36 Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya Yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya¬† –¬†Mahkota dewa adalah tanaman asli Indonesia yang berasal dari Papua Irian Jaya. Tanaman mahkota dewa menghasilkan buah matang berwarna merah cerah yang sangat cantik. Tanaman ini juga sering dijadikan tanaman peneduh didalam rumah karena ukuran pohonnya yang tidak terlalu besar dan tinggi yang hanya mencapai 3 meteran saja.

Selain hanya dimanfaatkan sebgaai tanaman peneduh, buah mahkota dewa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh berkat kandungan gizi yang ada didalamnya. Beberapa kandungan yang ada dalam buah mahkota antara lain.

  • Alkaloid
    • bersifat detoksifikasi yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh
  • Antioksidan
    • bermanfaat baik untuk menangkal radikal bebas
  • Saponin
    • sumber anti bakteri dan anti virus
    • meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    • meningkatkan vitalitas
    • mengurangi kadar gula dalam darah
    • mengurangi penggumpalan darah
  • Flavonoid
    • melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah
    • mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penumbunan lemak pada dinding pembuluh darah
    • mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner
    • mengandung antiinflamasi (antiradang)
    • berfungsi sebagai anti-oksidan
    • membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan
  • Polifenol
    • berfungsi sebagai anti histamin (antialergi)

Manfaat Mahkota Dewa untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Tumor
    Tumor adalah salah satu penyakit menakutkan setelah kanker yang ditandai oleh munculnya sebuah benjolan tidak normal pada tubuh. Buah mahkota dewa memiliki kandungan antioksidan yang berkhasiat untuk mengatasi tumor.
  2. Menurunkan Kolesterol
    Kolesterol jahat dalam tubuh dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit komplikasi lainnya yang membahayakan tubuh. Buah mahkota memiliki kandungan zat flavonoid yang memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  3. Mengobati jantung koroner
    Penyakit jantung koroner disebabkan karena adanya sumbatan aliran darah menuju ke jantung. Buah mahkota dewa memiliki kandungan senyawa flavonoid yang berkhasiat melancarkan aliran darah dipembuluh darah. Dengan aliran darah lancar maka kerja jantung akan stabil dan lebih baik.
  4. Menangkal Radikal bebas
    Radikal bebas menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit serius seperti kanker dan tumor. Buah mahkota dewa memiliki antioksidan yang ada di dalam kulit buah ini lah yang akan berperan untuk menangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh.
  5. Melancarkan peredaran darah
    Buah mahkota dewa memiliki kandungan flavonoid yang berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah. Dengan peredaran darah dalam tubuh yang lancar maka kita dapat terhindar dari berbagai penyakit serta gangguan kesehatan lainnya.
  6. Menurunkan Kadar GUla
    Kandungan saponin yang ada di dalam mahkota dewa bisa menurunkan kadar gula darah. Air rebusan mahkota dewa cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes dengan kadar gula yang tinggi.
  7. Sebagai anti peradangan
    Kandungan senyawa flavonoid pada buah mahkota dewa bermanfaat baik sebagai anti bakteri. Dengan mengkonsumsi rebusan mahkota dewa sangat menguntungkan bagi kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang di akibatkan inflamasi.
  8. Menangkal Bakteri jahat
    Zat alkonoid dalam buah mahkota dewa juga berperan penting untuk menangkal bakteri jahat dalam tubuh yang dapat menyebabkan tubuh terkena infeksi bakteri.
  9. Mengobati flu dan batuk
    Flu dan batu merupakan penyakit yang di sebabkan oleh virus, kandungan antivirus yang terdapat pada buah ini dapat mengobati flu dan batuk pada tubuh.
  10. Meningkatkan imunitas
    Sistem imunitas yang baik akan membuat tubuh menjadi tetap sehat dan segar. Kandungan zat saponin yang terdapat pada buah ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh.
  11. Membantu Detoksifikasi
    Saat ini banyak orang mulai sadar akan pentingnya Detoksifikasi. Detoksifikasi bertujuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga tubuh terhindar dari berbagai macam racun yang dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit berbahaya. Cara melakukan detox dengan buah mahkota dewa adalah dengan merebus buah mahkota dewa tanpa biji kemudian meminum air rebusannya selama seminggu sekali. Racun akan dikeluarkan melalui urin, feses dan juga keringat.
  12. Meningkatkan Metabolisme
    Slalah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh buruknya metabolisme tubuh adalah penurunan kognitif tubuh. Zat flavonoid dalam mahkota dewa dipercaya bisa meningkatkan dan menjaga sistem metabolisme di dalam tubuh.
  13. Mengatasi Alergi
    Buah mahkota dewa memiliki kandungan Zat polifenol yang bermanfaat untuk mengusir dan menghilangkan alergi khususnya alergi pada makanan.
  14. Mengurangi lemak dalam darah
    Salah satu penyebab pembuluh darah menyempit adalah adanya timbunan lemak didalamnya. Buah mahkota dewa memiliki zat flavonoid yang bisa mengurangi timbunan lemak.
  15. Mengatasi Asam urat
    Zat flavonoid pada mahkota dewa bisa menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Jika kadar asam urat bisa diturunkan maka penyakit asam urat pun bisa diobati dan juga dihilangkan.
  16. Mengobati Disentri
    Disentri disebabkan oleh adanya kuman dan bakteri. Buah mahkota dewa memiliki kandungan saponin yang bersifat anti bakteri.
  17. Mengobati Hepatitis
    Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Kandungan saponin dalam buah mahkota dewa bermanfaat baik untuk membantu mengobati hepatitis.

Untuk mendapatkan berbagai macam manfaat dari buah mahkota dewa, cara pengobatannya dengan :

  • Siapkan 5 buah buah mahkota dewa yangtelah dikeringkan
  • Rebus dengan menambahkan 5 gelas air
  • Rebus mahkota dewa hingga mendidih dan meresap hingga setengahnya
  • Konsumsi 3 kali sehari

Efek Samping Mahkota Dewa

  1. Selain bermanfaat baik untuk kesehatan, buah mahkota dewa juga memiliki efek samping yang membahayakan tubuh. Beberapa efek sampingnya antaralain:
  2. Biji mahkota dewa memiliki racun yang jika dikonsumsi menyebabkan mulut bengkak, sariawan, mabuk, kejang hingga pingsan.
  3. Air dari sari daun mahkota dewa menyebabkan kantuk dan mabuk.
  4. Mengkonsumsi ekstrak buah mahkota dewa pada saat haid berdampak buruk karena dapat memperhebat pendarahan karena berefek menggerus dinding rahim.
  5. Mengkonsumsi buah mahkota dewa pada saat hamil muda dapat memacu kerja otot rahim sehingga menyebabkan kontraksi lebih cepat.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..