27 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Kecantikan – Anggur adalah tanaman buah perdu merambat yang masuk dalam keluarga Vitaceae yang memiliki banyak varietasnya. Namun jenis yang paling terkenal dan fenomenal di Indonesia adalah jenis anggur merah, ungu dan anggur hijau. Di Indonesia, buah anggur lebih banyak di temukan didaerah yang cukup dingin dan memerlukan perawat khusus untuk menghasilkan buah yang lebat dan besar.

Selain dimakan langsung, buah anggur sering juga dikonsumsi dengan dibuat jus, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur, atau dibuat selai. Buah anggur juga dikenal karena banyak mengandung senyawa polifenol dan resverator yang berperan aktif dalam metabolisme tubuh, mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan mengatasi berbagai masalah penyakit lainnya. Hal tersebut terbukti dengan beberapa kandungan nutrisi yang ada pada buah anggur. Seperti pada gambar dibawah ini.

Dalam 100 gram anggur mengandung 69 gram kalori, tinggi kandungan air, sumber vitamin A, C, B6, folat, mineral potassium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan selenium. Selain itu anggur juga tinggi kandungan antioksidan yang penting untuk kesehatan mata seperti lutein dan zeaxanthin, dan kulit anggur merah mengandung resveratrol, antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari beberapa penyakit kronis. Anggur juga mengandung flavonoid myricetin dan quercetin yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Karena banyaknya manfaat yang ada dalam buah anggur,membuatnya disebut sebagai salah satu jenis “super food”.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai macam manfaat yang didapatkan dari buah anggur, simak ulasan berikut ini.

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

  1. Mencegah Kanker
    Anggur memiliki kandungan antioksidan yang disebut polifenol. Polifenol tersebut berkhasiat untuk mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker seperti pada kanker esofageal, kanker paru-paru, kanker mulut, kanker faring, kanker pankreas, kanker prostat, kanker payudara, dan kanker kolon. Sealin polifenol, kandungan antosianin dan pro-antosianidin pada anggur juga merupakan anti-proliferasi dan menghambat pertumbuhan agen penyebab kanker.
  2. Mencegah kerusakan pada LDL
    Anggur memiliki kandungan flavonoid quercetin yang merupakan anti-inflamasi alami yang dapat menurunkan risiko atherosclerosis dan mencegah kerusakan karena kolesterol LDL.
  3. Mencegah Penyakit Jantung
    Pada kulit buah anggur memiliki kandungan resveratrol yang baik utnuk kesehatan jantung dan memiliki efek anti-inflamasi. Selain itu, serat dan poyassium pada buah anggur juga berkhasiat mendukung kesehatan jantung. Peningkatan asupan potassium diiringi dengan penurunan asupan sodium dapat menurunkan risiko penyakit jantung.
  4. Mencegah Hipertensi
    Anggur memiliki kandungan potassium tinggi yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Asupan potassium yang rendah dalam tubuh dapat meningkatkan resiko perkembangan tekanan darah tinggi, karena asupan sodium akan meningkat.
  5. Mencegah Konstipasi
    Masalah konstipasi dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air seperti buah anggur, semangka dan blewah. Selain itu, anggur juga tinggi kandungan serat yang penting untuk mencegah terjadinya konstipasi.
  6. Meringankan Alergi
    Buah anggur memiliki efek anti-inflamasi dari quercetin yang bermanfaat baik untuk meringankan gejala alergi seperti flu, mata berair dan gatal-gatal.
  7. Mencegah Diabetes
    Anggur memiliki kandungan rendah glikemin yaitu 43-53, sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes karena tidak menaikkan gula darah dengan cepat. Selain itu, anggur juga memiliki peran untuk menjaga keseimbangan gula darah, regulasi insulin yang lebih baik dan meningkatkan sensitivitas insulin.
  8. Menjaga Kesehatan Tulang
    Anggur memiliki sumber zat zat gizi mikro seperti tembaga, zat besi, dan mangan yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Mangan juga menjadi salah satu elemen penting bagi tubuh untuk membantu metabolisme protein, pembentukan kolagen dan fungsi sistem saraf. Rutin mengkonsumsi anggur bermanfaat baik untuk mencegah masalah kesehatan tulang seperti osteoporosis.
  9. Menurunkan Kolesterol Darah
    Anggur memiliki kandungan yang disebut dengan pterostilbene, yang berperan penting untuk menurunkan level kolesterol. pterostilbeneberhubungan dengan resveratrol memiliki sifat antioksidan dan anti-kanker yang berdampak baik bagi level kolesterol.
  10. Sebagai Antibakteri
    Anggur memiliki sifat anti bakteri dan anti virus yang kuat untuk melindungi tubuh dari inveksi. Seperti melawan virus polio dan virus herpes.
  11. Menjaga kesehatan mata
    Konsumsi 3 porsi anggur setiap hari dapat menurunkan risiko degenerasi makular mencapai 36%. Hal ini karena anggur mengandung flavonoid yang mampu menurunkan dan melawan radikal bebas yang menyebabkan katarak.
  12. Meningkatkan Sistem Imunitas
    Anggur merupakan sumber vitamin yang baik seperti kandungan vitamin C, K dan A yang tinggi berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan sistem organ seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah pnyakit flu dan masalah kesehatan lainnya.
  13. Mengatasi Insomnia
    Anggur memiliki kandungan zat melatonin yang berkhasiat mengatur jam tidur dalam otak bekerja kembali. Dengan begitu anda akan terhindar dari masalah insomnia.
  14. Meningkatkan gairah seksual
    Buah anggur memiliki sifat afrodisiak yang memiliki khasiat untuk meningkatkan gairah seksual. Dengan begitu bermanfaat baik untuk mempererat hubungan anda dengan pasangan.
  15. Mengobati Asma
    Anggur memiliki daya serap yang mampu meningkatkan kadar air di paru-paru. Sehingga sangat baik dikonsumsi para penderita penyakit asma dan berpotensi mengurangi sesak napas.

