25 Manfaat Buah pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh terbukti

Posted on

Manfaat Buah pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan  – Pepaya dalam bahasa lating dikenal dengan istilah Carica Papaya adalah buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan. Meskipun berasal dari Amerika Selatam buah pepaya tumbuh subur di Indonesia dan banyak tersedia baik di pasar maupun dipekarangan rumah. Banyaknya pasaran buah pepaya yang sering kita temui membuat harga pepaya tergolong sangat terjangkau jika dibandingkan dengan jenis buah-buah lainnya.

Meskipun memiliki harga terjangkau, buah yang khas dengan warna orange nya ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan bermanfaat sebagai tanamab herbal yang baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Kandungan Gizi pepaya

Pepaya mengandung berbagai macam jenis vitamin seperti pro vitamin A karotenoid, beta karoten, vitamin C, B1 (Tiamina), B2 (Riboflavin), B3 (Niacin), B5 (Asam pantotenik), B6, B9 (folat), E, dan K. Kandungan vitamin C dari buah pepaya mencapai 103% dari kebutuhan haruan yang disarankan.

Pepaya juga mengandung serat pangan, dan senyawa fitokimia termasuk likopen dan polifenol, terdapat juga kandungan senyawa danielone dan fitoaleksin juga ditemukan dalam pepaya. Buah ini pun mengandung pektin yang biasa digunakan untuk membuat jeli.

Pepaya juga tinggi akan kandungan magnesium, potasium (kalium), dan kalsium .

Manfaat Buah Pepaya

Dari banyaknya kandungan yang ada dalam buah pepaya, sudah dapat dipastikan bahwa ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumi buah pepaya. Beberapa manfaat yang didapatkan dari buah pepaya adalah sebagai berikut:

1. Menangkal Radikal bebas
Buah pepaya tinggi kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan munculnya beberapa masalah penyakit seperti berkembangnya sel-sel kanker, penuaan dini dan lainnya.

2. Menurunkan Kolesterol
Buah pepaya kaya akan kandungan serat, vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat mencegah penimbunan kolesterol dalam pembuluh darah. DIketahui bahwa timbunan kolesterol menyumbat aliran darah yang dapat memicu serangan jantung dan stroke.

3. Melancarkan Pencernaan
Pepaya mengandung serat dan enzim papain yang berfungsi untuk mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan yang bekerja dengan membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus, seperti melancarkan buang air besar serta mencegah dan mengatasi penyakit wasir.

4. Menurunkan berat badan
Buah pepaya berukuran medium mengandung 120 kalori, untuk anda yang sedang melakukan program penuruna berat badan, masukkan buah pepaya kedalam menu diet sehat anda untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan serat pad abuah pepaya juga akan membuat oerut menjadi lebih lama kenyang sehinga menurunkan nafsu makan.

5. Mencegah terkena Flu
Buah pepaya mengadnung Vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga efektif juga untuk mencegah terkena virus flu. Selain mencegah penyakit flu, sistem imunitas yang baik juga akan mencegah tesiko terkena penyakit kanker.

6. Menjaga Ginjal
Selain dari daging buahnya. biji buah pepaya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Biji buah pepaya mengandung phenotic dan flavonoid yaitu senyawa aktif yang ebrfungsi melindungi dan mejaga kesehatan ginjal.

7. Mencegah stroke dan penyakit jantung
Buah pepaya mengandung antioksidan yang terbukti mampu mengatasi oksidasi kolesterol dan membantu mencegah terjadinya kardiovaskular seperti serangan stroke dan jantung.

8. Menjaga kesehatan mata
Mengkonsumsi buah pepaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata karena buah pepaya mengandung betakaroten yang bisa di konversi menjadi vitamin A yang bermanfaat untuk melindungi dan menjaga kesehatan mata.

9. Mencegah Penuaan dini
Buah pepaya memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berfungsi menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan kulit seperti kulit keriput, berjerawat, muncul flek hitam dan lain-lainnya.

10. Menjaga kesehatan kulit
Manfaat selanjutnya dari buah pepaya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Buah pepaya kaya kandungan vitamin A, vitamin C dan Vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Rutin mengkonsumsi buah pepaya akan membuat kulit menjadi tampak lebih cerah, halus dan lembab.

