Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin yang Penting Diketahui

Posted on

Buah Delima untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin – Buah delima termasuk salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Menurut sebuah penelitian, buah ini memiliki kandungan vitamin C sekitar 40% yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian orang dewasa. Selain vitamin C, buah delima juga mengandung asam folik, kalium, serat, niasin, vitamin E, dan vitamin A. Anti oksidan yang juga terkandung di dalam buah delima bermanfaat untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Jika dibandingkan dengan buah lainnya, seperti cranberry, blueberry, dan anggur, kandungan anti oksidan buah delima lebih tinggi.

Mengkonsumsi buah delima dalam jumlah yang wajar dapat memberikan manfaat baik bagi ibu hamil dan janin. Beberapa manfaat buah delima untuk ibu hamil dan janin diantaranya yaitu:

Manfaat Delima untuk Ibu Hamil dan Janin

Tinggi Vitamin C
Delima tinggi kandungan vitamin C yang bermanfaat baik untuk kesehatan dan ibu hamil. Beberapa manfaatnya yaitu untuk meningkatkan imunitas tubuh, menangkal radikal bebas, mencegah sariawan dan bibir pecah-pecah. Selain delima, jenis buah tinggi vitamin C juga bisa didapatkan pada jenis buah seperti jeruk, lemon, jambu biji dan lainnya.

Membantu Perkembangan Otak Janin
Buah delima memiliki kadnungan asam folat yang bermanfaat untuk membantu proses perkembangan otak janin sehingga janin akan terlahir normal. Sedangkan kekurangan asupan asam folat dapat berdampak tidak baik untuk janin serta dapat memperbesar risiko bayi lahir dengan cacat metal. Asam folat dapat membantu meningkatkan perkembangan otak janin dan meningkatkan imunitas bagi ibu hamil.

Selain pada buah delima asam folat banyak ditemukan dalam beragam jenis buah lainnya.

Membantu Pembentukan Tulang Janin
Kandungan kalium dan fosfor pada buah delima dapat membantu mengoptimalkan perkembangan tulang dan gigi janin. Selain untuk janin, kalium dan fosfor juga baik untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang).

Selain dengan delima, ibu hamil juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium dengan mengkonsumsi susu ibu hamil.

Mencegah Dehidrasi
Kandungan kalium dan natrium pada buah delima cukup banyak sehingga baik untuk mencegah dehidrasi. Seperti yang diketahui, dehidrasi pada ibu hamil dapat menyebabkan keadaan buruk pada ibu hamil dan janin. Meskipun delima dapat mencegah dehidrasi sebaiknya cukupi juga dengan mengkonsumsi air mineral karena mengkonsumsi delima secara berlebihan juga tidak baik untuk kehamilan.

Mencegah Kram Kaki
Pada masa kehamilan trimester ketiga biasanya banyak ibu hamil yang mengeluh menderita kram kaki yang tak kunjung henti. Keadaan ini terjadi akibat berat badan ibu hamil yang meningkat. Untuk mencegah dan meringankan gejala tersebut, anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi, salah satunya dengan mengkonsumsi buah delima.

Mengurangi Risiko Pendarahan pada Proses Persalinan
Pada proses persalinan sangat mungkin ibu mengalami pendarahan. Kandungan zat besi pada buah delima dapat berperan untuk mengurangi risiko terjadinya pendarahan. Seperti yang kita ketahui, pendarahan sangat berbahaya bagi calon ibu karena dapat menyebabkan keluarnya banyak darah hingga berujung dengan hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak hanya bermanfaat untuk mejaga kesehatan bagian dalam, delima juga bermanfaat untuk merawat kulit ibu hamil. Kandungan asam folat dan antioksidan buah delima dapat merangsang dan meningkatkan kecantikan kulit. Dengan demikian, selain baik untuk menjaga kesehatan janin, delima juga dapat mencerahkan kulit sang ibu.

Dampak Mengkonsumsi Buah Delima 

Seperti yang kita ketahui segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak tidak baik untuk tubuh. Tak terkecuali dengan mengkonsumsi buah delima secara berlebihan yang dapat memberikan dampak berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Beberapa dampak negatif akibat konsumsi buah delima secara berlebihan antara lain seperti:

Meningkatkan Risiko Bayi Lahir Prematur
Meskipun memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin, mengkonsumsi buah delima secara berlebihan juga dapat membahayakan kesehatan. Terlwbih bagi anda yang mengkonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung ekstrak buah delima. Sebaiknya hindari mengkonsumsi ekstrak delima karena dalam ekstrak delima mengandung juga kulit delima, yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan kontraksi dini sehingga meningkatkan risiko kelahiran prematur. Hindari konsumsi ekstrak delima untuk mengurangi risiko kelahiran prematur, dan sebaiknya konsumsi buah delima segar dengan jumlah wajar.

Meningkatkan Berat Badan
Buah delima memang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin, namun mengkonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan berat badann. Hal ini dikarenakan buah delima mengandung cukup tinggi kalori yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan berat badan secara signifikan. Karena itu disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah delima secara berlebihan agar terhindar dari risiko tersebut.

Menimbulkan Efek Samping Jika Dikonsumsi Dengan Jenis Obat-Obatan Lain
Ibu hamil biasanya tidak boleh mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan dan harus berdasarkan resep dokter atau sebelumnya lakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi jenis obat-obatan jika ingin mengkonsumsi buah delima. Karena diketahui bahwa buah delima dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat dan menimbulkan efek samping. Seperti pada obat pengecer darah, obat tekanan darah dan ACE Inhibitor. Maka hindari buah delima jika anda mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan tersebut.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.