Manfaat Anggur untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, nutrisi yang ada buah anggur juga bermanfaat baik untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan. Beberapa manfaat yang ada buah anggur untuk kecantikan antara lain:

  1. Melindungi kulit dari sinar UV
    Kulit terbakar dan kerusakan sel kulit yang terjadi akibat radiasi sinar UV dapat diatasi dengan mengkonsumsi maupun menggunakan masker dari buah anggur. Hal ini karena anggur memiliki kandungan senyawa resveratrol dan proantosianidin yang melindungi kulit dari sinar UV.
  2. Mencegah Penuaan Dini
    Penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya bintik hitam dan garis halus disekitar kulit wajah, masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan anggur. Anggur berkhasiat mengencangkan kulit wajah dan mencegah proses penuaan, kandungan vitain C pada buah anggur berperan dalam pembentukan kolagen dan serat protein yang berfungsi untuk mengembalikan keelastisan kulit.
  3. Menghaluskan Kulit
    Manfaat selanjutnya dari buah anggur yaitu untuk membantu menghaluskan kulit, hal ini karena buah anggur kaya akan vitamin E yang juga membantu melembabkan kulit.
  4. Meratakan Warna Kulit
    Kandungan Polifenol pada anggur juga bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit secara merata.
  5. Mengatasi Kerontokan Rambut
    Asam linoleat yang terkandung pada anggur dapat menguatkan folikel rambut dan membuat rambut lebih kuat dan sehat, sehingga kerontokan rambut dapat teratasi.

Manfaat lain anggur

  1. Menurunkan resiko stroke
  2. Melindungi kepadatan tulang
  3. Menurunkan resiko batu ginjal
  4. Meningkatkan kadar nitrit oksida dalam darah
  5. Mencegah pembekuan darah
  6. Mencegah penyakit kardiovaskular dengan pencegah pembentukan platelet
  7. Menurunkan tekanan darah melalui mekanisme anti-inflamasi

Disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah anggur secara berlebihan karena mengkonsumsi segala sesuatu dengan berlebihan dapat menyebabkan efek samping.  Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan,dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..