17 Manfaat Biji Kelor untuk Kesehatan yang Mencengangkan Penting Diketahui

Posted on

Manfaat Biji Kelor untuk Kesehatan – Tanaman kelor adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Hingga ilmuan barat menyebut tanaman kelor sebagai “The Miracle Tree”. Tidak hanya bagian daunnya, biji kelor juga memiliki kadnungan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Selain daunnya yang memiliki banyak kandungan manfaat seperti kalsium, zat besi, vitamin, dan asam amino esensial, pada bagian biji kelor juga memiliki kandungan vitamin A, C dan E, antioksidan, dan agen antiperadangan, serta mineral seperti kalsium, protein dan kalium, yang merupakan makronutriesn yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa manfaat biji kelor untuk kesehatan, antara lain:

Manfaat Biji Kelor

1. Melawan Radikal Bebas
Biji kelor memiliki sifat anti inflamasi yang mampu melawan serangan radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh dan menyebabkan mudahnya virus penyakit masuk dalam tubuh, yang memicu stress oksidatif, kerusakan sel molekul dan peradangan.

2. Mencegah Diabetes
Biji kelor juga dapat mencegah retinopati diabetes, karena dalam biji daun kelor mengandunga vitamin A yang dapat mendorong kesehatan mata, menguatkan kornea dan mencegah peradangan.  Kandungan vitamin C pada biji kelor juga membantu mencegah kerusakan pembuluh darah pada penderita diabetes tipe 1. Sehingga biji kelor juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mengobati diabetes.

3. Mengobati Peradangan
Manfaat selanjutnya dari biji kelor adalah untuk mengobati peradangan. Peradangan merupakan gejala kesehatan yang membuat bagian tubuh menjadi kaku dan terasa nyeri. Mengkonsumsi biji kelor dapat membantu menyembuhkan peradangan jika dikonsumsi secara rutin.

4. Mencegah Keracunan Arsenic
Keracunan arsenic adalah kondisi seseorang terpapar racun arsenik dalam kadar tinggi, yang biasanya terjadi pada individu di sekitar lingkungan industri sebagai salah satu bahan bakunya. Selain itu, keracunan arsenic juga disebabkan adanya kandungan logam yang tinggi pada air yang sering kita konsumsi setiap hari. Mengkonsumsi bij kelor dapat menjadi solusi untuk mendetoksifikasi tubuh dari keracunan arsenik dalam tubuh.

5. Mencegah Sel Kanker
Manfaat biji kelor selanjutnya adalah untuk mencegah penyakit kanker, hal ini karena pada biji kelor memiliki sifat anti kanekr alami yang mampu menjaga tubuh dari pertumbuhan sel kanker. Dengan mengkonsumsi biji kelor secara rutin anda dapat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.

6. Anti bakteri dan Anti jamur
Biji kelor efektif dalam memerangi infeksi jamur, infeksi urin dan masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

7. Melindungi sistem kardiovaskular
Biji kelor memiliki kandungan antioksidan dan instrumen yang melindungi kesehatan jantung. Selain itu juga dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih kuat dan fleksibel.

8. Menjaga Kesehatan Liver
Tingginya kandungan polifenol pada biji kelor bermanfaat untuk melindungi liver dari racun dan kerusakan oksidatif. Konsumsi ekstrak biji kelor sangat baik untuk membantu melindungi dan menjaga kesehatan liver.

9. Mengatasi Kelelahan dan Keletihan
Manfata biji kelor selanjutnya adalah untuk mengatasi lelah dan letih. Hal ini karena biji kelor memiliki kandungan nutrisi alami yang menyegarkan tubuh dan multivitamin yang berguna untuk meningkatkan energi dalam tubuh.

10. Mengatasi Masalah Nyeri
Biji kelor memiliki kandungan alami yang bermanfaat untuk mengatasi nyeri dalam tubuh, seperti nyeri persendian maupun peradangan. Konsumsi ekstrak biji kelor saat mengalami nyeri.

11. Mendukung Kesehatan Otak
Biji kelor mengandung senyawa penting seperti asam folat, asam amino, asam lemak omega 3 dan vitamin E yang bermanfaat baik untuk meninfkatkan kekuatan otak.

12. Menjaga daya tahan tubuh
Manfaat selanjutnya daun kelor untuk tubuh adalah untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat melawan penyakit. Hal ini karena biji kelor memiliki kandungan nutrisi yang mendukung kinerja imun dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

13. Menyehatkan sel tubuh
Sel tubuh menjadi bagian penyusun tubuh yang sangat penting. Mengkonsumi ekstrak biji kelor bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan virus penyebab penyakit.

14. Mengobati Pankreas
Pankreas berfungsi untuk menghasilkan enzim yang menghasilkan beberapa hormon atau fungsi endokrin, yang menjadi salah satu organ yang penting dalam tubuh. Jika terjadi masalah pada pankreas, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan ekstrak biji kelor.

15. Membersihkan darah dari racun
Darah yang mengalir dalam tubuh terkadang terdapat racun yang harus segera dihilangkan karena berbahaya bagi kesehatan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengkonsumsi ekstrak biji kelor secara rutin.

16. Menurunkan Hipertensi
Hipertensi adalah masalah yang terjadi akibat kenaikan tekanan darah yang disebabkan faktor makanan berlemak atau tinggi kolesterol. Darah tinggi dapat memicu timbulnya penyakit jantung, kolesterol hingga stroke. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah hipertensi adalah dengan mengkonsumsi ekstrak biji kelor secara rutin.

17. Menjaga kesehatan hati
Biji kelor memiliki manfaat untuk membanu meningkatkan kesehatan hati, hal ini karena biji kelor memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi hati dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu konsumsi secara teratur biji kelor mampu membantu memperbaiki kerusakan hati akibat penyakit hepatitis.

Itulah pembahasan singkat tentang Manfaat Biji Kelor untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..