34 Manfaat Pala untuk Kesehatan dan Kecantikan Efektif Menyembuhkan Yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan – Pala adalah tumbuhan buah yang menghsilkan buah yang menjadi salah satu aneka rempah alami di Indonesia. Tanaman pala berasal dari Maluku, Sulawesi dan menyebar dengan cepat diseluruh wilayah Indonesia. Buah pala memiliki bentuk bulat seperti buah mengkudu dengan kulit tebal dan biji didalamnya. Dahulu, masyarakat di Maluku hanya memanfaatkan bijinya saja lalu membuang kulit buahnya. Namun saat ini bagian kulit buah pala banyak dimanfaatkan dengan mengolahnya menjadi manisan atau minuman sehat. Buah pala kini menjadi komoditi ekspor yang menjanjikan karena manfaatnya besar sebagai bumbu masakan dan manfaatnya untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah dan Biji Pala

Pala memiliki kandungan senyawa alami yang cukup banyak dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan nutrisi dari bij pala antara lain:

Energi ( 42 kkal )
Protein ( 0,3 gram )
Lemak ( 0,2 gram )
Karbohidrat ( 10,9 gram )
Minyak atsiri
Zat samak
Zat pati.
Saponin.
Scolopetin.
Miristisin
Elemisi
Enzim lipase
Pektin
Limonene
Asam oleanolat
Gula pati
Zat besi ( 2 miligram )
Kalsium ( 32 miligram )
Vitamin A ( 29 IU )
Vitamin B1 ( 1 miligram )
Vitamin C ( 22 miligram )

Manfaat Buah Pala untuk kesehatan

Kandungan nutrisi yang lengkap dari buah Pala membuat pala bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat buah pala untuk kesehatan, antara lain:

  1. Mengobati Hepatitis
    Pala memiliki kandungan asam oleanolat yang bisa melindungi hati dan bersifat sebagai antivirus, sehingga virus hepatitis pun bisa dihindari atau hati bisa lebih terjaga kesehatannya. Karena itulah, penyakit hepatitis dapat dibantu pengobatanya dengan mengkonsumsi sari pala.
  2. Mengatasi Flu
    Flu biasanya menyerang akibat terkena papran virus disekitar lingkungan. Pala memiliki manfaat yang dapat membantu mengatasi flu. Hal ini karena pala memiliki kandungan asam oleanolat. Asam oleanolat bersifat antivirus yang dapat dengan baik mengatasi influenza.
  3. Menghilangkan Bau Badan
    Pala memiliki kandungan limonene dan minyat atsir yang berkhasiat untuk menghilangkan bau badan dan bau mulut tidak sedap.
  4. Mengatasi Masuk Angin
    Manfaat selanjutnya dari buah pala adalah untuk menyembuhkan masuk angin. Rebusan buah pala bermanfaat baik untuk menghangatkan badan dan meredakan perut kembung karena masuk angin, hal ini karena dalam pala memiliki kandungan minyak atsiri seperti halnya pada jahe.
  5. Mengatasi Insomnia
    Insomnia menyebabkan kualitas tidur menjadi buruk, hal ini menyebabkan munculnya beberapa penyakit yang timbul dari buruknya kualitas tidur anda. Rebusan biji pala diyakini mampu mengatasi dan menghilangkan insomnia seseorang.
  6. Meningkatkan Nafsu Makan
    Manfaat selanjutnya dari buah pala adalah untuk membantu meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena buah pala memiliki kandungan enzim lipase yang berperan untuk menambah dan meningkatkan nafsu makan. Konsumsi rebusan pada untuk meningkatkan nafsu makan anda.
  7. Melancarkan Pencernaan
    Selain meningkatkan nafsu makan, senyawa enzim lipase juga bermanfaat untuk mempermudah proses mencerna makanan didalam tubuh. Karena itu mengkonsumsi pala juga bermanfaat baik untuk membantu melancarkan pencernaan.
  8. Menghilangkan rasa mual dan muntah
    Pala memiliki sifat antiemetik yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan rasa mual dan muntah. Rebusan pala sangat cocok dibawa untuk kamu yang sering mabuk kendaraan.
  9. Mengatasi Nyeri
    Selain untuk mengatasi rasa mual, sifat antiemetik pada buah pala juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri saat haid maupun nyeri rematik.
  10. Meredakan Asam Lambung
    Biasanya penyakit asam lambung ditandai dengan rasa perih dan mual dibagian perut atas. Zat saponin bermanfaat untuk membantu meredakan dan menurunkan asam lambung di dalam tubuh. Cara mengatasinya yaitu dengan menyiapkan 100ml air hangat dan mencampurkan bubuk pala dengan 2 sendok teh pisang batu, campurkan minum selagi hangat.
  11. Mengatasi Suara Parau
    Manfaat pala selanjutnya adalah untuk membantu mengatasi suara parau, hal ini karena pala memiliki kandungan minyak essensial yang membantu mengobati suara parau. Caranya yaitu dengan:

