbaik dari lycopene, antioksidan yang baik bagi pencegahan dan pengobatan berbagai jenis kanker. Disamping itu, buah semangka juga mengandung vitamin C dan A yang berperan aktif dalam melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, pada gilirannya membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.
  8. Meningkatkan Energi
    Dalam satu porsi semangka mampu meningkatkan energi sebanyak 23%. Semangka merupakan sumber yang kaya akan vitamin B6 dan B1. Tubuh menggunakan vitamin B6 untuk mensintesis merasa dopamim yang baik. Selain itu, semangka juga memiliki kandungan kalium, vitamin C dan beta-karoten, yang semuanya penguat energi alami.
  9. Kaya Antioksidan
    Semangka tinggi antioksidan yang membantu tubuh tetap sehat dan bebas dari berbagai penyakit. Semangka adalah sumber dari vitamin C dan flavonoid seperti lycopene, beta-karoten, lutein, zeaxanthin dan cryptoxanthin. Dalam tubuh, antioksidan berperan melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan peradangan, rheumatoid arthritis, osteoarthritis, asma, stroke dan serangan jantung.
  10. Mencegah Diabetes
    Meskipun memiliki rasa manis, buah semangka akan memberikan kalori sedikit, hal ini karena 92% semangka terdiri dari air dan serat. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral seperti kalium dan magnesium membantu dalam berfungsinya insulin dalam tubuh, sehingga menurunkan tingkat gula darah.
  11. Mencegah Asma
    Semangka juga bermanfaat untuk mencegah gejala penyakit pernafasan yang bisa menjadi asma. Hal ini karena semangka tinggi vitamin C yang secara efektif mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mencegah gangguan pernafasan.
  12. Mengatasi Sembelit
    semangka tinggi kandungan serat dan air yang bermanfaat biak untuk mengatasi masalah sembelit. Selain itu, serat juga dapat membentuk gel alami pada usus besar yang mampu melancarkan penyerapan nutrisi dan melancarkan buang air besar.
  13. Mencegah Dehidrasi
    Dehidrasi adalah kelainan yang disebabkan karena tubuh kekurangan asupan mineral. Semangka merupakan buah yang tinggi kandungan air yang bermanfaat untuk menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi. Tubuh yang tercukupi asupan mineral dapat membantu terhindar dari gangguan masalah ginjal.
  14. Mengatasi nyeri otot
    Semangka memiliki kandungan senyawa asam amino citruline yang bermanfaat baik untuk meredakan nyeri otot. Selain itu, senyawa tersebut dapat membuat otot menjadi lebih santai dan terhindar dari rasa tegang.
  15. Mencegah dan mengatasi Peradangan
    Semangka memiliki kandungan senyawa fenolik, triterpenoid, karotenoid, dan flavonoid. Likopen dalam semangka sangat efektif untuk mengatasi peradangan dan mencegah tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu kandungan cucurbicatin juga menjadi agen anti inflamasi yang memulihkan sel tubuh dan membantu meningkatkan kekebalan.
  16. Melancarkan Urin
    Semangka mengandung air yang sangat tinggi dan bisa meningkatkan aliran urin dalam tubuh. Semangka juga membantu membuat racun dalam hati sehingga meringankan sistem kerja ginjal.
  17. Mencegah impotensi
    Kandungan senyawa citruline yang bisa dirubah menjadi arginin oleh ginjal telah memberikan peran yang besar terutama untuk mencegah masalah disfungsi ereksi pada laki-laki. Manfaat semangka untuk kesuburan mampu meningkatkan gairan seksual, mengurangi rasa lemah dan lesu serta meningkatkan libido.
  18. Mencegah Sariawan
    Sariawan biasanya disebabkan timbulnya bakteri yang berkembang biak pada bagian rongga mulut yang kering. Semangka berperan mengurangi perkembang biakan bakteri tersebut karena kandungan vitamin C yang dimilikinya.
  19. Menjaga kesehatan ginjal
    Selain kandungan vitaminnya yang lengkap, semangka juga memiliki kandungan kaliium yang berperan penting menjaga fungsi kerja ginjal. Kalium bekerja dengan membersihkan zat-zat beracun yang mengedap dalam ginjal dan melancarkan proses ekresi dan mengurangi kadar asam urat yang dapat memicu etrbentuknya batu ginjal.

