40 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan Berdasarkan Kandungan Nutrisi di Dalamnya

Posted on

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan –¬†Pisang adalah salah satu tumbuhan buah tropis yang tumbuh subur di Indonesia. Pisang merupakan buah yang tumbuh sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Terdapat banyak sekali jenis buah pisang yang sering kita temui. Buah pisang dengan mudah bisa kita dapatkan dengan harga yang relatif terjangkau. Pisang sering dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut.

Buah pisang merupakan salah satu nama buah yang disebutkan di dalam Al-Quran. Buah dengan rasa manis dan menyegarkan ini memiliki manfaat yang sangat besar untuk tubuh karena memiliki banyak kandungan mineral yang beragam. Buah pisang baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Hingga dapat dipastikan jika buah pisang memiliki banyak sekali manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Buah pisang memiliki banyak kandungan nutrisi seperti kalium dan asam folat, kalsium. fosfor, nitrogen, dan berbagai kandungan mineral yang penting untuk tubuh seperti vitamin C, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium.

Manfaat Buah Pisang

Buah pisang merupakan tanaman yang tumbuh tropis sehingga dapat dengan mudah ditemui di Indonesia. Mengkonsumsi buah pisang setiap hari sangat baik untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi buah pisang setiap hari, antara lain :

1. Menjaga fungsi kardiovaskular
Manfaat mengkonsumsi buah pisang salah satunya adalah menguatkan fungsi sitem kardiovaskular karena bauh pisang tinggi akan kandungan zat potassium . Potassium merupakan mineral yang sangat penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal dan berfungsi dengan baik. Dalam satu buha pisang mengandungmg potassium. Jadi dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat mencegah terkena darah tinggi dan tubuh terlindungi dari aterosklerosis.

2. Menu makan saat diet
Buah pisang sering dijadikan sebagai menu makanan diet bagi banyak orang, hal ini dikarenakan buah pisang memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama dalam tubuh.

3. Tinggi serat
Buah pisang memiliki kandungan fiber (serat) yang sangat tinggi yaitu sekitar 3 gram pada satu buah nya. Serat merupakan salah satu nutrisi yang bekerja secara optimal untuk membantu fungsi pencernaan. Jumlah kandungan serat pada pisang dua kali lipat dibanding buah apel. Kandungan serat pada buah pisang akan mengikat lemak dan mencegah terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah.

4. Mengatasi morning sickness
Buah pisang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, salah satunya yaitu untuk mengatasi morning sickness atau mengatasi rasa mual pada pagi hari. Mengkonsumsi buah pisang bermanfaat menjaga kadar gula darah agar tetap normal dan secara langsung dapat mengurangi kemungkinan morning sickness.

5. Mengatasi mabuk alkohol
Untuk mengatasi mabuk karena alkohol, mengkonsumsi buah pisang yang dicampur dengan madu dapat menjadi salah satu solusinya. Buah pisang mampu mengurangi gejala pusing dan menenangkan perut sedangkan madu membantu menurunkan kadar gula darah.

6. Mengurangi depresi
Manfaat lainnya dari buah pisang yaitu mampu memberikan rasa tenang dan rileks. Pisang diketahui mengandung tryptophan yaitu jenis protein yang didalam tubuh menjadi Serotonin (hormon kebahagian) yang akan membuat tubuh menjadi rileks, meningkatkan mood dan secara umum akan membauat rasa bahagia.

7. Mengatasi sembelit
Buah pisang memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat merangsang usus menjadi lebih teratur dan meringankan sembelit. Buah pisang bermanfaat membantu melancarkan buang air besar dan menyembuhkan sembelit.

8. Mengatasi Magh
Manfaat selanjutnya dari buah pisang yaitu sebagai obat alami untuk penyakit usus karena memiliki tekstur yang lembut dan halus. Buah pisang mengandung antasid yang ampuh untuk mengatasi dan membantu mengatasi masalah magh dan menenangkan gejala sakit magh.

9. Mengatasi tekanan darah
Manfaat yang jarang diketahui oleh banyak orang yaitu ampuh untuk menjaga tekanan darah. Pisang kaya akan kandungan kalium dan mengandung sedikit garam sehingga ampuh untuk mengatasi dan menstabilkan tekanan darah.