11. Memperbesar mr.P
Buah pepaya memiliki kandungan Enzim Arginine yang efektif untuk melancarkan alirah darah pada daerah sekitar mr.P. Enzim Arginine berperan mendorong asam nitrat tubuh untuk dapat merelaksasikan otot-otot pada pembuluh darah, sehingga mr.P secara otomatis dapat membesar secara alami karena aliran darah didaerah sekitarnya menjadi lancar.

12. Mengatasi peradangan
Buah pepaya mengandung chymopapain dan papain yaitu senyawa yang bermanfaat meredakan peradangan dan membantu mempercepat penyembuhan luka bakar. Sehingga buah pepaya baik dimanfaatkan untuk menyembuhakn berbagai jenis luka bakar , iritasi serta masalah peradangan pada kulit.

13. Meredakan panas dalam
Panas dalam menyebabkan rasa tidak nyaman bagi tubuh seperti rasa terbakar dan ingin banyak minum. Untuk mengatasinya anda dapat mengkonsumsi buah pepaya secara rutin, buah pepaya mengandung banyak air yang baik untuk meredakan panas dalam. Bebepa gejala panas dalam seperti tenggorokan kering, tubuh terasa panas, sariawan dan gejala lainnya dapat diredakan dengan mengkonsumsi buah pepaya.

14. Mencukupi kebutuhan vitamin
Buah pepaya kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah pepaya berfungsi melindungi dan membangun sel dalam tubuh sehingga membuat tubuh tercukupi oleh nutrisi dan kesehatan tubuh menjadi terjaga.

15. Mencegah arthritis (radang sendi)
Peradangan pada sendi akan membuat aktivitas fisik menjadi sangat terganggu. Untuk menghindarinya konsumsi buah pepaya untuk memperbaiki tulang dan meredakan nyeri persendian karena buah pepaya memiliki kandungan anti-radang dan vitamin C yang baik untuk kesehatan tulang.

16. Meredakan sakit ketika haid
Manfaat selanjutnya dari buah pepaya adalah untuk meredakan rasa sakit saat haid seperti saat perut menjadi kram saat haid. Kandungan papain pada buah pepaya berfungsi untuk mempelancarkan aliran darah sehingga meredakan rasa sakit saat haid datang.

17. Mencegah Asma
Kandungan betakaroten pada buah pepaya ampuh untuk menurunkan resiko penyakit asma. Konsumsi buah pepaya untuk menghindari dan menurunkan resiko terkena penyakit asma.

18. Mengencangkan payudara
Buah pepaya menghasilkan enzim yang merangsang pertumbuhan payudara, sedangankan kandungan vitamin A pada buah pepaya muda mampu memberikan rangsangan kepada indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan sehingga kelenjar dan otot-otot sekitar payudara menjadi kencang.

19. Menghaluskan tumit
Tumit yang kasar dan pecah-pecah akan menurunkan tingkat kepercayaan diri anda, untuk mengatasinya anda dapat menggunakan getah dari pepaya muda. Oleskan getah pepaya muda secara rutin pada tumit untuk menghaluskan tumit kaki.

20. Sebagai masker wajah
Gunakan masker dari buah pepaya untuk menghaluskan wajah anda dengan cara oleskan pasta pepaya pada wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Masker pepaya juga ampuh untuk menghilangkan flek hitam dan menjadikan kulit wajah menjadi lebih kencang.

21. Mengobati bekas gigitan ular
Untuk menangani bekas gigitan ular berbisa, gunakan akar pepaya untuk mengatasinya. Tumbuk dan haluskan akar pepaya lalu balurkan pada area yang terkena gigitan. Batuk dengan kain dan ganti 2 kali sehari.

22. Mengobali luka melepuh
Untuk mengobati luka melepuh gunakan getah dari buah pepaya untuk olesan pada kulit yang melepuh. Selain mengunakan getahnya, gunakan masker buah pepaya untuk mengobati luka melepuh.

23. Mengobati malaria
Selain dari buahnya, daun pepaya juga efektif untuk mengobati berberapa penyakit seperti untuk mengobati malaria. Gunakan satu lembar daun pepaya dan tumbuk halus dan tambahkan dengan satu gelas air matang, saring dam minum 3 kali sehari untuk mengobati penyakit malaria.

24. Menambah nafsu makan
Untuk menambah nafsu makan pada anak, gunakan satu sendok perasan dari daun pepaya dan beri sedikit garam dan tambahkan setengah gelas air matang.

25. Mengobati sakit gigi
Untuk mengobati sakit gigi, teteskan getah daun pepaya muda menggunakan kapas untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Buah pepaya untuk Kesehatan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.