10 Manfaat Brokoli untuk Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker Payudara

Posted on

Manfaat Brokoli untuk Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker Payudara – Pertumbuhan Sel Kanker Payudara Bisa di Hambat dengan Brokoli. Senyawa yang terdapat dibrokoli tersebut ialah, sulforaphane, dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara pada tahap awal. Temuan ini merupakan hasil penelitian klinis guna melihat efek sulforaphane pada jaringan payudara wanita yang didiagnosis mengidap kanker payudara.

Saat melaksanakan uji coba, Emily Ho, profesor di OSU College of Public Health and Human Sciences, memberi suplemen yang mengandung sulforaphane pada 54 wanita dengan mammogram normal. Jumlah sulforaphane yang diberikan sama dengan takaran satu cangkir brokoli utuh untuk satu hari.

Kutipan dari Times of India, Selasa (16/2/2016),”Kami terkejut melihat penurunan penanda pertumbuhan sel kanker. Itu berarti senyawa ini dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker,”.

Penelitian sebelumnya juga mengungkapkan hasil yang sama. Wanita yang rutin mengonsumsi sayuran sejenis brokoli, kembang kol, kubis atau kol, mengalami penurunan risiko kanker payudara, meski terlahir dari seorang ibu pengidap kanker payudara.

Emily menambahkan, “Hasil ini tentu sangat menggembirakan. Pendekatan diet secara tradisional telah dianggap mampu mencegah terjadinya kanker. Brokoli dapat membantu memperlambat pertumbuhan tumor yang ada,”.

Namun demikian, para peneliti masih membutuhkan penelitian lanjutan untuk mencari tahu lagi apakah senyawa yang juga terdapat pada sayuran jenis lainnya akan memiliki hasil yang sama. Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research.

Nutrisi Dalam Brokoli

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang berkhasiat untuk mencegah kanker. Kandungan senyawa ini lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya.

University of California Santa Barbara Laboratories melakukan penelitian pada hewan yang menunjukkan konsumsi brokoli dan sayuran lain bisa menghambat pertumbuhan tumor payudara.

Selain itu brokoli memiliki banyak kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral. Setiap dari 156gram brokoli memenuhi kebutuhan berbagai jenis nutrisi seperti:

  • Vitamin – Memenuhi kecukupan vitamin C dan K secara keseluruhan (100%), kebutuhan folat sekitar 42%, vitamin B5, A, B2, B6, E dan kolin sekitar 13-19%, serta vitamin B1 dan B3 sekitar 5-8% dari kebutuhan harian.
  • Mineral – kebutuhan chromium sekitar 53%, fosfor dan mangan sekitar 15%, potassium dan tembaga sekitar 11 -13%, serta magnesium, zinc, zat besi, kalsium dan selenium sekitar 5-8% kebutuhan harian.
  • Makro-nutrien – memenuhi kebutuhan serat sekitar 21%, protein sebanyak 7% dan omega-3 sebanyak 8% dari kebutuhan harian.

Brokoli juga memiliki kandungan nutrisi lainnya dalam jumlah kandungan dan kebutuhan yang bervariasi seperti sulfur, beta-karoten, anti-oksidan, serta berbagai fito-nutrien.

Manfaat Lain dari Brokoli

Selain bermanfaat sebagai sayur untuk mencegah kanker payudara, brokoli memiliki banyak manfaat lain ynag baik untuk kesehatan, seperti:

1. Sumber anti kanker
Dengan mengkonsumsi 1-2gelas brokoli perhari dapat memperbaiki berbagai kerusakan tubuh yang disebabkan oleh kanker. Berbagai kandungan brokoli yang dapat ebrperan sebagai zat anti kanker adalah berbagai fito-nutrien, vitamin C, A, dan E serta mineral seperti potassium dan selenium. Kandungan nutrisi ini dapat berperan sebagai antioksidan dan membantu metabolisme oksigen dan mencegah inflamasi pada tingkat sel yang merupakan fase awal dari perkembangan kanker.

2. Detoksifikasi
Brokoli memiliki kandungan vitanin C yang tinggi,selain itu sulfur dalam brokoli membantu mengurangi racun dalam darah yan menyebabkan gatal-gatal, ruam, gout, artrisik dan rematik.

3. Meningkatkan kesehatan kulit
Brokoli mengandung vitamin C, Vitamin B kompleks dan Vitamin E yang membantu mengganti jaringan kulit jaringan kulit yang rusak, sedangkan vitamin A, vitamin K dan folat berfungsi sebagai penderah kulit. Brokoli juga memiliki berbagai fito-nutrien yang mampu untuk mencegah kerusakna kulit akibat paparan sinar matahari.

4. Menjaga kesehatan saluran pencernaan
Brokoli mengandung serat uang dapat membantu mencegah dan mengobati sembelit, selain itu magnesium dan berbagai kandungan vitamin dalam brokoli yang berfungsi untuk mengurangi keasaman lambung sehingga mampu meningkatkan fungsi penyerapan nutrisi dan mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.

5. Memelihara kesehatan mata
Kandungan Beta-karoten seperti vitamin A,B,C dan E serta fosfor pada brokoli berguna untuk mencegah kerusakan sel mata dan terjadinya katarak serta membantu memperbaiki kerusakan mata akibat radiasi.

6. Menjaga daya tahan tubuh
Kandungan vitamin C dan kandungan fito-nutrien pada brokoli berguna untuk membantu membangun imunitas tubuh dan mencegah berbagai infeksi.

7. Menjaga kesehatan tulang
Kandungan kalsium dan mineral pada brokoli lebih mudah diserap oleh tubuh yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak serta individu yang rentan terkena osteoporosis.

8. Menjaga kehamilan
Asam folat yang ada pada kandungan brokoli mampu mencegah kecacatan pada bayi baru lahir, sehingga brokoli baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nurtisinya.

9. Melancarkan peredaran darah
Kandungan mineral pada brokoli mampu membantu melancarkan aliran darah sehingga mampu utnuk mencegah tekanan darah tinggi, selain itu kandungan nutrisi dalam brokoli juga mampu membantu kerja insulin untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah. Vitamin B jug amampu membantu risiko aterosklerosis dengan mencegah produksi homosistein berlebih dalam darah.

10. Mencegah Anemia
Mengkonsumsi brokoli secara rutin juga mampu membantu memenuhi kecukupan zat besi dan omega-3 yang berguna untuk mencegah anemia. Selain itu, kandungan tembaga (copper) juga mampu membantu fungsi zat besi untuk memproduksi sel darah merah.

Terimakasih Semoga bermanfaat.