10. Mengatasi Anemia
Buah pisang tinggi kandungan zat besi yang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah. Konsumsi buah pisang untuk mencegah terjadinya anemia.

11. Merangsang sistem saraf
Manfaat ini sangat baik untuk perkembangan anak. Buah pisang bermanfaat untuk merangsang kinerja sistem saraf dan menenangkan saraf karena buah pisang mengandung banyak vitamin B.

12. Mengatasi Premenstrual Syndrome (PMS)
Setiap bulannya, wanita akan mengalami gejala PMS. Buah pisang bermanfaat untuk mengatur tingkat glukosa dan memiliki pengaruh langsung pada suasana hati karena mengandung vitamin B6.

13. Mengontrol suhu tubuh
Pisang memiliki efek mendinginkan tubuh secara alami, dalam banyak budaya pisang digunakna untuk mendinginkan suhu tubuh. Di Thailand, wanita hamil mengkonsumsi pisang untuk mendinginkan shu tubuh mereka.

14. Meningkatkan fungsi otak
Pisang tinggi akna kandungan kalium yang ebrfungsi baik untuk meningktkan kekuatan otak. Mnegkonsumsi buah pisang pada pagi hari saat sarapan, istiraha dan makan siang akan membantu meningkatkan kemampuan belajar mereka.

15. Melancarkan peredaran darah
Pisang memiliki kandungan potasiium dan kaliium yang sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Kandungan mineral tersebut cukup banyak pada buah pisang sehingga sangat disarankan untuk anda yang sedang mengalami masalah peredaran darah.

16. Mengatasi asma
Penyakit asma biasanya merupakan penyakit genetik yang diturunkan dari keluarga. Untuk mengurangi penyakit asma anda dapat rutin mengkonsumsi buah pisang setiap hari-nya.

17. Mengatasi Diare
Kandungan kalium pada buah pisang bermanfaat untuk mengobati masalah diare. Segera konsumsi buah pisang jika anda mengalami diare.

18. Mengobati Penyakit Liver
Untuk mengatasi penyakit liver coba untuk mengkonsumsi buah pisang dan madu. Kandungan kedua nya berfungsi baik untuk menjaga kondisi liver dan membantu meningkatkan nafsu makan pada penderita liver.

19. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Kandungan mineral pada buah pisang juga bermanfaat untuk membantu kesehatan tulang dan gigi.

20. Menyeimbangkan cairan tubuh
Tubuh memerlukan cairan untuk membantu menyeimbangkan tubuh. Kandungan kalium pada pisang bermanfaat untuk organ tubuh agar dapat membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

Manfaat Pisang untuk kecantikan

Pisang mempunyai beberapa kandungan gizi yang sangat baik diantaranya Vitamin B, B6, C, Magnesium, Kalsium, Fosfor dan Besi. Dari kandungan tersebut tentunya sangat baik untuk digunakan dalam perawatan wajah. Cara menggunakan perawatan menggunakan pisang adalah dengan membuatnya menjadi masker yang dapat anda campurkan dengan madu atau minyak zaitun. Manfaat pisang untuk kecantikan antaralain :

  1. Membantu mencerahkan wajah
  2. Membantu menghilangkan jerawat
  3. Menghaluskan kulit wajah
  4. Mengangkat sel-sel kulit mati
  5. Melembabkan kulit wajah
  6. Mengurangi produksi minyak berlebih
  7. Mencegah Keriput pada wajah
  8. Mencegah penuaan dini
  9. Meregenerasi sel kulit
  10. Meratakan warna kulit wajah
  11. Mengurangi mata panda
  12. Menghaluskan tumit kaki pecah-pecah
  13. Mengobati bekas luka bakar
  14. Mencegah kerontokan rambut
  15. Melembabkan rambut
  16. Mengurangi peradangan akibat gigitan nyamuk
  17. Mengatasi kulit gatal
  18. Melembutkan rambut
  19. Mengatasi rambut kering
  20. Memutihkan gigi

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.