Manfaat Semangka untuk Kecantikan

  1. Mencegah Penuaan Dini
    Semangka memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti likopen, vitamin A, vitamin C dan potassium yang bermanfat menangkal radikal bebas. Ancaman radikal bebas dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus, flek hitam , jerawat dan penuaan dini pada kulit wajah. Semangka juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu tubuh terhindar dari radikal bebas.
  2. Menjaga Kelembaban Kulit
    Semangka memiliki kadar air yang tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Selain dikonsumsi secara langsung, anda juga dapat memanfaatkan buah semangka untuk dijadikan sebagai masker alami yang bermanfaat untuk kelembaban kulit.
  3. Meningkatkan Kolagen secara Alami
    Kolagen berfungsi sebagai senyawa yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap elastis. Kandungan vitamin C pada semangka bermanfaat baik untuk membantu tubuh dalam penyerapan kolagen sehingga membuat kulit tetap lembut dan kencang.
  4. Membuat kulit lebih lembut dan halus
    Tidak hanya menyehatkan mata, vitamin A pada semangka juga bermanfaat baik untuk membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus. Vitamin A berperan untuk memperbaiki sistem jaringan sel tubuh pada bagian rambut dan kulit. Hal ini sangat baik untuk mencegah kulit kusam dan kurang nutrisi.
  5. Mengurangi Produksi Minyak berlebih
    Pori-pori wajah yang besar dapat memicu kelenjar minyak bersekresi secara berlebih. Semangka memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat baik untuk meminimalisir permasalahan tersebut.
  6. Meremajakan Kulit
    Manfaat semangka selanjutnya adalah untuk meremajakan kulit wajah. Gunakan masker alami dari semangka untuk membantu regenerasi sel-sel kulit mati dan kulit anda akan terasa lebih muda.
  7. Sebagai toner Alami
    Semangka memiliki kandungan nutrisi alami yang bermanfaat untuk menyegarkan kulit wajah. Caranya dengan memijatkan kulit semangka pada kulit wajah secara langsung. Selain itu, anda juga dapat menggunakan jus semangka sebagai toner wajah secara alami.
  8. Mengatasi Jerawat
    Mengunakan masker alami dari semangka selain menyegarkan juga bermanfaat untuk menyembuhkan jerawar. Caranya dengan hancurkan semangka lalu oleskan pada wajah dan berikan pijatan-pijatan lembut pada wajah secara merata.
  9. Meredakan kulit terbakar pada wajah
    Terlalu sering berada dibawah matahari secara langsung dapat membuat kulit wajah merasa panas dan terlihat kusa. Selain karena kandungan airnya yang bersifat mendinginkan semangka juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mengkal radikal bebas dan mendinginkan kulit wajah sehingga wajah tetap terjaga kesehatannya.

Manfaat Semangka untuk Pria dan Wanita

Kandungan nutrisinya yang banyak membuat semangka juga bermanfaat untuk menjaga kesuburan pria dan wanita. Berikut adalah beberapa manfaat semangka untuk pria dan wanita, antara lain:

  1. Menjaga Kesehatan Prostat
    Prostat adalah kelenjar yang menghasilkan sperma, jika kesehatan prostat dalam keadaan baik maka sperma yang dihasilnya juga dalam kualitas baik. Untuk mejaga kesehatan prostat, mengkonsumsi jus semangka dapat anda lakukan selama 3 minggu. Hal ini karena dalam semangka memiliki kandungan lycopene tinggi yang berperan sebagai zat yang memiliki kemampuan antioksidan untuk menjaga kesehatan jantung, kulit dan Prostat.
  2. Mengatasi Impotensi
    Pada bagian buah dan kulit semangka memiliki kandungan phyto nutrient dalam jumlah cukup tinggi yang dinamakan dengan citruline. Senyawa ini bermanfaat untuk merelaksasi pembuluh darah seperti yang terdapat pada jenis obat disfungsi ereksi. Mengkonsumi citruline secara rutin dapat membantu meningkatkan kadar oksida nitrat yang membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks dan membuat aliran darah menjadi lancar. Jika aliran darah menjadi lancar maka masalah disfungsi efeksi dapat teratasi.
  3. Meningkatkan Kualitas Sperma
    Semangka tinggi kandungan likopen yang bukan hanya bermanfaat untuk melawan sel kanker namun baik juga untuk meningkatkan jumlah sperma hingga 67% serta memperbaiki struktur kualitas sperma sebanyak 63%.
  4. Meningkatkan Kinerja Seksual
    Semangka memiliki kandungan sitrulin tinggi seperti yang ada pada jenis obat kuat. Senyawa sitrulin bekerja untuk meningkatkan produksi nitrit oksida yang berperan penting untuk meningkatkan kinerja seksual pria.
  5. Meningkatkan Kesuburan
    Semangka juga memiliki kandungan tinggi asam folat yang bermanfaat meningkatkan kesuburan bagi wanita. Selain aman dikonsumsi ibu hamil, semangka juga baik dikonsumsi sesudah melahirkan.
  6. Menyuburkan Kandungan
    Selain meningkatkan kesuburan, kandungan asam folat pada semangka juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta mencegah terjadinya cacat fisik dan menjaga perkembangan saraf pada janin dalam kandungan.
  7. Membentuk hormon Pria
    Semangka juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, vitamin A dan vitamin B6 yang berperan penting dalam menjaga pembentukan hormon seks pada pria sehingga baik dikonsumsi setiap hari.
  8. Membantu Penetrasi sel telur
    Selain baik untuk kesehatan kulit, kandungan vitamin E pada buah semangka juga bermanfaat baik untuk membantu sperma untuk penetrasi sel telur.
  9. Memperbaiki Sperma Abnormal
    Kandungan vitamin B12 dan juga asam folat pada semangka juga sangat bermanfaat dalam pembentukan materi genetik sehingga sangat baik untuk memperbaiki sperma abnormal, meningkatkan jumlah sperma dan juga meningkatkan kemampuan gerak sperma.
  10. Meningkatkan kadar testoteron
    Semangka memiliki kandungan senyawa zinc yang bermanfaat untuk eningkatkan kadar testoteron dan juga memperbaiki kesuburan serta memperbanyak produksi sperma pada pria.
  11. Meningkatkan Libido
    Tidak hanya bagian buah dan kulitnya yang bermanfaat untuk masalah kesuburan, bagian biji dari buah semangka juga memiliki manfaat yang penting untuk membantu meningkatkan gairah seksual pada pria dan meningkatkan kesuburan pria,hal ini karena bagian biji juga memiliki kandungan antioksidan.
  12. Penting untuk sistem ereksi pria
    Semangka memiliki kandungan senyawa asam amimo setruin yang mampu meningkatkan produksi dari nitroksida yang merupakan zat penting untuk sistem ereksi pada pria. Sitrulin akan dengan mudah diserap oleh tubuh sehingga tingkat konstrasi aliran darah bisa didapatkan dengan maksimal.

Bahaya Semangka

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat dan digemari banyak orang, semangka juga dapat berbahaya bila dikonsumsi secara berlebih. Berikut ini beberapa bahaya semangka jika dikonsumsi berlebihan, antara lain.

  1. Menyebabkan gastrointestinal
    Meskipun penting untuk tubuh, kelebihan lycopene juga dapat mengganggu sistem pencernaan dan memicu timbulnya gastrointestinal yang dapat menyebabkan tubuh mengalami diare, kembung, mual, dan muntah.
  2. Menyebabkan Hyperkalemia
    Hyperkalemia adalah kondisi tidak normal yang terjadi pada kesehatan kardiovaskular jantung yang berpengaruh terhadap kerja jantung tidak beraturan, gangguan sistem kerja otot, dan gangguan sistem syaraf. Salah satu penyebabnya adalah tubuh terlalu berlebihan menerima asupan pottasium.
    Semangka memiliki kandungan pottasium tinggi yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan hyperkalemia. Selain hyperkalemia, kelebihan potassium juga dapat menggangu kerja ginjal dan menurunkan fungsi kerja ginjal.
  3. Mengganggu stabilitas nutrisi tubuh
    Buah semangga memiliki antioksidan dan vitamin kompleks yang penting untuk kesehatan dan membantu membersihkan sisa-sisa zat beracun dalam tubuh. Namun jika terlalu berlebihan mengkonsumsi semangka juga berefek buruk bagi kesehatan karena nutrisi-nutrisi penting yang terkandung dalam tubuh juga ikut dibersihkan dan terbuang.
  4. Memicu Diabetes
    Semangka memiliki kadar glikemik tinggi yaitu sekitar 72%. Karena itulah, semangka juga dapat menyebabkan kadar insulin dalam pankreas terurai sehingga kadar gula darah menurun dan timbul penyakit diabetes. Kandungan karbohidrat dalam semangka juga cukup tinggi sehingga bila dikonsumsi berlebihan bisa berbahaya bagi kadar gula darah.
  5. Menyebabkan darah Rendah
    Jika dikonsumsi secara berlebihan, buah semangka dapat membuat tekanan darah menjadi drop sehingga menyebabkan lemas, pusing, kram leher dan kesemutan. Tekanan darah normal biasanya mencapai 120/80 mmHG, jika berada dibawah batas normal maka anda mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah.

Dari penjelasan diata, dapat disimpulkan bahwa megkonsumsi buah semangka memang baik untuk kesehatan namun tetap menjaga jumlah yang anda konsumsi agar terhindar dari bahaya yang merugikan kesehatan anda.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Buah Semangka Serta Bahaya Semangka yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..