    • Haluskan pala
    • Haluskan jahe
    • Campurkan dengan 1 sendok teh cengkeh yang dihaluskan
    • Tambahkan dengan 3 tetes dari minyak kayu putih
    • Campur semua bahan-bahan sampai membentuk pasta
    • Oleskan ke leher
    • Diamkan selama 3 jam
      Lakukan secara rutin
  12. Mengobati Rasa Sakit
    Pala memiliki kandungan senyawa mentol yang bermanfat menetralisir dan mengobati rasa sakit yang diakibatkan karena cidera, luka dan radang kronis.
  13. Menyehatkan Otak
    Pala memiliki kandungan miristin yang bermanfaat untuk membantu mengurangi degradasi jalur syaraf dan penurunan kognitif dari otak. Untuk penderita alzheimer, parkinson dan pikun degradasi jalur syaraf dan penurunan kognitif dalam otak bisa dikurangi atau diperlambat dengan mengkonsumsi rebusan pala.
  14. Proses Detoksifikasi
    Detok adalah proses pengerluaran racun dalam tubuh seseorang melalui urine. Jika tidak dikeluarkan, racun-racun tersebut dapat mengendap dan memicu penyakit ginjal, hati dan usus. Buah pala memiliki senyawa yang bermanfaat untuk membersihkan toksin dalam organ-organ tersebut terutama toksin yang ada di Hati dan Ginjal. Racun atau toksin tersebut dapat dikeluarkan melalui keringat, feses maupun melalui urin.
  15. Menjaga Kesehatan Mulut
    Buah pala memiliki kandungan minyak atsiri yang bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut dan meningkatkan kekebalan gusi maupun gigi. Gunakan rebusan pala untuk obat kumur secara rutin untuk mendapatkan manfaat baiknya.
  16. Mencegah Leukimia
    Mengkonsumsi sari buah pala berkhasiat untuk mencegah perkembangan sel kanker darah atau leukimia dan menghambat pertumbuhannya. Hal ini karena pala memiliki kandungan senyawa metanol. Manfaat ini belum diketahui banyak orang jika pala mampu mencegah perkembangan leukimia.
  17. Menjaga kesehatan Kulit
    Pala memiliki senyawa Zat scolopetin yang berperan menghentikan peradangan pada kulit sehingga kulit terjaga kesehatannya.
  18. Menghilangkan Bekas Luka
    Zat scolopetin juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan bekas luka cacar maupun luka lainnya. Caranya dengan mencampurkan bubuk buah pala dengan madu dan sedikit air hingga menjadi pasta, lalu baluskan pada kulit bekas luka selama 30 menit.
  19. Melancarkan Peredaran Darah
    Manfaat selanjutnya dari buah pala adalah untuk melancarkan peredaran darah, hal ini karena pala mengandung kalium. Kalium bermanfaat membuat peregangan di pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar.
  20. Menormalkan Tekanan Darah
    Pala memiliki kandungan mineral dan kalium yang baik untuk mengatur tekanan darah. Kandungan mineral dan kalium pada buah pala bermanfaat baik untuk meregangkan pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.
  21. Menyehatkan Tulang
    Buah pala memiliki kandungan kalsium, yang berperan baik untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kalsium juga berfungsi baik untuk memperbaiki sistem saraf tulang dan menjaga pertumbuhan tulang sehingga terhindar dari pengeroposan.
  22. Menjaga sistem kekebalan tubuh
    Buah pala memiliki kandungan vitamin C yang berperan baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh , sehingga tubuh terhindar dari virus dan bakteri penyebab penyakit.
  23. Mencegah Anemia
    Pala memiliki kandungan zat besi yang mampu meningkatkan dan memperbaiki sel darah merah yang mampu mencegah gejala anemia.
  24. Mengobati Diabetes
    Dalam pala memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan macelingan, yaitu senyawa yang terdapat dalam pembuatan obat diabetes. Senyawa tersebut berkhasiat menurunkan kadar gula dalam darah dan mencegah komplikasi pada diabetes yang diderita.
  25. Menyehatkan Mata
    Pala mengandung manfaat vitamin A yang tinggi. Vitamin A yang ada manfata buah pala pun bisa menjernihkan pandangan atau penglihatan mata.
  26. Menangkal Radikal bebas
    Pala memiliki senyawa kimia yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan penyebab munculnya berbagai macam penyakit seperti kanker, penuaan dini dan masalah kesehatan lainnya.
  27. Mengobati Sakit gigi
    Pala memiliki kandungan zat samak yang berperan membunuh kuman dalam tubuh. Sakit gigi disebabkan karena adanya kuman dalam gigi yang membuat gigi terasa sangat sakit, berkumur dengan sari buah pala efektif untuk membunuh kuman-kuman penyebab sakit gigi.
  28. Sumber energi
    Kandungan nutrisi dalam buah pala seperti Zat pati, gula pati, karbohidrat dan energi dalam buah pala bermanfaat baik untuk menghasilkan energi didalam tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih berstamina.
  29. Mengatasi Stress
    Kandungan miristisin dalam manfaat buah pala, berguna untuk menghambat protein monoamine oksidase yang dipercaya sebagai penyebab timbulnya stress.

