33 Manfaat Bawang Putih Tunggal / Bawang Putih Lanang Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Manfaat Bawang Putih Tunggal  – Bawang putih tunggal adalah bawang yang dalam kulitnya tidak memiliki siung dan hanya terdiri dari satu siung bawang saja alias tunggal. Bawang lanang sering disebut sebagai bawang lanang atau bawang jantan. Sebagian orang mempercayai bahwa bawang tunggal memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dengan jenis bawang biasa. Karena itulah berikut ini kita akan bahas lebih jauh tentang manfat dari bawang tunggal yang harus anda anda ketahui.

Bawang putih (Allium Sativum) adalah salah satu jenis bumbu dapur yang wajib ada untuk memasak yang kaya akan kandungan serat serta vitamin C yang menjadi zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu bawang putih juga mengandung banyak nutrisi lain seperti karbohidrat, kalsium dan zat besi. Namun banyak orang tidak menggunakan bawang tunggal sebagai bumbu masakan, mereka lebih banyak menggunakan bawang putih biasa. Sedangkan bawang putih tunggal lebih sering dimanfaatkan sebagai ramuan herbal untuk kesehatan.

Manfaat Bawang Tunggal

Banyak ahli melakukan penelitian dan menemukan sejumlah khasiat serta manfaat yang didapatkan dari bawang putih tunggal, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan tubuh. Kandungan minyak atsiri pada bawang putih memiliki manfaat sebagai anti bakteri alami, sedangakan kandungan allin bermanfaat sebagai anti kolesterol. Bawang putih juga mengandung kalsium, saltivine, belerang, fosfor, protein, lemak, besi serta vitamin A,B1 dan C. Sehingga tidak heran jika banyak dari mereka yang memanfaatkan bawang putih lanang sebagai ramuan herbal alami untuk menjaga kesehatan tubuh. Bawang putih tunggal diyakini lebih ampuh dan lebih berkhasiat dibandingkan dengan bawang putih biasa karena cara penanaman bawang putih tunggal bebas dari pestisida. Berikut ini beberapa manfaat dari bawang putih tunggal, antara lain:

1. Menurunkan kolesterol
Banyak penelitian mengatakan jika bawang putih tunggal ampuh untuk membantu menurunkan kolesterol. Khasiat menurunkan kolesterol dengan bawang putih tergantung dari dosis atau takaran bawang putih yang dimakan. Jadi, semakin banyak bawang putih tunggal yang dikonsumsi maka kolesterol jahat akan turun lebih banyak. Ektrak dari bawang putih tunggal ampuh membantu menurunkan kadar kolesterol jahat tanpa mengganggy kadar kolesterol baik. Dosis makan bawang putih tunggal maksimalnya adalah 0,25 g/kg berat tubuh untuk setiap harinya. Jika berat badan Anda 60 kg, maka dosis maksimal yang boleh dikonsumsi setiap harinya adalah 0,25 g x 60 = 15 gram.Sebuah peneletian menyimpulkan bahwa mengkonsumsi bawang putih tunggal dalam dosis yang berlebihan akan membahayakan hati.

2. Mengurangi penyakit jantung
Rutin mengkonsumsi bawang putih tunggal dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, hal ini dikarenakan bawang putih ampuh untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

3. Mencegah Kanker
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi bawang putih tunggal akan terhindari dari penyakit kanker seperti kanker perut dan kanker usus besar. Hal ini disebabkan karena bawang putih mengandung organosulfisa yang mampu membantu kinerja hati untuk membantu membersihkan berbagai racun yang ada didalam tubuh, serta menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker yang ada didalam tubuh.

4. Mengontrol gejala diabetes
Untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh menggunakan bawang putih yaitu dengan parut hingga halus dan campurkan dengan segelas air panas lalu minum berserta ampasnya. Namun jika gula darah dirasa sudah cukup normal, sebaiknya kurangi dosis mengkonsumsi bawang putih.

5. Mengatasi Asam Urat
Asam urat disebabkan karena penumpukan zat purin dalam tubuh sehingga menyebabkan nyeri dan sakit pada persendian. Untuk mengurangi zat purin yang ada dalam tubuh anda dapat mengkonsumsi bawang putih lanang secara rutin.

6. Mengatasi Flu
Bawang putih tunggal memiliki kandungan vitamin C, sulfur dan mineral yang bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati flu dengan bawang putih tunggal, seperti :

  • Iris bawang putih tunggal lalu rendam dengan madu madu asli beberapa jam, lalu kunyah rendaman bawang putih tunggal 3 kali sehari
  • Iris bawang putih tunggal dan tambahkan segelas air, aduk hingga sari bawang putih keluar lalu minum ramuan ini setiap hari hingga flu sembuh
  • Buat jus dari bawang putih tungga, garam, daun kemangi dan tomat, blender hingga halus dan konsumsi setiap hari.
  • Panaskan wijen lalu campurkan wijen dan irisan bawang putih tunggal dalam satu botol air panas, dinginkan dan minum ramuan ketika flu melanda.

7. Mengatasi Maagh
Banyak orang meyakini bahwa penyakit maagh dapat disembuhkan dengan makan umbi-umbian seperti mengkonsumsi umbi ketela pohon. Namun tahukah kalian, bawang putih juga ampuh untuk membantu mengatasi masalah maagh, caranya dengan mengunyah mentah bawang putih lanang setiap hari untuk mencegah penyakit maagh kambuh. Kunyah bawang putih 3 kali sehari untuk membantu menyembuhkan penyakit maagh.

8. Mengatasi gatal pada kaki
Selain untuk mengatasi berbagai masalah penyakit dalam, bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gatal-gatal pada kaki. Caranya dengan rendamkan kaki pada ember berisi air hangat yang telah dicampurkan dengan irisan bawang putih, lakukan sesering mungkin untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab gatal-gatal.

9. Mengatasi Batuk
Manfaat selanjutnya dari bawang putih lanang adalah sebagai obat untuk mencairkan dahak saat batuk. Cara yang digunakan adalah dengan panggang beberapa buah bawang putih tunggal lalu tumbuk dan campurkan dengan madu asli lalu konsumsi sebelum tidur secara rutin untuk membantu menyembuhkan batuk.

10. Mengatasi Demam
Bawang putih juga ampuh untuk mengatasi demam, caranya dengan kupas bawang putih tunggal lalu rendam dalam madu asli dan simpan dalam botol lalu letakkan dalam kulkas. Jika demam melanda anda dapat langsung mengunyah 2 hingga 3 siung bawang putih.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Bawang putih juga ampuh untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk anda yang memiliki stamina tubuh kurang optimal dan rentan terkena penyakit seperti batuk, flu atau demam, cobalah untuk rutin mengkomsumsi bawang putih secara rutin agar sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat dan tubuh tetap sehat. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, konsumsi bawang putih dengan cara diiris lalu langsung telan tanpa dikunyah, atau dengan terlebih dahulu merendam bawang putih lanang dalam madu selama 1-2 minggu lalu kunyah bawang lanang satu kali sehari.

12. Membantu proses diet
Mengkonsumsi bawang putih juga ampuh untuk menjaga berat badan tetap normal dan jika di bantu dengan proses diet, maka proses penurunan berat badan dapat berhasil dengan cepat.

13. Mencegah gigitan nyamuk
Untuk mengatasi gigitan nyamuk, sebuah penelitian di India menemukan bahwa orang-orang yang menggosokkan ramuan bawang putih tunggal pada tubuhnya membuat nyamuk tidak mendekatinya. Untuk membuat ramuan tersebut anda harus mencampurkan bawang putih lanang, minyak jeli dan lilin lebah kemudian oleskan pada bagian tubuh secara merata dan nyamuk tidak akan berani mendekati.

14. Melancarkan pencernaan
Kandungan senyawa allicin pada bawang putih tunggal terbukti ampuh untuk membunuh jamur dan bakteri serta membantu mengurangi gangguan pada pencernaan seperti sembelit, disentri dan wasir. Cara untuk melancarkan pencernaan dengan bawang putih lanang adalah dengan memanaskan irisan bawang putih lanang dengan tambahan margarin lalu tambahkan ke dalam makanan.

15. Menjaga kesehatan ibu hamil
Pada ibu hamil, mengkonsumsi bawang putih tunggal sangat bermanfaat untuk memacu kinerja-kinerja enzim dalam tubuh yang kurang maksimal saat proses kehamilan. Hal ini sangat penting bagi ibu hamil yang memiliki masalah terhadap perkembangan janin didalam perut.

16. Meningkatkan daya ingat
Menurunnya daya ingat seseorang disebabkan karena rusaknya sel neuron pada otak sehingga daya ingat menjadi berkurang. Mengkonsumsi bawang putih tunggal dapat merangsang tumbuhnya sel neuron yang baru dan mencegah kerusakannya kembali.