Manfaat Buah Pala untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, kandungan antiseptik, antibakteri, anti peradangan, analgesik dan antioksidan pada biji pala juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan. Beberapa masalah kecantikan yang dapat diatasi dengan biji pala antara lain:

  1. Mencerahkan Kulit
  2. Mengatasi dan menghilangkan noda jerawat
  3. Mengurangi garis halus atau keriput
  4. Menguatkan dan menyehatkan rambut
  5. Menebalkan rambut

Untuk mengatasii masalah kecantikan diatas, anda dapat melakukan perawatan dengan cara membuat biji pala sebagai masker. Seperti berikut ini.

  • Siapkan bubuk pala secukupnya
    Beri sedikit air dan madu
    Aduk hingga menyerupai pasta
    Gunakan pasta pala sebagai masker untuk wajah.

Sedangkan untuk kesehatan rambut, anda dapat melakukan cara yang sama untuk wajah atau dengan memberikan pijatan rambut dengan ekstrak minyak pala.

Perlu diperhatian, terlalu banyak mengkonsumsi pala dapat menimbulkan efek seperti psik*tr*pik, atau efek halusinasi pada orang. Mengkonsumsi pala terlalu banyak dapat mengakibatkan dampak yang lebih serius, dan dapat mempersulit proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu, kelebihan mengkonsumsi pala juga dapat menyebabkan kejang , jantung berdebar, dan muntah. Pala akan aman dan bermanfaat jika digunakan sebagai bumbu dan dikonsumsi dalam jumlah yang terkontrol.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Kentang untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..