17. Mengatasi wasir
Untuk mengatasi wasir, anda dapat menggunakan irisan bawang putih untuk mengobatinya. Caranya dengan bersihkan area yang terkena wasir lalu oleskan irisan bawang putih tunggal yang sudah dimemarkan, tunggu beberapa saat dan bersihkan.

18. Menurunkan darah tinggi
Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung dan stroke. Bawang putih tunggal memiliki sifat menenangkan sehingga terhindar dari stress dan depressi. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, anda dapat mengkonsumsi bawang putih tunggal, karena kandungan sulfur dan iodin yang bersifat desifektan pada bawang putih tunggal mampu membantu meningkatkan produksi endotelium sehingga membuat peredaran darah menjadi lancar.

19. Melancarkan peredaran darah
Bawang putih tunggal memiliki kandungan zat besi yang ampuh untuk menormalkan peredaran darah dan mencegah penyakit anemia. Zat besi juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit rematik, pegal linu dan kelelahan.

20. Meningkatkan hubungan yang berkualitas
Untuk menjaga hubungan yang berkualitas antara suami dan istri, anda dapat mengkonsumsi bawang putih untuk mendapatkan manfaatnya. Caranya dengan parut bawang putih tunggal dan masukkan kedalam satu gelas air panas dan tambahkan madu, diamkan beberapa saat hingga bau khas dari baawang putih menghilang, dan minum secara rutin 2 kali dalam seminggu.

21. Menghaluskan kulit
Bawang putih memiliki kandungan zat organosulfur yaitu allicin yang memiliki kemampuan untuk menjadikan kulit wajah menjadi lebih halus dan lembut. Untuk mendapatkan kulit halus dan lembut menggunakan bawang adalah dengan mencampurkan sedikit pasta bawang putih pada masker wajah yang biasa anda pakai dan nikmati hasil kulit yang lebih halus.

22. Mencegah penuaan
Bawang putih tunggal memiliki sifat anti aging yang bermanfaat penuaan dini. Gunakan beberapa tetes perasan bawang putih tunggal pada krim wajah yang biasa anda gunakan secara teratur seminggu sekali untuk membantu menghilangkan kerutan pada wajah.

23. Mencegah rambut rontok
Manfaat selanjutnya bawang putih tunggal yaitu untuk membantu mencegah kerontokan rambut. Caranya dengan haluskan beberapa bawang putih tunggal lalu balurkan secara merata pada kulit kepala, beri pijatan lembut dan diamkan selama 15 menit lalu keramas hingga bersih.

24. Mengatasi jerawat dan komedo
Untuk mengatasi masalah jerawat dan komedo, anda hanya perlu mengoleskan irisan bawang putih pada jerawat dan biarkan selama semalam dan pagi harinya jerawat akan kempis. Namun jangan terlalu berlebihan menggunakan masker bawang putih karena akan membuat kulit terasa panas.

25. Kalsium pada bawang putih bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi, dan mencegah osteoporosis.

26. Bawang putih bersifat anti bakteri, antibiotik, antiseptik sehingga baik untuk mencegah bakteri dan kuman.

27. Meregenerasi dan mempercepat pertumbuhan sel saraf

28. Bawang putih memiliki sifat anti inflamasi yang ampuh mengurangi pembengkakan

29. Bawang putih menetralkan racun dalam tubuh sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat

31. Khasiat dari bawang lanang campur madu bisa pula untuk Meringankan penyakit parkinson dan mencegah Alzheimer.

32. Bawang putih tunggal campur madu juga dapat untuk Membantu memperbaiki sel-sel dalam hati dan sistem pencernaan bersama detoksifikasi.

33. Bawang putih tunggal campur madu bisa untuk Membantu mengatasi masalah yang berkaitan dengan paru paru seperti asma dan sesak nafas.

Efek Samping Bawang Putih Tunggal

Dari banyaknya manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi bawang putih tunggal, pasti terdapat efek samping yang ditimbulkan. Meskipun cenderung tidak berbahaya, efek samping yang ditimbulkan akan membuat penderita tidak nyaman. Beberapa efek samping yang ada seperti :

  • Bau Badan
  • Bau Mulut
  • AntiKoagulan (pengenceran darah)
  • Alergi

Itulah penjelasan tentang Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.